Perumpak, Kerajaan / Nusa Tenggara Barat – Sumbawa

Kerajaan Perumpak terletak di pulau Sumbawa, di sebelah barat olat maras Dusun Batu Alang, Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu, kabupaten Sumbawa.

Pulau Sumbawa

Prov. Nusa Tenggara Barat


* Foto kerajaan-kerajaan Sumbawa: link
* Foto situs kuno di Sumbawa: link


Latar belakang masyarakat Sumbawa

Secara khusus masyarakat di Kabupaten ini tidak didominasi oleh satu suku, melainkan terdiri dari berbagai macam suku. Dalam perjalanan sejarah sangatlah sulit melacak penduduk aslinya, sebab penduduk di Sumbawa ini berasal dari berbagai daerah. Tana Samawa yang pada saat itu konon sangat terbuka dan memiliki berbagai kekayaan, mendorong adanya perpindahan penduduk dari berbagai daerah. Perkiraan adanya perpindahan penduduk ini berlangsung jauh sebelum zaman kerajaan Sriwijaya, dilakukan oleh para pedagang, nelayan, petani, kiyai, dan sebagainya yang berasal dari berbagai daerah, yaitu: semenanjung Melayu, Aceh, Minang, Banten, Banjar, Jawa, dan Sulawesi. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pelabuhan yang sampai saat ini ada di sepanjang pesisir Sumbawa. Sampai pada suatu saat ditemukan berbagai kerajaan yang pernah ada di Kabupaten ini, diantaranya Perumpak.


Tentang kerajaan Perumpak

Kerajaan Parumpak terkenal dengan kisah Baduk Kakiang, cerita yang mengisahkan dua orang yang konon katanya sakti dan kebal terhadap senjata apapun, kemudian Baduk dan Kakiang ingin menguji kekebalan serta kesaktian keduanya .manakah yang lebih sakti serta kebal. Perkelahianpun tak dapat dihindari dari keduanya, setelah berjam-jam saling membalas pukulan dan mengeluarkan kekuatan terbaik yang mereka miliki perkelahianpun tak kunjung berakhir dan tak ada salah satu dari keduanya yang menjadi pemenang. Lalu keduanya memberikan jedah dalam perkelahian mereka serta  bersepakat untuk melepaskan jimat yang diyakini menjadi sumber kekuatan dan kekebalan yang mereka miliki, setelah keduanya  melepaskan jimat, keduanya memulai perkelahian kembali dan tak lama keduanya jatuh dan tumbang tak bernyawa akibat parang yang ditusuknya pada tubuh satu sama lain. Penduduk desa menguburkan keduanya di bukit samping olat maras yang hingga saat ini masih bisa kita kunjungi.


Peta lokasi kerajaan-kerajaan di pulau Sumbawa

Peta kuno Sumbawa th.1800an


Sumber

– Tentang kerajaan Perumpak: http://sekitarmuadacerita.blogspot.nl/2016/08/cerita-rakyat-dari-desa-pernek.html
– Tentang kerajaan Perumpak: https://desapernek.wordpress.com/about/
– Kerajaan kecil di Sumbawa: http://pepenk26.blogspot.nl/2011/12/catatan-dari-sumbawa.html


 

 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: