Lidak, kerajaan / P. Timor – prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Lidak terletak di P. Timor, kabupaten Belu.

Lokasi kab. Belu

————————————-
Kerajaan-kerajaan di Timor barat, peta 1911

Kerajaan-kerajaan di Timor barat, 1911


Foto kerajaan-kerajaan di Timor

* Foto raja-raja yang sekarang di Timor: link
* Foto raja-raja yang dulu di Timor: link
* Foto istana kerajaan di Timor: link


KERAJAAN LIDAK

Sejarah kerajaan Lidak

Pada masa penjajahan Belanda, wilayah Kabupaten Belu merupakan gabungan dari 20 wilayah Swapraja/Kerajaan yang meliputi Belu dan sebagian Timor Tengah Utara yaitu Wewiku, Haitimuk, Alas, Wehali, Fatuaruin, Lakekun, Dirma, Mandeu, Insana, Biboki, Harneno, Naitimu, Lidak, Jenilu, Fialaran, Silawan, Maukatar, Lamaknen, Makir, dan Lamaksanulu.

Tahun 1862 pusat pemerintahannya berada di Atapupu dengan kepala pemerintahannya disebut Gezakheber. Pada tahun 1910 Swapraja Anas diserahkan kepada Swapraja Amanatun (Timor Tengah Selatan). Pada tanggal 25 Maret 1913, kerajaan Lidak digabung dengan kerajaan Jenilu yang dipimpin oleh Raja Don Josef Da Costa dengan nama Swapraja Jenilu.

Sejarah kerajaan Lidak pada masa pemerintahan Raja Alexander Rinu Mesak, 1878-1900

Kerajaan Lidak secara tidak langsung sejak dahulu berada dibawah pengaruh kerajaan Wesei Wehali. Beberapa raja yang memerintah di kerajaan Lidak berasal dari Wesei Wehali. Raja pertama pendiri kerajaan Lidak yakni Dasi Halek yang berasal dari kerajaan Wesei Wehali. Tokoh ini datang dari Wesei Wehali dan pada waktu sampai di Lidak telah ada penduduk asli dan penguasa atau tuan tanah yang dipegang oleh Neno Bot.
Nama Lidak diambil dari raja yang berasal dari kerajaan Wesei Wehali yang bernama Lidak Mauk. Lidak Mauk adalah raja ketiga yang pernah menjadi raja di kerajaan Lidak. Raja Alexander Rinu Mesak merupakan raja Faen atau raja yang dibeli dari kerajaan Oekusi. Ia keturunan Portugis karena ibunya orang Portugis yang bermarga Da Costa dan ayahnya juga orang Portugis yang bermarga De Ornay. Ia mempunyai empat orang anak, yaitu Ratu Dona Petronela Da Costa De Ornay, Don Yosep Da Costa, Don Basenti Da Costa, dan Don Kaitanus Da Costa. Dalam masa pemerintahannya terjadi banyak kemajuan baik itu dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Raja Alexander Rinu Mesak meletakkan jabatannya setelah memerintah selama 22 tahun. Pada masa pemerintahan Raja Alexander Rinu Mesak kehidupan masyarakat sangat baik yakni hidup rukun dan bergotong royong. Di kerajaan Lidak saat itu terdapat 5 desa induk (fukun lima), yaitu: Desa Tukuneno, Desa Naekasa, Desa Fatuketi, Desa Fatukbot, Dan Desa Manuaman.

Struktur sosial di kerajaan Lidak pada masa pemerintahan Raja Alexander Rinu Mesak dikelompokkan atas tiga stratifikasi, yaitu: Dasi, Renu, Klosan (Ata). Sebelum Raja Alexander Rinu Mesak memerintah di kerajaan Lidak, telah ada lima orang raja dan satu orang ratu. Lima orang raja tersebut yaitu Dasi Halek, Dasi Tili Nahak, Lidak Mauk, Seran Kakorek, Bano Asa sedangkan satu orang ratu yang bernama Leon Bete.

Jadi, Alexander Rinu Mesak merupakan raja ketujuh yang memerintah di kerajaan Lidak. Setelah ia wafat yang menggantikannya adalah anak sulungnya yaitu Ratu Dona Petronela Da Costa De Ornay. Ia merupakan putri dari Raja Alexander Rinu Mesak, keturunan dari Raja Oekusi dengan ibunya yang mempunyai nama sama.

Daftar raja kerajaan Lidak

Versi 1, Sumber: http://skripsi.undana.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2648&keywords=

Sebelum Raja Alexander Rinu Mesak memerintah di kerajaan Lidak, telah ada lima orang raja dan satu orang ratu. Lima orang raja tersebut yaitu:

Dasi Halek,
Dasi Tili Nahak,
Lidak Mauk,
Seran Kakorek,
Bano Asa,
Leon Bete, orang ratu,
1878-1900: Alexander Rinu Mesak,
Ratu Dona Petronela Da Costa De Ornay.

———————————

Versi 2, Sumber: https://en.wikipedia.org/

fl. 1769: Dom Gaspar Moniz,
fl. 1818: Rino Mauk,
fl. 1832: Nai Puwa,
1852-1858: N.N.,
1858-1878: Moruk Huseriu, adopted,
1878-1900: Alexander Rinu Mesak, adopsi dari Umaklaran,
1901-1913: Petronella da Costa, puteri.

1916: Kerajaan Lidak tergabung dalam Belu Tasi Feto.


SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI TIMOR

Untuk sejarah kerajaan-kerajaan di Timor, klik di sini

Kerajaan di Nusa Tenggara Timur (NTT), 1900 M


Sejarah kerajaan-kerajaan di pulau Timor

– Sejarah Timor: https://pulautimor.wordpress.com/sejarah-ntt/
– Sejarah Timor: https://id.wikipedia.org/wiki/
– Sejarah Timor: https://p2k.unkris.ac.id/
– Sejarah Timor Tengah: https://www.kompasiana.com/


Kerajaan-kerajaan Timor tahun 1900

Kerajaan-kerajaan di Timor barat, 1900 M

 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: