Malayu Tua (Malayu Jambi), kerajaan / Prov. Sumatera Barat

Kerajaan Malayu Tua (Malayu Jambi): abad ke-7. Terletak di provinsi Sumatera Barat.
Kerajaan ini diketahui dimulai pada abad ke-7 yang berpusat di Minanga, pada abad ke-13 yang berpusat di Dharmasraya dan diawal abad ke 15 berpusat di Suruaso atau Pagaruyung.

The kingdom of Malayu Tua (Malayu Jambi): Located on Sumatera, provinsi Sumatera Barat.
This kingdom is known to begin in the 7th century centered in Minanga, in the 13th century centered on Dharmasraya and beginning in the 15th century centered in Suruaso or Pagaruyung.
For english, click here

Provinsi Sumatera Barat (hijau)

Provinsi Sumatera Barat (hijau)


* Foto foto situs kuno, suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Pengenalan

Kerajaan Malayu adalah nama sebuah kerajaan yang pernah ada di Pulau Sumatra. Pada umumnya, kerajaan ini dibedakan atas dua periode, yaitu Kerajaan Malayu Tua pada abad ke-7 yang berpusat di Minanga Tamwan, dan Kerajaan Malayu Muda pada abad ke-13 yang berpusat di Dharmasraya.
Kerajaan Malayu Tua atau Malayu Kuno sering pula disebut dengan nama Kerajaan Malayu. Menurut tambo Minangkabau, Kerajaan Malayu didirikan oleh Sri Jayanaga yang turun dari gunung Marapi ke Minanga Tamwan sekitar tahun 603.
Sedangkan Kerajaan Malayu Muda sering pula disebut dengan nama Kerajaan Dharmasraya. Dharmasraya didirikan oleh Sri Tribuana Raja Mauliwarmadewa yang masih seketurunan dengan Sri Jayanaga.

Lokasi kerajaan Melayu Tua

Ada beberapa pendapat sejarawan mengenai lokasi Minanga. Poerbatjaraka dan Soekmono berpendapat bahwa Minanga terletak di hulu Sungai Kampar, tepatnya dipertemuan Sungai Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Poerbatjaraka juga mengatakan bahwa kata Minangatamwan merupakan nama lama dari Minangkabau. Dr. Buchari mengemukakan bahwa Minanga berada di hulu Batang Kuantan. Sedangkan Slamet Muljana menyatakan bahwa Minanga berada di hulu Sungai Batanghari.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Minanga#Lokasi


Sejarah / History kerajaan Malayu Tua

Berdasarkan letak ibu kotanya, Kerajaan Malayu Tua atau Malayu Kuno sering pula disebut dengan nama Kerajaan Malayu Jambi, pada abad ke-7 yang berpusat di Minanga Tamwan. Kerajaan Malayu Muda sering pula disebut dengan nama Kerajaan Dharmasraya, pada abad ke-13 yang berpusat di Dharmasraya.

Menurut tambo Minangkabau, Kerajaan Malayu didirikan oleh Sri Jayanaga yang turun dari gunung Marapi ke Minanga Tamwan sekitar tahun 603. Sedangkan Kerajaan Malayu Muda sering pula disebut dengan nama Kerajaan Dharmasraya. Dharmasraya didirikan oleh Sri Tribuana Raja Mauliwarmadewa yang masih seketurunan dengan Sri Jayanaga.

Dari bukti dan keterangan yang disimpulkan dari prasasti dan berita dari Cina, keberadaan kerajaan yang mengalami naik turun ini dapat di diketahui dimulai pada abad ke-7 yang berpusat di Minanga, pada abad ke-13 yang berpusat di Dharmasraya dan diawal abad ke 15 berpusat di Suruaso atau Pagaruyung.
Berita tentang kerajaan Melayu antara lain diketahui dari dua buah buku karya Pendeta I Tsing atau I Ching (義淨; pinyin Yì Jìng) (634-713).


Daftar Raja / List of kings

* 671: UIbukota: Minanga. Berita China, catatan perjalanan I-tsing (634-713). Dan Prasasti Kedukan Bukit tahun 682.
* 682-1156: Belum ada berita
* 1157-1182: Belum ada berita
* 1183: Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa. Ibukota: Dharmasraya. Prasasti Grahi tahun 1183 di selatan Thailand, perintah kepada bupati Grahi yang bernama Mahasenapati Galanai supaya membuat arca Buddha seberat 1 bhara 2 tula dengan nilai emas 10 tamlin.
* 1184-1285: Belum ada berita

Kerajaan Dharmasraya (Malayu Muda):

* 1286: Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa. Ibukota: Dharmasraya. Prasasti Padang Roco tahun 1286 di Siguntur (Kabupaten Dharmasraya sekarang), pengiriman Arca Amonghapasa sebagai hadiah Raja Singhasari kepada Raja Malayu.
* 1316: Akarendrawarman. Ibukota: Dharmasraya atau Suruaso. Prasasti Suruaso (Kab. Tanah Datar sekarang).
* 1347: Srimat Sri Udayadityawarman Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa. Ibukota: Suruaso atau Pagaruyung. Arca Amoghapasa, tahun 1347 di (Kab. Dharmasraya sekarang),
Pindah ke Suruaso, Prasasti Suruaso (Kabupaten Tanah Datar sekarang), Pengiriman utusan ke Cina sebanyak 6 kali dalam rentang waktu 1371 sampai 1377 pada masa Dinasti Ming.
* 1375: Ananggawarman. Ibukota: Pagaruyung Prasasti Batusangkar (Kab. Tanah Datar sekarang).

– Sumber / Source: Wiki


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber / Source

– Sejarah kerajaan Malayu: Wiki
Sejarah kerajaan Malayu:  http://kerinciinspirasi.blogspot.co.id/2015/06/sejarah-pusat-kerjaan-melayu-tua-jambi.html
Sejarah kerajaan Malayu:  https://adat-istiadat-indonesia.blogspot.co.id/2014/11/kerajaan-jambi-malayu-tua.html
– Sejarah kerajaan Malayu: http://melayuonline.com/ind/history/dig/288/kerajaan-melayu-jambi



 

 

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: