Koying, Kerajaan / Sumatera – Jambi

Kerajaan Koying terletak di Sumatera, wilayah prov. Jambi.
Diperkirakan, kerajaan Koying berdiri sekitar abad ke-3 M.

Provinsi Jambi (hijau)

Provinsi Jambi (hijau)


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Tentang kerajaan Koying

Diperkirakan, kerajaan Koying berdiri sekitar abad ke-3 M.
Informasi mengenai keberadaanya didasarkan pada catatan yang dibuat oleh K’ang-tai dan Wan-chen dari dinasti Wu (222-280 M). Keberadaan  tentang negeri ini juga dimuat dalam ensiklopedi T’ung-tien, yang ditulis oleh Tu-yu (375-812 M), kemudian disalin oleh Ma-tu-an-lin dalam ensiklopedi Wen-hsien-t’ung-k’ao.
Dalam catatan tersebut, di negeri Koying digambarkan banyak terdapat gunung berapi, dan kedudukkannya berada lima ribu li di timur Chu-po (Tupo). Chu-po merupakan kerajaan yang berdiri sezaman dengan Koying, pusat kerajaan diduga berada di tepi Teluk Wen, sekitar Muara Tebo sekarang.


Lokasi kerajaan Koying

Di mana sebenarnya posisi Koying ini ? Jika di atas digambarkan, Koying berjarak sekitar lima ribu li dari Chu-po (Tupo, Muara Tebo), maka diperkirakan posisi Koying berada di sekitar kawasan Bukit Barisan. Sementara pelabuhan yang mereka miliki, kemungkinan hasil dari mengambil alih (menaklukkan) pelabuhan Tupo di Muara Tebo.
Seiring perkembangan sejarah, terjadi proses sedimentasi yang menyebabkan dangkalnya sungai di Muara Tebo. Untuk itu, Koying kemudian memindahkan pelabuhannya  ke Muara Tungkal.

Sejarah lengkap: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Koying


Peta provinsi Jambi, Muara Tebo


Sumber

Sejarah kerajaan Koying: http://melayuonline.com/ind/history/dig/289/kerajaan-koying
– Sejarah kerajaan Koying: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Koying
– Sejarah kerajaan Koying: http://www.kompasiana.com/fadz/kerajaan-koying-antara-kerinci-dan-jalur-perdagangan-selat-sunda_55098147a33311653d2e39c6


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: