Pitu Bila-bila, konfederasi kerajaan2 Lebbotengngae / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Maros

Konfederasi Pitu Bila-bila adalah konfederasi kerajaan2 Lebbotengngae.
Kerajaan-kerajaan Lebbotengngae berada di wilayah Pegunungan Maros. Nama Lebbotengngae sendiri bermakna daerah dataran di tengah daerah ketinggian. Prov. Sulawesi Selatan, kabupaten Maros.
Posisi wilayah ini adalah pegunungan di bagian Barat Kerajaan Bone yang membentang ke Selatan berbatasan dengan Kerajaan Gowa.

Lokasi Lebbotengngae, kab. Maros


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link

* Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto suku Bugis: link
* Foto suku Toraja: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Sejarah Konfederasi yang disebut “Pitu Bila-bila”

– Sumber: https://palontaraq.id/2019/08/03/pitu-bila-bila-awal-sejarah-lebbotengngae/amp/?fbclid=IwAR0VV6CmzBcN8zXE68Sv0i4fpV-CN3iiWqlMyh9pxpqOkhuFsHkGzZqSWJU

Kerajaan-kerajaan Lebbotengngae adalah kerajaan-kerajaan yang berada di wilayah Pegunungan Maros. Nama Lebbotengngae sendiri bermakna daerah dataran di tengah daerah ketinggian. Posisi wilayah ini adalah pegunungan di bagian Barat Kerajaan Bone yang membentang ke Selatan berbatasan dengan Kerajaan Gowa.

Sebagaimana sejarah masa lalu kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan, Lebbotengngae pun mengawali sejarahnya dengan kedatangan Tomanurung, diceritakan dalam Lontaraq, konfederasi Kerajaan Lebbo TengngaE berasal dari Manurunge Ri Pasaka yang menikah dengan Manurunge ri Leppa tellang, Maddeppa-e ri Tellang pulaweng.

Generasi dari kedua Tomanurung inilah yang kemudian beranak Pinak yang masing masing mendirikan kerajaannya. Kerajaan kerajaan yang telah terbentuk pada masa itu antara lain, Mallawa, Camba, Cenrana, Reatoa, Mario, Ciborong, Uludaya, Pattiro, Campulili, Saolampe, dan lain-lain.

Dalam perkembangannya kemudian kerajaan yang terpisah pisah ini, melebur ke dalam satu pemerintahan. Hingga dari sekian banyak kerajaan kecil tersebut tersisa beberapa saja, antara lain Camba, Mallawa, Cenrana, Lanniti, Bongga, Laiya, dan Balocci.

Dari beberapa Kerajaan yang tersisa tersebut inilah kemudian tercipta adanya tujuh kelompok komunitas bangsawan di Lebbotengngae yang membentuk sebuah Konfederasi yang disebut “Pitu Bila-bila”, artinya tujuh kesatuan komunitas serumpun, yang terdiri dari To Cara’de di Mallawa, To Barani di Bongga, To Ruga di Cenrana, To Ruga di Lanniti, To Ruga di Labuaja, To Pa’da di Laiya, dan To Pada’da di Balocci.


Aliansi lain di Sulawesi Selatan

Selain Pitu Bila Bila, ada aliansi lain:

* Tellumpoccoe,
* Lima Ajatappareng,
* Pitu Massenrempulu,
* Pitu Limpu,
* Pitu Tellu Limpu,
* Pitu Ulunna Salo,
* Pitu Babana Binanga



 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: