Sukadana Baru (Nieuw Broesseol), kerajaan / Prov. Kalimantan Barat

Kerajaan Sukadana Baru (Nieuw Broesseol) terletak di Kalimantan, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Kerajaan Sukadana: 1500 – 1665, kemudian ada kerajaan Sukadana Baru (Nieuw Broesseol). Terletak di Kalimantan, Kab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Kabupaten Kayong Utara


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Kalimantan: link
* Foto raja2 di Kalimantan dulu: link
* Foto istana kerajaan di Kalimantan: link

* Foto suku Dayak: link
* Foto Kalimantan dulu: link
* Foto perang belanda di Kalimantan, abad ke-19: link


Sejarah kerajaan Sukadana Baru Nieuw Broesseol

Kerajaan Simpang didirikan pertama kali oleh Panembahan Ratu Agung pada tahun 1735 dan secara otomatis sebagai raja pertama yang memerintah Kerajaan Simpang adalah Panembahan Ratu Agung. Beliau memerintah sampai dengan tahun. Dalam pertumbuhannya kerajaan-kerajaan yang didirikan itu juga mengalami pergantian nama menjadi Matan atau Sukadana tergantung kedudukan raja yang sedang berkuasa saat itu.

Pada tahun 1828 Raja Matan yang bernama Sultan Muhammad Kamaluddin diusir oleh pemerintah Belanda karena dianggap melindungi para bajak laut. Sebagai gantinya maka pada tahun 1829 Belanda menetapkan Raja Akil dari Siak Indragiri bergelar Sultan Abdul Jalil Syah berkedudukan di Sukadana yang kemudian berubah nama menjadi Niuew Brusel.

Pada tanggal 24 April1837 pemerintah Belanda memutuskan untuk membuat kontark baru dengan Raja Akil. Dalam kontrak itu dinyatakan bahwa Nieuw Brusel terdiri atas Sukadana dan Simpang sedangkan Matan merupakan kerajaan yang berdiri sendiri.

Pada tanggal 21 Juni 1843 Raja Akil meningal dunia. Oleh karena itu Panembahan Matan dan Simpang menuntut hak-hak mereka, sehingga pada tanggal 1 September 1845 Nieuw Brusel dibubarkan. Kemudian Kerajaan Matan, Sukadana, Simpang berada di bawah perintah seorang gezaghebber Belanda dan kedudukan ketiga kerajaan itu terpisah dan membuat kontrak sendiri-sendiri dengan Belanda.

Kerajaan Simpang setelah Nieuw Brussel dihapus pada tanggal 1 September 1845, maka Simpang berdiri menjadi kerajaan sendiri.

– Sejarah lengkap Tengku Akil: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/kalimantan-4/sukadana-baru-nieuw-broesseol-kerajaan-prov-kalimantan-barat/sejarah-tengku-akil-dari-siak/


Sumber

– Sejarah kerajaan Sukadana Baru Nieuw Broesseol: https://www.kompasiana.com/a_baybar_roodee/5500e0ae813311ca60fa83f8/tengku-akil-dipertuansyah-raja-sukadana-baru-nieuw-broesseol
– Tentang Tengku Akil: http://saparuddin-sejarahkayong.blogspot.com/2012/05/kerajaan-tanjung-pura-ii-sukadana.html
– Sejarah kerajaan Sukadana Baru Nieuw Broesseol: http://puterateluk.blogspot.com/2014/06/kerajaan-tanjung-pura-ii-sukadana.html
– Sejarah kerajaan Sukadana Baru Nieuw Broesseol: https://www.suarapemredkalbar.com/index.php/berita/feature/2016/10/08/asal-usul-terbentuknya-kerajaan-sukadana


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: