Marga, kerajaan / Bali – kab. Tabanan

Kerajaan Marga terletak di Bali, kec. Marga, Kab. Tabanan.

Lokasi kec. Marga

Lokasi pulau Bali


* Foto foto Bali dulu, situs kuno dan puputan: link


Sejarah berdirinya Kerajaan Marga
.
Di dalam perjalanan yang panjang, Keturunan Ida Betara Sinuhun Sira Arya Sentong yang pada mulanya di awali dengan mendirikan Kerajaan Uma Kaang di Alas Pere (Purana Marga/Wratmara), setelah menempuh perjalanan dari Nusa Penida ke Pucak Asah (Babad Nusa). Dengan mendapatkan titah dari Ida Betara Dalem Nusa agar tidak membangun kerajaan dari Pucak Asah ke selatan agar tidak melewati Pura Puser Tasik.
Namun kerajaan yang berada di sebelah barat laut (kaja kauh) Pura Puser Tasik tersebut tidak bertahan lama karena diserang oleh semut yang begitu banyak, sehingga Kerajaannya di pindahkan ke utara Marga dengan nama Puri Perean. Raja Perean pada saat itu Anglurah Perean, Ki/I Gusti Ngurah Pacung Sakti memiliki dua orang Istri, yang pertama I Gusti Luh Pemacekan (Perami) berputra dengan nama I Gusti Ngurah Batan Duren (cikal Bakal Puri Carang Sari) sedangkan kedua Ni Luh Jepun (Penawing tak lain putri dari Ki Dukuh Titigantung) berputra dengan nama Ida Arya (cikal bakal Puri Marga).
Maka dengan demikian, Ida Arya menjadi Putra Mahkota Perean sekaligus Marga. Karena di tinggal oleh I Gusti Ngurah ke Carang sari, maka Beliau kembali ke Marga dengan mendirikan sebuah kerajaan sementara di Taman Lebah. kemudian Beliau mendirikan kerajaan yang lebih besar sebelah timur laut (kaja-kangin) Pura Puser Tasik dengan nama Puri Agung Marga/Wratmara.
Kerajaan Perean keberadaannya tidak dibawah kekuasaan Kerajaan Marga, mempunyai kedudukan dan derajat yang sama.
Hak dan kewajiban Kerajaan Perean sama dengan Kerajaan Marga.
Diperkenankan ke Perean membawa beberapa orang-orang terbaik, pintar dan tangguh milik kerajaan Marga.Seluruh syarat permintaannya terpenuhi, akhirnya I Gusti Agung N Gede pergi meninggalkan kerajaan Marga menuju Perean. Dinobatkan menjadi raja Perean, Ngabiseka Ratu pada tahun 1881.

Kerajaan di Bali, sekitar tahun 1900.


Peta kuno Bali

Klik di sini untuk peta kuno Bali 1618, 1683, 1700-an, 1750, 1800-an, 1856, abad ke-19.

 Bali abad ke-16 ?


Sumber

– Sejarah kerajaan Marga: https://kawitanpusakka.blogspot.co.id/p/sejarah-berdirinyakerajaan-marga_55.html
– Sejarah kerajaan Marga / Arya Sentong: http://sejarah-arya-di-bali.blogspot.co.id/2009/07/arya-sentong.html
– Sejarah Desa Marga: http://marga.tabanankab.go.id/profil-desa/desa-marga/

– Sejarah kerajaan Perean: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/bali/perean-puri-agung/


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: