Thie, kerajaan / P. Rote – prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Thie, ibukota O’ebafok. Pulau Rote. Kab. Rote Ndao, Prov. Nusa Tenggara Timur.

The kingdom of Thie, capital O’ebafok. Island of Rote. District of Rote Ndao. Prov. Nusa Tenggara Timur.
For english, click here

Lokasi pulau Rote

———————–
Kerajaan-kerajaan di pulau Rote: lokasi kerajaan Thie


Foto foto kerajaan Thie: link


Kerajaan-kerajaan di P. Rote

* Foto raja-raja yang masih ada di Rote: link
* Foto raja-raja dulu di pulau Rote: link
* Foto istana / rumah raja-raja di pulau Rote: link


Foto / Video suku Rote

* Foto suku Rote dulu: link
* Foto suku Rote sekarang: link
* Video tarian adat Rote: link
* Video menyambut tamu dalam budaya Rote: link


KERAJAAN THIE

Tentang raja sekarang (2021)

Manek Yersey E. Messakh, manek of Thie. Sumber: donald tick https://www.facebook.com/Manek-of-Rote-Ndao-832442366958194/

Manek Yersey E. Messakh, manek of Thie


Sejarah raja raja Thie setelah kemerdekaan Indonesia (1945)

Satu-satunya Manek Nusak Thie yang masih hidup, Jusuf N. Messakh, meninggal dunia hari ini dalam usia 99 tahun, pada tanggal 12 januari 2021.
Jusuf N. Messakh (Pandi Lani), menjadi manek dalam usia sangat muda (berusia sekitar 23 tahun saat itu). Ia menggantikan Manek ke-21, J.W. Messakh (Pa Helo), yang dikenai tahanan rumah oleh Belanda di Baa. Di Rote, sebagian besar raja tidak turun temurun tetapi dipilih. Walaupun kandidat terbatas dari klan raja tapi dipilih bukan diwariskan. Jadi seorang yang ayahnya raja tidak otomatis menjadi raja.

Jusuf N. Messakh, yang adalah kakek buyut penyanyi Marion Jola ini, menjadi raja dari tahun 1945-1948. Saat itu raja-raja masih berkuasa. Propinsi NTT saja baru terbentuk tahun 1958. Setelah RI menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, wilayah NTT masih dikuasai Belanda, bahkan kemudian tergabung dalam apa yang disebut Negara Indonesia Timur (NIT) yaitu di luar RI. Jadi jangan dikira setelah tahun 1945 sebagian besar Indonesia timur langsjng menjadi bagian RI. Timor dan pulau2nya baru resmi masuk RI pada 17 Agustus 1950.

Di tahun 1948, J.N. Messakh digantikan oleh caretaker Manek, David Constantyne Saudale di tahun 1948. Setelah dibebaskan, J.W. Messakh kembali menjadi raja dari tahun 1948-1953. Lalu digantikan oleh wakil Manek, Hermanus Haning dari tahun 1953-1956.

Setelah itu dipilihlah raja berikutnya dalam pemilihan di Tudameda, yaitu Jakobus Arnoldus Messakh (Kobi Pa) yang memerintah dari tahun 1959-1962. J.A. Messakh adalah anak dari J.W. Messakh.

Pada tahun 1962 adalah masa transisi dan baru mulai dibentuk kecamatan di Rote. Pulau Rote dibagi menjadi 3 kecamatan: Rote Timur, Rote Tengah dan Rote Barat. Di Rote Timur diangkatlah Camat C. Bokotey, di Rote Tengah, Ernst Amalo raja Termanu diangkat menjadi camat dan di Rote Barat raja Thie J.A . Messakh diangkat menjadi Camat pertama.

Namun sebagian besar urusan hukum adat terutama yang bersifat perdata belum bisa ditangani sepenuhnya oleh kejaksaan dan kehakiman. Kuasa raja masih dibutuhkan. Banyak raja di Rote masih berkuasa sampai tahun 70an. Di Thie, untuk menggantikan J.A. Messakh,  dipilihlah Thobias Arnoldus Messakh (Ndu Melle) menjadi Manek dari tahun 1962 hingga Nusak-nusak hilang kekuasaannya di tahun 1972.

Jumlah raja Thie jika dihitung dari yang dapat diidentifikasi pertama yaitu Tola Lunggi sampai dengan raja terakhir Thobias Arnoldus Messakh (1962-1972) adalah 27 orang. Jumlahnya tentu lebih banyak lagi jika bisa diidentifikasi raja-raja sebelum orang Thie menetap di Inggurak (sekarang kampung Lekik). Di Inggurak inilah pertama kali terbentuk struktur pemerintahan nusak yg teratur. Dari Inggurak orang Thie berpindah ke Kokolo. Di Kokolo lahirlah Foe Mbura, sang raja yang disebut prof James Fox sbg “cultural inovator of the highest degree”. Dari Kokolo orang Thie berpindah ke Fiulain dan terakhir mereka menetap di Danoheo.
– Sumber: Matheos Viktor Messakh, Facebook

Manek Nusak Thie, Jusuf N. Messakh, meninggal 12 jan. 2021


Sejarah kerajaan Thie

Foto foto kerajaan Thie: link

Kerajaan Thie adalah satu dari 19 kerajaan di kepulauan Rote, barat daya Timor. Dari 1730 sampai 1756, Manek dari Thie pergi bersama Maneks dari OEpao, Loleh, Baa dan Lelain ke Jawa untuk mempelajari lebih lanjut agama kristen.
Rote adalah sebuah pulau yang dahulu dikenal dengan sebutan “Lolo Neo Do Tenu Hatu” sebagian lagi menyebutnya dengan nama “Nes Do Male” atau “Lino Do Nes” yang berarti pulau yang sunyi dan tidak berpenghuni. Nama atau sebutan Rote berawal dari kedatangan pedagang-pedagang Portugis dan kegiatan misionaris di Indonesia sejak tahun 1512 hingga 1605.
Dari 1730 sampai 1756, Manek dari Thie pergi bersama Maneks dari OEpao, Loleh, Baa dan Lelain ke Jawa untuk mempelajari lebih lanjut agama kristen.

Sumber: link


Istana kerajaan Thie

Rumah Adat keluarga raja Thie, Messakh family. Salah satu Rumah Raja yang berusia 80 tahun yang masih dijaga keasliannya hingga sekarang dan terletak di dusun Tuasu’uk, Desa Oebafok, Kec. Rote Barat Daya, ± 14 km dari kota Ba’a. Dapat ditempuh dalam waktu + 20 menit dengan kendaraan. Rumah ini merupakan rumah raja ke-7 setelah rumah batu.

Pembangunan rumah raja ini dilakukan oleh Raja Thie A. W. Messakh pada tahun 1930 dengan tujuan menghentikan perang saudara antara kerajaan Thie dengan kerajaan Dengka. Bangunan ini dibangun diantara perbatasan kedua kerajaan karena sering terjadi peperangan. Dan cara lain untuk menyatukan kedua kerajaan ini yaitu dengan kawin mawin. Raja Dengka mengawinkan puterinya dengan putera Raja Thie dan puteri Raja Thie dikawinkan dengan putera Raja Dengka. Sehingga peperangan yang terjadi berangsur berkurang bahkan sudah tidak pernah terjadi lagi peperangan atau pencurian antara kedua kerajaan ini.

Rumah adat ini awalnya tidak mempunyai daun pintu dan jendela, tahun 1999 direnovasi oleh pemiliknya bangunan tersebut terbuat dari bahan kayu gula dan batang lontar dan terdiri dari tiga lantai. Lanta 1 yaitu lantai dasar sebagai tempat penyimpanan kembang gula dan padi, lantai 2 sebagai tempat tidur dan pertemuan raja, lantai 3 sebagai tempat penyimpanan hasil bumi seperti rempah-rempah.

Rumah ini juga ada dua tangga namun waktu direnovasi kembali, tangga besar hanya dibuat jadi satu tangga, yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai 2. Luas bangunan adalah 70 x 60 meter.


DAFTAR DAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI P. ROTE

Untuk daftar, sejarah dan sistem pemerintahan kerajaan-kerajaan di P. Rote, klik di sini.

Pulau Rote, 1500 M

Rote, 1500 M


Foto foto

Former Pembantu Bupati-cq island governor of Rote Ndao and also previous raja-manek of Thie. Great and unqie historian about the 19 principalties of the Rote Ndao islands. Sumber: Donald Tick: Kerajaan2 di Rote

————————————

Kanan: Manek David Jacobis Messakh of Thie. 1920
Sumber: Donald Tick: Kerajaan2 di Rote

————————————

Benjamin Messakh (2008), putra raja terakhir di Thie, menjadi wakil bupati di Kabupaten Kupang dari tahun 1998. Yang terakhir, karena nantinya Rote / Ndao menjadi kabupaten terpisah. Ia dikenal sebagai seorang sejarawan besar dan bukunya tentang kerajaan Rote / Ndao akan dipublikasikan pada tahun 2008.
Sumber: Donald Tick: Kerajaan2 di Rote

————————————–

Raja raja Rote

1234 1234


Sumber kerajaan kerajaan di P. Rote

– Kerajaan-kerajaan di pulau Rote: Donald Tick: Kerajaan2 di Rote
– Sejarah timbulnya kerajaan di Rote:  http://sajjacob.blogspot.co.id/
– 19 kerajaan di Rote:  http://leksilion-rote.blogspot.co.id/
– Sistem pemerintahan pulau Rote: https://repository.uksw.edu
Sejarah kepulauan Rote di Wiki: link
Asal usul Rote: http://yeridami.blogspot.co.id/p/asal-usul-rote.html
– Tentang suku Rote: http://suku-dunia.blogspot.co.id/

 

2 Comments

2 thoughts on “Thie, kerajaan / P. Rote – prov. Nusa Tenggara Timur

  1. Manek Nusak Ti ke Batavia atau dalam sebuatan suku Ti Matabe tidak bersama raja Oepao….tulisan ini sangat keliru….

    • Sultans in Indonesia

      Terima kasih atas mail anda. Kalau ada info betul, mohon kirim, supaya bisa dipublikasikan.
      Dengan hormat; Paul, penerbit website

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: