Sigindo Alam Kerinci, kerajaan / Sumatera – prov. Jambi, kab. Kerinci

Kerajaan Sigindo Alam Kerinci terletak di wilayah Kerinci, prov. Jambi, Sumatera. Berdiri abad ke-6 dan abad ke-7.

Kab. Kerinci

Provinsi Jambi


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sejarah kerajaan Sigindo Alam Kerinci

Diperkirakan lebih kurang lebih abad ke 6 M di wilayah alam Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, berdiri dan terbentuknya suatu negeri-negeri, yang terpisah dan mempunyai pemerintahan tersendiri.
Komunitas sebuah masyarakat tentulah mencari pemimpin dari orang-orang yang mempunyai pengaruh besar dan disegani dalam kelompoknya. Mereka juga merupakan pemimpin yang memiliki kesaktian yang diharapkan bisa melindungi negeri dari berbagai gangguan dan marabahaya yang ditimbulkan oleh alam, binatang, manusia, serta dari gangguan makhluk astral.
Dengan pertumbuhan negeri-negeri di alam Kerinci sekitar kurang lebih abad ke 6 masehi, para pemimpin negeri pada masa itu dikenal dengan “Sigindo” atau kepala kaum (kelompok) dari komunitas keturunan kelompok masyarakat yang berdomisili disuatu daerah dan merangkap sebagai kepala pemerintahan suatu wilayah atau negeri.
Negeri “Sigindo” memiliki beberapa buah dusun,dan dimana kekerabatan kelompok masyarakat seketurunan. Kekerabatan ini terdapat pula kelompok kecil, kumpulan dari kelompok-kelompok kekeluargaan. Bahwa masyarakat paling kecil adalah keluarga yang ditunjuk dan dipilih menurut ketentuan adat yang dipilih dari ketentuan adat yang berlaku. Perkembangan selanjutnya dari unit keluarga terkecil dengan ranji kepala keluarga, kekerabatan keluarga,dalam istilah perut pemimpin dari tengganai.

Prakarsa ke arah terbentuknya persatuan ini telah melahirkan Negara Sigindo Alam Kerinci yang bernaung dalam satu payung pemerintahan yang terkoordinasi pada tahun 644 M. Pusat pemerintahan kolektif ini berkedudukan di Jerangkang Tinggi dengan Sigindo rumpun kerabat tertua yaitu Sigindo Batinting dari Jerangkang Tinggi di sungai Musi. Negara Sigindo menjalin persahabatan dengan kerajaan tetangga yaitu kerajaan Malayu.

– Sejarah lengkap kerajaan Sigindo Alam Kerinci: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sumatera/sigindo-alam-kerinci-kerajaan-sumatera-prov-jambi/sejarah-kerajaan-sigindo-alam-kerinci/


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan Sigindo Alam Kerinci: https://oediku.wordpress.com/2012/05/01/kerajaan-sigindo-alam-kerinci-satu-satunya-wilayah-di-sumatera-yang-tidak-dikuasai-sriwijaya/
– Sejarah kerajaan Sigindo Alam Kerinci: https://www.agusdiar.com/2018/07/kerajaan-sigindok-alam-kerinci-dan-asal.html


Gunung Kerinci


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: