Buki, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Selayar

Kerajaan Buki terletak di prov. Sulawesi Selatan, kec. Buki, kab. Selayar.
Zaman keemasan kerajaan ini di abad ke-15 dan abad ke-16.

Lokasi kab. Selayar


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link

* Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto suku Bugis: link
* Foto suku Toraja: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Tentang kerajaan Buki

Pusat Kerajaan Buki dikenal sebagai wilayah dinasti yang kuat dan mencapai zaman keemasan mereka di abad ke-15 – abad ke-16 berdasarkan populasi keramik asing yang ditemukan. Pada abad-abad berikutnya, Buki masih menjadi kerajaan yang kuat ketika pengaruh Islam menyebar lebih luas di abad ke-18.
Pada puncak kejayaan pengaruh Islam, ada kontrol terhadap area situs Silolo yang terletak di sisi timur Kerajaan Buki. Tapi situs Buki masih menjadi pusat elit kerajaan. Buki, Selayar cukup menarik untuk sebuah penelitian untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Ada beberapa temuan seperti, maros poin (mata panah bergerig) yang ditemukan di daerah Batang Mata Sappo, tengkorak manusia dari gua Batu Tumpa di Bonto Sikuyu, dan banyak temuan lainnya.
Temuan semacam ini umumnya ditemukan di Sulawesi Selatan tetapi Selayar menempatkan posisi penting berdasarkan kuantitas dan kualitas temuannya.
– Sumber: http://walennae.kemdikbud.go.id/index.php/walennae/article/view/214


Penemuan 4 makam kerajaan Buki dan menanti kepedulian pemerintah

Tim Komunitas Pesona Indonesia (Kamponesia) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan kembali bergerak melakukan penelusuran lokasi situs cagar budaya dan makam tua yang dipusatkan di Kampung Bontonumpa, Desa Buki, Kecamatan Buki.

Dalam kegiatan penelusuran ini, tim Komunitas Pesona Indonesia (Kamponesia) berhasil menemui empat situs makam tua yang terdiri dari dua makam balita dan dua makam orang dewasa. Lokasi situs makam tua ditemui disalah satu kawasan pemukiman padat penduduk di Kampung Bontonumpa, tidak jauh dari tanjakan yang menghubungkan jalan poros perkampungan dengan kawasan pemukiman penduduk di sekitar lokasi makam.

Selain lokasi situs makam tua, tim Komunitas Pesona Indonesia (Kamponesia) juga sempat mengabadikan lima unit bangunan rumah beraksitektur tempo dulu yang oleh sebagian warga masyarakat setempat disebut-sebut sebagai rumah bekas kediaman para “opu” atau sesepuh penguasa pemerintahan di era kejayaan Kerajaan Buki Tua.
– Sumber: http://beritahati.com/berita/37223/Ekspedisi-Kamponesia-Penemuan-4-makam-kerajaan-Buki-Tua-dan-menanti-kepedulian-pemerintah

Afbeeldingsresultaat voor kerajaan buki tua


Sumber

http://beritahati.com/berita/37223/Ekspedisi-Kamponesia-Penemuan-4-makam-kerajaan-Buki-Tua-dan-menanti-kepedulian-pemerintah
http://walennae.kemdikbud.go.id/index.php/walennae/article/view/214


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: