Kinali, kerajaan / Prov. Sumatera Barat – kab. Pasaman Barat

Kerajaan Kinali terletak di Sumatera, Prov. Sumatera Barat, kab. Pasaman Barat. Kerajaan ini bawah panji Kerajaan Pagaruyung. Kapan terbentuknya Klein Pasaman (Kinali) tidak diketahui secara jelas. Yang jelas bahwa pada tahun 1762 VOC Belanda ingin bekerja sama dengan kerajaan Kinali.

Kab. Pasaman Barat, prov. Sumatera Barat


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


Video sejarah kerajaan / kesultanan di Sumatera

* Video sejarah kerajaan di Sumatera, 75.000 SM – sekarang: link
* Video sejarah kerajaan di Sumatera Utara, 0 M – sekarang: link
*
Video sejarah kerajaan di Sumatera Barat, 0 M – sekarang, link


Tentang raja sekarang (2017)

12 juli 2017
Penobatan Raja Kinali: Yang Dipertuan Kinali Mustika Yana.
– Sumber: http://sumbar.antaranews.com/berita/207794/pengukuhan-yang-dipertuan-kinali-pasaman-barat-berjalan-meriah.html


Sejarah kerajaan Kinali, abad ke-18

Sejarah di bawah di ambil dari: http://poestahadepok.blogspot.com/2020/04/sejarah-air-bangis-20-sejarah-parit.html

Kinali adalah Pasaman Kecil (Klein Pasaman) dan kerajaan Pasaman adalah kerajaan Pasaman Besar (Groote Pasaman). Kapan terbentuknya Klein Pasaman (Kinali) tidak diketahui secara jelas. Yang jelas bahwa pada tahun 1762 VOC Belanda ingin bekerja sama dengan kerajaan Kinali (Klein Pasaman). Upaya ini dimaksudkan VOC untuk mencegah orang-orang dari pedalaman di Rao dan pegunungan Ophir meneruskan barang dagangannya seperti emas ke pihak Inggris. Boleh jadi dari sinilah pangkal perkara mengapa hubungan politik antara kerajaan Kinali dan kerajaan Tikoe agak renggang. Wilayah Pasaman (kerajaan Klein Pasaman) dengan wilayah kerajaan Tikoe dipisahkan oleh batas geografis sungai Masang. Garis perbatasan di sekitar muara sungai Masang pada era Pemerintah Hindia Belanda menjadi sengketa.

Pada tahun 1850an hubungan politik antara kerajaan Kinali dengan kerajaan Kinali (Klein Pasaman) berlu, tersambung secara damai. Muncullah apa yang disebut perang antara dua kerajaan bertetangga: Kinali vs Tikoe. Perang ini muncul bukan karena perbedaan pandangan politik terhadap VOC-Belanda. Perang disebabkan oleh soal perbatasan. Kerajaan Tikoe menganggap batas wilayahnya semua daratan di selatan sungai Masang adalah wilayahnya. Namun kerajaan Kinali sudah sejak lampau kota Kalliagan sebagai pelabuhannya (tujuan produksi Kinali mengalir ke pantai). Pada era VOC-Belanda ketika kerajaan yang lain sudah membuat kontrak dengan VOC, kerajaan Kinali menolak. Akibat pandangan politik yang berbeda ini, pemerintah VOC (yang berpusat di Priaman) mengirim militer VOC dan pasukan Bugis menduduki wilayah Kinali sepanjang pantai (dengan pos pertahanan di Kalliagan). Boleh jadi pendudukan ini dianggap kerajaan Tikoe bahwa semua daratan di muara sungai Masang sudah menjadi wilayah teritori kerajaan Tikoe.

Dalam perang tahun 1850an kerajaan Pasaman dan kerajaan Kinali (Klein Pasaman) bersatu melawan kerajaan Tikoe. Klaim kerajaan Tikoe terhadap daratan di selatan muara sungai Masang tidak terwujud. Pemerintah Hindia Belanda yang jelas-jelas berada di tengah antara dua kerajaan (lebih) menyetujui batas teritori dari sudut pandang kerajaan Kinali. Itulah mengapa pada era Pemerintah Hindia Belanda, batas antara Kinali dan Tikoe tidak sepenuhnya hanya semata-mata dibatasi oleh sungai Masang.

———————-

Raja-raja di bawah panji Kerajaan Pagaruyung telah menyebar ke berbagai daerah di wilayah rantau. Setidaknya terdapat 56 kerajaan kecil yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Barat, seperti kerajaan Padang Nunang dan kerajaan Sontang di Kabupaten Pasaman, kerajaan Kinali, kerajaan Parik Batu dan kerajaan Talu di Kabupaten Pasaman Barat, kerajaan Lunang dan kerajaan Indrapura di Kabupaten Pesisir Selatan, kerajaan Koto Anau di Kabupaten Solok, kerajaan Sungai Pagu di Kabupaten Solok Selatan, kerajaan Jambu Lipo di Kabupaten Sijunjung, dan lain-lain.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Mustika Yana dilewakan sebagai Yang Dipertuan Kinali (12 juli 2017): http://www.sumbarsatu.com/berita/16111-mustika-yana-dilewakan-sebagai-yang-dipertuan-kinali
– Pengukuhan Yang Dipertuan Kinali: http://sumbar.antaranews.com/berita/207794/pengukuhan-yang-dipertuan-kinali-pasaman-barat-berjalan-meriah.html


Foto

Raja Kinali: Yang Dipertuan Kinali Mustika Yana. Pengukuhan 12 juli 2017.

————————————-
Raja Kinali: Yang Dipertuan Kinali Mustika Yana. Pengukuhan 12 juli 2017.


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: