Suku Batak Toba – prov. Sumatera Utara

Suku Batak Toba merupakan sub atau bagian dari suku bangsa Batak. Suku Batak Toba meliputi Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga dan sekitarnya.

Kabupaten-kabupaten di Sumatera Utara yang diwarnai, memiliki mayoritas penduduk Batak, termasuk suku Batak Toba


Tentang Suku Batak Toba

Referensi : Bangun 1983, Depdikbud 1978, Loeb 1972

Daerah tersebut sekarang termasuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Utara. Jumlah populasinya sekarang sekitar 700.000 jiwa. Sebagian dari mereka banyak yang merantau ke berbagai daerah lain di Indonesia.

Agama dan kepercayaan Orang Toba

Orang Toba kebanyakan memeluk agama Prostestan, sedikit Katolik dan Islam. Pada zaman dulu mereka mengembangkan kepercayaan animisme yang berorientasi kepada pemujaan pelbegu (roh dari jiwa orang mati).

Serta kepercayaan politeisme yang meyakini adanya sejumlah dewa yang menguasai alam semesta. Di antaranya ada tiga tokoh dewa terpenting.
Pertama, Tuan Bumi Na Bolon, sebagai dewa yang menguasai dunia lapisan teratas. Kedua, Ompu Silaon Na Bolon, sebagai dewa yang menguasai dunia lapisan tengah, yaitu bumi. Ketiga, Tuan Pane Na Bolon yang menguasai dunia lapisan bawah.

Di antaranya ada pula satu tokoh dewa tertinggi yang disebut Ompu Tuan Mula Jadi Na Bolon yang dianggap sebagai tokoh yang menurunkan manusia.


Sumber

– Suku Batak Toba: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak_Toba
– Suku Batak Toba: http://suku-dunia.blogspot.com/2015/02/sejarah-suku-toba.html
– Daftar marga di Suku Batak Toba: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_marga_suku_Batak_di_Toba
– Suku Batak Toba: https://dungaashola.wordpress.com/suku/suku-batak-toba/