Anak Sungai, kerajaan / Prov. Bengkulu, Sumatera

Kerajaan Anak Sungai terletak di bagian utara wilayah Bengkulu, prov. Bengkulu,  sekarang wilayahnya terdiri dari lembah-lembah Sungai Menjunto di utara sampai Air Urai di Selatan.

Provinsi Bengkulu


* Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera: link
*
Foto situs kuno di Sumatera: link


Sejarah kerajaan di Bengkulu

Di wilayah Bengkulu sekarang pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Di bawah Kesultanan Banten, mereka menjadi vazal.
Sebagian wilayah Bengkulu, juga pernah berada dibawah kekuasaan Kerajaan Inderapura semenjak abad ke-17.

 

.

Tentang kerajaan Anak Sungai

Secara tradisional Kerajaan Anak Sungai dianggap sebagai rantau dari Kerajaan Minangkabau, dan pada permulaan abad XVII merupakan provinsi dari Kerajaan Indrapura di bawah Sultan Muzaffar Syah (1620-1660). Rakyatnya terdiri dari penduduk asli dusun yang terkenal dengan sebutan Suku Anak Sungai, anak pesisir yang menetap disitu membuka ladang padi sambil berkebun lada, yaitu sejumlah kecil orang Palembang dan Jambi. Adapun mayoritasnya adalah orang-orang Padang Darat yang banyak berdiam di pasar sebagai pedagang.

Pada tahun 1663 Kerajaan Indrapura membuat perjanjian dagang dengan VOC. Pada pertengahan abad XVII, Kerajaan Anak Sungai masih di bawah Kerajaan Indrapura, yang wakilnya berkedudukan di Manjuto dengan menyandang gelar Raja Adil, yaitu Tuanku Sungut, kemenakan laki-laki Sultan Muhammad Syah.

Selama abad XVII timbul hasrat pada rakyat Kerajaan Anak Sungai untuk memisahkan diri dari kekuasan Sultan Indrapura. Keinginan ini disokong Raja Adil. Maka timbullah kerusuhan politik di wilayah Anak Sungai yaitu gerakan memisahkan diri dari kekuasaan Indrapura yang dipimpin kerabat Sultan Muhammad Syah yang mewakilinya di wilayah Anak Sungai. Yaitu Tuanku Sungut dan Tuanku Di Bawa Pauk (Raja Kecil Besar).

– Sumber dan sejarah lengkap: http://blogkasihpunya.blogspot.nl/2017/01/kerajaan-anak-sungai-bengkulu.html


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan Anak Sungai: http://blogkasihpunya.blogspot.nl/2017/01/kerajaan-anak-sungai-bengkulu.html
– Sejarah Bengkulu: http://juragansejarah.blogspot.nl/2011/12/sejarah-kota-bengkulu.html


 

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: