Kampa, kerajaan / Sumatera – Prov. Riau, kab. Pelalawan

Kerajaan Kampa terletak di Sumatera, prov. Riau, kab. Pelalawan. Berdiri abad ke-15.

The kingdom of Kampa is located on Sumatera, prov. Riau, District Pelalawan. 15th Century.
For english, click here

Kab. Pelalawan, Sumatera, prov. Riau


* Foto foto penobatan Sultan Kampa ke-14: di bawah


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


Video sejarah kerajaan / kesultanan di Sumatera

* Video sejarah kerajaan di Sumatera, 75.000 SM – sekarang: link
* Video sejarah kerajaan di Sumatera Utara, 0 M – sekarang: link
*
Video sejarah kerajaan di Sumatera Barat, 0 M – sekarang, link


KERAJAAN KAMPA

Tentang raja (2018)

26 maret 2018
Bupati Kampar Azis Zaenal dinobatkan sebagai Sultan Kampa ke-14 Khalifatullah Akhirul Zaman di Balai Adat Kampar pada Senin.
Sudah sekitar 90 tahun, kenegerian Kampa tidak punya raja. Terakhir tahun 1928. Sultan ke-13 bernama Buyung Adliansyah.


Sejarah kerajaan Kampa, abad ke-15

Kerajaan ini sendiri didirikan oleh Sultan Mahmud Syah, Raja Kenegerian Kampa yang pertama.
Sultan Mahmud Syah sendiri, kata Afrizal, berasal dari Kerajaan Malaka. Di Malaka, Mahmud Syah dikejar oleh Tentara Portugis. Mahmud Syah sempat lari ke Pulau Penyengat di Lingga, Kerajaan Riau. Dari Pulau Penyengat, Sultan Mahmud hijrah ke Kampa.
Di sinilah peradaban Kenegerian Kampa berawal pada sekitar abad ke-15. Ninik Mamak di Kenegerian Kampa mengangkat Mahmud Syah sebagai Raja.
Sejak itu, Kenegerian Kampa memiliki raja. Diwariskan sampai Sultan ke-13 bernama Buyung Adliansyah.

Latar belakang penobatan raja ke-14, maret 2018

Rencana penabalan Bupati Kampar, Azis Zaenal menjadi Raja di Kampa untuk menghidupkan sejarah kenegerian ini. Azis Zaenalakan didaulat menjadi Sultan Kampa ke-14 Khalifatullah Akhirulzaman.

Afrizal Datuk Paduko Tuan, seorang Ninik Mamak Kenegerian Kampa, mengatakan, pengangkatan Azis sebagai Sultan untuk melestarikan sejarah Kampa. Sebab, Raja Kenegerian Kampa sudah sangat lama lowong. Sejarah Kampa dikhawatirkan tertimbun zaman.

“Sudah sekitar 90 tahun, Kenegerian Kampa tidak punya raja. Terakhir tahun 1928,” ungkap Afrizal, Minggu (25/3/2018), Sultan ke-13 bernama Buyung Adliansyah. Wafat dan dimakamkan di Kampa. Sultan Buyung Adliansyah tidak memiliki keturunan. Sehingga pewaris Sultan terputus.

Afrizal menjelaskan, enam suku yang terdiri delapan Datuk di Kampa sepakat sejarah diteruskan. Menurut dia, Azis dengan potensi yang dimilikinya dianggap mampu meneruskan tampuk Kesultanan. Seluruh perangkat adat yang terdiri dari Datuk, Pegawai, Panglima dan Malin sudah berembuk mengangkat Azis menjadi Sultan.
“Semua masyarakat Kenegerian Kampa sudah sepakat. Semua sudah bulat. Nggak ada lagi yang bisa membantah,” tegas Afrizal.

Azis diharapkan meneruskan sejarah yang pernah ada di Kampa.
Menurut Afrizal, kerajaan ini sendiri didirikan oleh Sultan Mahmud Syah, Raja Kenegerian Kampa yang pertama. Sebutan Khafilatullah Akhirulzaman melekat karena kerajaan ini berlandaskan Islam. Bahkan dianggap sebagai cikal bakal penyebaran Agama Islam di Kampa.

Sultan Mahmud Syah sendiri, kata Afrizal, berasal dari Kerajaan Malaka. Di Malaka, Mahmud Syah dikejar oleh Tentara Portugis. Mahmud Syah sempat lari ke Pulau Penyengat di Lingga, Kerajaan Riau.
Dari Pulau Penyengat, Sultan Mahmud hijrah ke Kampa. Di sinilah peradaban Kenegerian Kampa berawal pada sekitar Abad ke-15. Ninik Mamak di Kenegerian Kampa mengangkat Mahmud Syah sebagai Raja.
“Ninik Mamak Kenegerian Kampa waktu itu, datang kepada Mahmud Syah. Meminta kepada Mahmud Syah supaya memimpin,” ujar Afrizal.
Sejak itu, Kenegerian Kampa memiliki raja. Diwariskan sampai Sultan ke-13.


Sejarah dan daftar kerajaan2 di Riau

Untuk sejarah dan daftar kerajaan2 di Riau, klik di sini.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Penobatan Sultan Kampa ke-14 (26 maret 2018): http://www.transriau.com/read-512-12414-2018-03-26-h-azis-zaenal-sh-mm-resmi-di-nobatkan-sebagai-sultan-kampa-ke-xiv.html
– Penobatan Sultan Kampa ke-14 (26 maret 2018): http://www.riauonline.co.id/riau/rantau-kampar/read/2018/03/26/jadi-sultan-kampa-ke-xiv-aziz-zaenal-terima-keris-dan-stempel-resmi-kerajaan
– Penobatan Sultan Kampa ke-14 (26 maret 2018): http://auramedia.co/2018/03/26/sultan-kerajaan-kampa-xiv-resmi-dinobatkan/


Foto penobatan 26 maret 2018 Sultan Kampa ke-14


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: