Lokop Serbajadi, kerajaan / Sumatera – prov. Aceh, kab. Aceh Timur

Kerajaan Lokop Serbajadi terletak di Sumatera, prov. Aceh, kab. Aceh Timur.

Lokasi Lokop, Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur


Sejarah kerajaan Lokop Serbajadi

Sebelum abad ke 12 (dua belas) Masehi di Lokop sudah ada kerajaan yang namanya Kerajaan Syech Mursyid Merah Habox yang sekarang di kenal dengan sebutan gelar Munyang Tualang. Pada waktu itu Syech Merah Habox sebagai ulama besar membawa syiar agama islam, sewaktu beliau pertama membuka Negeri Lokop Serbajadi yang hanya baru ada adalah buah mangga hutan (namanya lukup), jadi setelah koordinasi dengan teman-temannya, serentak menjawab ‘Bejadi’ yang artinya walaupun belum ada buah-buahan lain kita makan dengan buah lukup ini, negeri ini tetap jadi ( yang sekarang di sebut Serbajadi Lokop ).
Pada abad ke 12 Masehi penduduk mulai ramai di dataran tinggi Lokop Serbajadi, Syech Merah Habox di nobatkan ulama dan sebagai raja Syech Merah Habox Lukup Bejadi (sebagai kepala pemerintahan pada waktu itu dan juga sebagai ulama). Sebagai nematan bukti sejarah masih ada disimpan di Desa Tualang Lokop Kecamatan Serbajadi.

Selanjutnya Syech Merah Habox raja pertama Lukup Bejadi (Munyang Tualang) asal Linge ini dengan rahmat Allah menerima serahkata silsilah (sejarah) dari kerajaan Pase yang pada waktu itu di pimpin oleh (Merah Silu) pada zaman kemakmuran Aceh tahun (1607-1637), yang bahan bukti sejarah (nematan raja) masih ada disimpan dengan baik di Negeri Lukup Bejadi, di Kampong Tualang, Kampung Jering, Kampung Sembuang dan Rantau Panjang Rube Jernih. Peranan sejarah sarahkata silsilah dan stempel yang dibuat dari Panca Delima (CAP) Lukup Bejadi pada Tahun Fitrah 1280. Sejarah silsilah ini selain yang dijelaskan dalam Turbo Sarah kata nematan Sejarah Raja pertama membuka / membangun Negeri Lukup Bejadi, sejarah singkat yang dituturkan oleh raja yang ke 5 (lima) dari keturunan Syech Mera Habox yaitu Tgk.
Khalifah Banta Ali Nyakbana Aman Lagie Kejurun Abox, yang memegang kerajaan terakhir 1917-1948. Raja Negeri Lukup Bejadi yang kelima ini sebelum beliau wafat pada tanggal 25-09-1974 di Lukup Bejadi menceritakan kepada anaknya Khalifah H. Usman Abbas Kamsih Bin Banta Ali Nyak Bena Aman Legie Kejurun Abox Lukup Bejadi pada tahun 1969 M, yaitu kepala imum mukim Tualang Lukup Bejadi, selanjutnya sejarah ini dituturkan kembali / disalin kembali / sejarah ini dituturkan kembali kepada anak Kahlifah H. Usman Abbas Kamsih Bin Banta Ali Nyak Bena Lagie Kejurun Abox, yaitu kepada Tgk. Kamaruddin, S.Sos.I Bin Khalifah Tgk. Usman Abbas Kamsih (Camat Serbajadi Lokop Kab. Aceh Timur Tahun Periode 2012 s.d. -) di Negeri Lukup Bejadi.
Sebelum beliau almarhum pada tahun 2009 yang lalu, silsilah keturunan kerajaan Syech Merah Habox yang mempunyai sarah kata (sejarah dan tahta nematan (kebudayaan) kerajaan islam, dari asal Linge (suara hakikat hati) dengan saudara putri cantik (perempuan), putri cantik Cut Intan inilah yang dibawa lari oleh sekelompok orang 27 orang, yang akan hendak disunat / diislamkan oleh raja, tetapi tidak mempan disunat sehingga mereka yang 27 orang ini malu (tidak jadi disunat) kemudian putri cantik Cut Intan ini dapat diambil kembali oleh raja Lukup Bejadi dan seluruh prajuritnya.

Demikian sejarah singkat Kecamatan Serbajadi Lokop Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh sebagai bukti sejarah Kerajaan – kerajaan yang ada di Aceh khususnya Suku Perkauman Gayo Lokop.

 – Sumber: http://lokop2013.blogspot.com/2014/02/sejarah-lokop-serbajadi-kerajaan.html