Barnusa, kerajaan / P. Pantar – Prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Barnusa terletak di bagian barat Pulau Pantar, Kab. Alor, Prov. Nusa Tenggara Timur.
Kekuasaan terpisah menjadi dua marga yaitu Baso dan Blegar.
Kerajaan Baranusa termasuk aliansi Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui di p. Alor dan Bunga Bali, Blagar, Pandai dan Baranua (Barnusa) di p. Pantar.

The kingdom of Barnusa is located on west Pantar Island.
The ruling power was split between 2 clans: Baso and Blegar.
For english, click here

Lokasi pulau Pantar

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa Tenggara Timur


* Foto pulau Pantar: klik di sini


Tentang Raja / About the king

Present Raja (2008): Kapitan Bastian C. Blegur

Ada sebenarnya salah satu Raja penting dari Basodinasti, tapi di kerajaan ini di pulau Pantar (Utara Timor) ada keluarga lain yang berkuasa yang kuat, yang dapat dianggap sebagai wakil raja dengan gelar Kapitan. Di daerah lain di provinsi ini gelar Kapitan sebagian besar mengacu pada districtchief hanya tanpa sebagian besar setiap kekuasaan yang berdaulat, tetapi dalam Barnusa ini berbeda.
Blegur keluarga yang berkuasa memiliki bertanggungjawab sendiri di bagian Barnusa dan hanya bekerja sama kuat dengan dinasti Baso-raja.
Kapitan Bastian Blegur adalah cucu dari terakhir semi-berdaulat daerah Kalondama dan diberi judul Kapitan of Barnusa. Sudah lebih dari 35 tahun ia adalah pemimpin riil masyarakat.


Tentang kerajaan Barnusa

Lokasi Barnusa, P. Pantar

Baranusa sampai akhir masa raja-raja hanyalah sebuah kerajan kecil. Wilayah kekuasaannya tidak lebih dari sebuah kecamatan. Kerajaan Baranusa tidak memiliki istana atau keraton, sehingga kediaman keturunan rajanya hanyalah sebuah rumah sederhana. Kerajaan Baranusa tidak mewarisi benda pusaka atau harta karun, sehingga jejak kerajaannya hampir punah sudah. Raja-raja Baranusa tidak meninggalkan silsilah orang hebat dan kesombongan feodalisme, sehingga hari ini keturunan Raja Baranusa hayalah ‘orang biasa’ yang hidup sederhana seperti orang kebanyakan. Kerajaan Baranusa juga tidak meninggalkan catatan patriotisme atau romantisme asmara, sehingga nama Baranusa nihil dalam catatan sejarah lokal apalagi nasional. Baranusa hari ini hanya cukup jadi kebanggaan Orang Baranusa sendiri, karenanya mereka menyebut daerah mereka sebagai “Lewo ro Piring Sina, Tanah ro Mako Jawa” (negeri seperti piring Cina, tanah-nya seperti mangkok Jawa). Cukuplah bagi orang-orang Baranusa di manapun mereka berada untuk memelihara Islam di kampung halaman dan hati nurani mereka.

– Sumber: http://www.dakwatuna.com/2015/03/23/66142/baranusa-sejarah-dan-tradisi-islam-yang-tersembunyi/#axzz4OjxNTV3t


Sejarah / History kerajaan Barnusa

Masa jaya kejayaan Majapahit (1367) Galiau Watang Lema (Pantar) atau daerah-daerah pesisir pantai kepulauan. Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui dan Bunga Bali di Alor serta Blagar, Pandai dan Baranua di Pantar. Aliansi 5 kerajaan di pesisir pantai ini diyakini memiliki hubungan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan raja-raja mereka mengaku memiliki leluhur yang sama. Pendiri ke 5 kerajaan daerah pantai tersebut adalah 5 Putra Mau Wolang dari Majapahit dan mereka dibesarkan di Pandai.
Awal abad ke-20 Alor terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui, Batulolong, Kolana, Baranusa dan Alor. Kerajaan Alor wilayahnya meliputi seluruh jasirah Kabola (bagian utara pulau Alor).


Daftar raja Baranusa

Bara Mauwolong (founding ancestor of the dynasty)
Mau Bara I
Boli Mau
Mau Boli I
Bara Mau
Mau Bara II
Tonda Boli I
Boli Tonda
Mau Boli II
Tonda Boli II
Boli Tonda (was in power in 1832)
Aku Boli (1848-1877)
Baso Aku (1878-1895)
Koliamang Baso (1896-1926)

Pemerintahan ditransfer pada 1926 ke Umar Watang Nampira, Raja Landschappen Alor.

Pulau Pantar dan lokasi Barnusa


Sejarah kerajaan2 di P. Pantar dan P. Alor

Untuk sejarah lengkap kerajaan2 di pulau Alor dan pulau Pantar, klik di sini


Kepulauan Sunda Kecil, tahun 1725 (incl. pulau Pantar)


Sumber / Source

Sejarah kerajaan Barnusa: http://www.dakwatuna.com/2015/03/23/66142/baranusa-sejarah-dan-tradisi-islam-yang-tersembunyi/#axzz41dZkijjs
– Tentang Pantar: kerajaan indonesia
– Tentang aliansi Galiau: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/pantar-island/galiau-5-lima-kerajaan-pantar-dan-alor-p-pantar-dan-p-alor-nusa-tenggara-timur/
Sejarah pulau Pantar: link


Foto foto

Rumah sederhana keluarga keturunan Raja Baranusa. Bukan Istana bukan Keraton. (darso arif)

Rumah sederhana keluarga keturunan Raja Baranusa. Bukan Istana bukan Keraton. (darso arif) Sumber: http://www.dakwatuna.com/2015/03/23/66142/baranusa-sejarah-dan-tradisi-islam-yang-tersembunyi/#axzz41dZkijjs

Makam Raja Aku Boli. Raja Baranusa yang diakui Belanda. (darso arif)

Makam Raja Aku Boli. Raja Baranusa yang diakui Belanda. (darso arif) Sumber: http://www.dakwatuna.com/2015/03/23/66142/baranusa-sejarah-dan-tradisi-islam-yang-tersembunyi/#axzz41dZkijjs

Sumur Wai Butu. Sebuah bantuan Kesultanan Buton untuk Baranusa. (darso arif)

Sumur Wai Butu. Sebuah bantuan Kesultanan Buton untuk Baranusa. (darso arif) Sumber: http://www.dakwatuna.com/2015/03/23/66142/baranusa-sejarah-dan-tradisi-islam-yang-tersembunyi/#axzz41dZkijjs


 

1 Comment

One thought on “Barnusa, kerajaan / P. Pantar – Prov. Nusa Tenggara Timur

  1. Blegur is only the sub-raja dyansty of a part of Baranusa.Baranusa is the rajaship in the west of Pantasr,in the east there are the rajaships of Pandai and Blagar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s