Air Haji, nagari / Prov. Sumatera Barat – kab. Pesisir Selatan

Nagari Air Haji terletak di Prov. Sumatera Barat, kab. Pesisir Selatan.

Lokasi kab. Pesisir Selatan


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link

* Foto raja-raja di Simalungun dulu: link
* Foto raja-raja kerajaan kecil di Aceh dulu: link

* Foto perang Aceh – Belanda, 1873-1904: link
* Foto situs kuno di Sumatera: link


Tentang penobatan Raja Alam Air Haji

17 sept. 2020
Setelah lama kosong, akhirnya Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, kembali memiliki Raja Adat, yaitu Siburman Rajo Hitam dari Pasukuan Panai Tigo Ibu, yang dinobatkan secara adat.

Sebelumnya, Siburman Rajo Hitam diarak di labuah nan gadang, keliling nagari sepanjang dua kilometer. “Arak arakan Rajo Hitam sengaja dilakukan agar seluruh masyarakat nagari mengetahui bahwa Raja Adat Air Haji telah dinobatkan,” kata Pucuk Panai Lundang Fakhruddin Datuak Rangkayo Basa.

Menurut Datuak Rangkayo Basa, dengan penobatan dan palewaan Siburman Rajo Hitam sebagai Raja Adat Air Haji, maka ini adalah prosesi meluruskan adat. Karena Air Haji memakai adat Kelarasan Koto Piliang, maka Raja Adatnya adalah turun menurun yaitu dalam Pasukuan Panai Tigo Ibu, yaitu Panai Tanjuang, Panai Lundang dan Panai Tangah.

Karena Pasukuan Panai berasal dari Sungai Pagu Solok Selatan, maka Siburman Rajo Hitam terlebih dahulu telah mendapat persetujuan dari Pucuk Panai Sungai Pagu untuk dinobatkan sebagai Raja Adat Air Haji.

17 sept. 2020: penobatan Raja Alam Air Haji


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: