Ilmarang, negeri / P. Dawera – prov. Maluku

Negeri Ilmarang terletak di P. Dawera, prov. Maluku.

Lokasi pulau Dawera dan Daweloor

——————————
Lokasi pulau Dawera dan pulau Daweloor


* Foto foto Baileo di Maluku: link
* Foto foto Maluku masa dulu: link
* Foto foto situs kuno di Maluku: link


Tentang raja negeri Ilmarang

Tidak ada info tentang raja negeri ini.


Tentang negeri Ilmarang

– Sumber dan lengkap: http://ilmarang.blogspot.com/2014/05/sejarah-singkat-desa-ilmarang.html

Di kepulauan Babar atau dalam sistem pemerintahan adalah satu kecamatan yaitu Kecamatan Babar, Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku. Terdapat dua pulau berdekatan dengan penduduknya bersaudara sesuai sejarah adat budayanya. Di setiap pulau itu, yaitu pulau Dawera dan Dawelor.
Sejak zaman dahulu, di Dawera terdapat 4 (empat) desa yaitu: Desa Maray, Desa Lekleli, Desa Letmasa, dan desa Welora. Tetapi sejak tahun 50-an, penduduk desa Lekleli sebagian pindah ke desa Ilmarang (Maray) dan sebagian besar pindah ke desa Letmasa sampai saat ini.
Sedangkan di pulau Dawelor, terdapat 3 desa yaitu: Desa Watuwei, Desa Wiratan, dan Desa Nurnyaman. Penduduk dari 2 pulau ini memiliki adat istiadat, bahasa daerah yang sama, sehingga merupakan satu kesatuan yang kuat.

Mengenai Desa Ilmarang sekarang nama aslinya ialah Desa Maray. Pada zaman dahulu, menurut penuturan ahli sejarah, penduduknya tinggal dan hidup terpencar dalam kelompok-kelompok keluarga besar yaitu soa atau marga. Setiap anggota atau rumah tangga dalam suatu soa atau keluarga besar (marga) itu berasal dari satu kata. Namun dilihat dari silsilah keturunan soa (marga) itu, di tinjau kepala keluarga yang pada hakekatnya berasal dari satu soa (marga) yang sama. Seperti soa Laimer (Letlora), Soa Ruimas (Ruimassa), Soa Matmei (Matmey), Soa Lakwel (Lekawael), dan Soa Reslei (Resley) sekarang ini. Pada zaman dahulu, ada Soa Lakwel yang hidup dan tinggal di desa Lekrey (di daratan Tutkol). Sedangkan Soa Laimer, Soa Ruimas dan Soa Matmey, tinggal bersama di Desa Loilor (Loilora) satu dataran/bukit rendah di depan desa Maray (Ilmarang) sekarang ini.

Kemudian masing-masing Soa ini mencari tempat tinggal baru di dataran rendah. Maka Soa Lakwel (Lekawael) pindah di dataran rendah Lekwaki dan mendirikan Desa Lekwak. Soa Laimer pindah di dataran rendah lagi dan mendirikan desa Letwikwik, sedangkan Soa Ruimas, Soa Matmei dan Soa Reslei pindah di dataran rendah juga dan mendirikan Desa Maray. Tetapi pada suatu waktu, terjadilah angin ribut dan air bah atau banjir dan ombak besar naik ke darat dan memusnahkan Desa Maray dengan penduduknya, dan hanya tinggal dua yaitu anak Ruimassa (Laki-laki) dan anak Matmey (Perempuan).

Kemudian dari Desa Wiratan (Pulau Dawelor) seorang tete bernama tete Tomrel yang menjenguk keluarga Ruimas dan Matmei di Desa Maray. Namun yang di temukan hanyalah puing-puing rumah bekas yang sudah punah. Maka tete Tomrel membawa kedua anak itu ke Desa Wiratan untuk merawat mereka. Setelah kedua anak itu mulai dewasa, tete Tomrel kembali ke Ruimas dan Matmei tempat atau desa asalnya Maray dan bergabung dengan Soa Laimer, Lakwel untuk membangun desa baru yang di sebut kampung / Desa Maray.

Kemudian pada abad ke-20 ini penduduk desa Maray dengan perahu (kora-kora) berlayar untuk mencari bahan keperluan sehari-hari di pulau-pulau lain di kepulauan Babar. Di Pulau Luang, terdapat sebuah desa dengan nama Ilmarang. Barangkali dari nama Ilmarang inilah yang kemudian nama desa Maray di ganti menjadi Ilmarang. Ketika Agama Kristen berkembang di Maluku tenggara dan sampai di pulau-pulau Dawera, Dawelor pada kira-kira tahun 1917, maka seluruh pulau-pulau Dawera, Dawelor menerima dan memeluk Agama Kristen Protestan yang dibawah oleh seorang berkebangsaan Belanda. Kemudian di tugaskan menjadi Guru Jemaat / Penginjil pertama kali di Ilmarang kemudian di ikuti dengan Desa Watuwei mendapat guru jemaat / penginjil lagi. Pada giliran Pendeta W. Amanupunyo, maka Desa Ilmarang (lama) di pindahkan ke lokasi baru yang sampai saat ini dengan kedudukan rumah yang tertata dan teratur seperti saat sekarang ini.


Baileo negeri Ilmarang

Rumah Baileo adalah rumah adat Maluku dan Maluku Utara. Rumah Baileo merupakan representasi kebudayaan Maluku dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Rumah Baileo adalah identitas setiap negeri di Maluku selain Masjid atau Gereja. Baileo berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci, tempat upacara adat, sekaligus sebagai balai warga.
Lantai baileo dibuat tinggi karena dipercaya agar roh-roh nenek moyang memiliki tempat dan derajat yang tinggi dari tempat berdirinya masyarakat. Dan agar masyarakat tahu permusyawaratan yang berlangsung di balai.
– Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_baileo
* https://kangapip.com/rumah-adat-maluku/

Tidak ada foto baileo negeri Ilmarang. Sebagai contoh baileo, foto baileo negeri Aboru.


Marga, SOA dan Pela / Gandong negeri Ilmarang

1) Nama Marga

Lekawael
Ruimassa
– Sumber: https://www.atlas-maluku.nl/?entry=locatie&regio=2428&eiland=3536&familie_id=0&kampong=80

2) SOA

Untuk SOA, klik: http://www.nunusaku.com/pdfs/LastNamesbyVillage05_28_07.pdf

3) Cari nama marga dan negeri

Daftar nama marga di Maluku, dan Negeri: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan marga: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan marga: Atlas Maluku

4) Pela dan Gandong

Tidak ada info tentang pela / gandong negeri Ilmarang.

Sumber daftar Pela dan Gandong:
Atlas Maluku
Kumpulan Pela dan Gandong
Nunusaku.com


Subjek penting budaya Maluku

1) Penjelasan Baileo negeri Maluku
2) Foto foto Baileo di Maluku
3) Penjelasan Pela dan Gandong
4) Penjelasan Panas Pela
5) Struktur pemerintahan dan masyarakat negeri Maluku
6) Penjelasan Fam, marga dan SOA
7) Lain

Untuk subjek penting, klik di sini


Peta Maluku kuno

Untuk peta kuno Maluku, 1493, 1616, 1630, 1700, 1706, 1714, 1750, 1750, 1753, 1756, 1764 klik di sini

Peta Maluku tahun 1640


Sumber

– Sumber daftar Pela dan Gandong: Atlas Maluku
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Kumpulan Pela dan Gandong
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Nunusaku.com

– Daftar nama matarumah dan negeri di Maluku: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan Matarumah: nunusaku.com/pdfs

– Penjelasan Pela dan Gandong: http://pelagandong.blogspot.com/2013/05/pengertian-pela-dan-gandong-sebagai.html
– Penjelasan Pela dan Gandong: https://id.wikipedia.org/wiki/Pela
– Penjelasan Pela dan Gandong: http://historymaluku.blogspot.com/2016/06/pela-gandong-hanya-di-maluku.html

———————

– Struktur pemerintahan dan masyarakat Negeri di Maluku: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/maluku/struktur-pemerintahan-dan-masyarakat-negeri-maluku/
Sejarah Maluku: http://pelangimaluku.blogspot.co.id/2008/05/sejarah-maluku.html
– Sejarah Maluku: http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2011/03/maluku-merupakan-salah-satu-propinsi.html
Sejarah Maluku: https://singalodaya.wordpress.com/2009/10/07/sejarah-maluku/comment-page-1/

– Suku di Maluku: http://www.lasamahu.com/2011/06/mengenal-suku-maluku-dari-dekat.html
– Asal usul penduduk Maluku:
http://www.angelfire.com/home/SiAPAPorto/asal_usul_mal.htm