OEnam, kerajaan / P. Timor – prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Oenam terletak di pulau Timor, Kab. Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timor. Didirikan pada abad ke-15.

kab. Timor Tengah Selatan

Lokasi pulau Timor


* Foto kerajaan-kerajaan Timor: link
*
Foto situs kuno / megalitik di Timor: link


Tentang kerajaan Oenam

– Sejarah lengkap kerajaan Oenam: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/timor-2/raja-of-oenam/sejarah-lengkap-kerajaan-oenam/

1) Kerajaan Oenam memiliki wilayah pemerintahan yang lebih luas dibandingkan dengan kerajaan lain. Wilayahnya meliputi Fatule’U, Mollo, Meomafo, Insana sampai di Biboki. Dinasti yang berkuasa adalah dinasti Sonba’i, yang merupakan turunan raja besar Wehali di Belu Selatan. Keluarga keturunan Sonba’i ini masih memegang “bahwa semua bahan makanan manusia datang dari tulang belulang puteri raja Sonbai (Raja Oenam), dari tulang-tulang ini kmemudian tumbuh berbagai macam bahan makanan bagi penduduk Timor. Mitos ini berkembang begitu rupa, sehingga rakyat percaya dan menerimanya.
– Sumber: https://aklahat.wordpress.com/2011/11/21/kabupaten-timor-tengah-selatan-tts-oenam-banam-onam/

2) Mutis sendiri adalah cikal bakal pusat pemerintahan kerajaan Oenam. Didirikan oleh Nai Lele Sonba’I yg diperkirakan pada abad ke-15 dengan wilayah kekuasaan mulai dari Biboki, Insana, Miomafo, Fatule’u sampai Noel Sfebano (Tarus-Kupang). Nai Lele Sonba’I sendiri adalah anak dari Nai Faluk. Sedangkan Nai Faluk adalah cucu dari Nai Dawan. Setelah kematian Nai Lele Sonba’i, raja berikutnya adalah Tuklua Sonba’i, berikutnya digantikan oleh Manas Sonba’i (yang masa pemerintahannya, Timor mulai didatangi Portugis yg awalnya ingin berdagang cendana dan lilin). Kedatangan Portugis diawali dengan datangnya pastur  Antoio Taveira (1522) di Lifau-Oekusi dari pulau Solor (Flores Timur).
– Sejarah lengkap kerajaan Oenam: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/timor-2/raja-of-oenam/sejarah-lengkap-kerajaan-oenam/

Kerajaan-kerajaan Timor tahun 1900


Raja raja kerajaan Oenam

Baob Sonbai.
Raja yang memerintah kerajaan Oenam adalah Baob Sonbai. Baob sendiri adalah putra mahkota yang menjadi korban perang. Bersama ibunya Bi Lalan Mella, mereka diselamatkan Bahan dan Mambait dan disembunyikan di Laob (kini desa di kecamatan Mollo Selatan). Raja Baob tinggal beberapa lama di Baob (dulu Mnesatfael) lalu berpindah ke Noenoni (kini desa Noenoni). Raja Baob Sonba’i kemudian diculik Belanda lalu diasingkan ke Batavia hingga wafat tahun 1685.
Raja Baob tinggal beberapa lama di Baob (dulu Mnesatfael) lalu berpindah ke Noenoni (kini desa Noenoni). Raja Baob Sonba’i kemudian diculik Belanda lalu diasingkan ke Batavia hingga wafat tahun 1685.

Tafin Sonbai adalah raja Oenam selanjutnya.

Kau Sonbai. Kemudian raja ada putra tunggalnya Kau Sonba’i. Pada pemerintahannya ibu kota kerajaan dipindahkan ke Kuniki (di Fatule’u).

Sobe Sonbai II. Setelah Kau Sonba’I berhenti sebagai Raja Kerajaan Oenam, ia digantikan oleh putra sulungnya Sobe Sonba’i IIatau Sobe Besi.

Baob Sonbai II. Setelah Sobe Besi raja selanjutnya adalah Baob Sonba’i II yang diteruskan oleh Baob Sonba’i III.

Baob Sonbai III.
Pada masa Baob Sonba’i III. terjadilah perjanjian Lisabon yang isinya membagi pulau Timor menjadi 2 bagian, Timor Barat untuk Belanda dan Timor Timur untuk Portugis (ditambah Oekusi dan Noemuti). Noemuti sendiri kemudian diserahkan kembali kepada Belanda pada 1 November 1916 dan menjadi bagian wilayah Miomafo.

Sobe Sonba’i III
Baob Sonba’i III kemudian digantikan oleh Sobe Sonba’i III. Pada masa pemerintahannya terjadi perang Bipolo. Raja Sobe Sonba’i III akhirnya ditangkap Belanda di Bes’ana akibat pengkhianatan dari marga Oematan di Bes’ana. Sang raja kemudian diasingkan ke Waingapu Sumba Timur. Wafat tahun 1922 dan dimakamkan di Fatufeto Kupang. Setelah Sobe Sonba’i III meninggal, Belanda membagi-bagi wilayah kerajaan Oenam atas beberapa kerajaan kecil yaitu: kerajaan Miomafo, kerajaan Mollo, dan kerajaan Fatule’u.
– Sumber: https://nttbangkit.com/sejarah-singkat-kerajaan-oenam-dan-mollo-di-timor/


Sejarah pulau Timor

Pulau Timor dihuni sebagai bagian dari migrasi manusia yang telah membentuk Australasia secara lebih umum. Pada tahun 2011, bukti ditemukan pada manusia di Timor Timur pada 42.000 tahun yang lalu, di lokasi gua Jerimalai.
Sekitar 3000 SM, migrasi kedua membawa orang Melanesia. Orang-orang Veddo-Australoid sebelumnya mengundurkan diri saat ini ke pedalaman pegunungan. Akhirnya, proto-Melayu tiba dari Cina selatan dan Indocina utara.

Catatan sejarah paling awal tentang pulau Timor adalah Nagarakretagama abad ke-14, Canto 14, yang mengidentifikasi Timur sebagai pulau di dalam wilayah Majapahit. Timor dimasukkan ke dalam jaringan perdagangan Jawa, Cina, dan India kuno pada abad ke-14 sebagai pengekspor cendana aromatik, budak, madu dan lilin, dan diselesaikan oleh Portugis, pada akhir abad ke-16, dan Belanda, yang berbasis di Kupang, pada pertengahan abad ke-17.

Pulau Timor dijajah oleh Portugis pada abad ke-16; mengklaim pada tahun 1520. Para pelaut Portugis mungkin pertama kali tiba di Timor Timur sekitar tahun 1514. Penjelajah Eropa menemui beberapa kerajaan kecil di awal abad ke-16. Yang paling penting adalah Wehale di Timor Tengah.  Pada waktu itu, lereng-lereng bukit diliputi hutan kayu cendana. Perdagangan kayu cendana sangat menguntungkan, dan pohon-pohon ini saja sudah cukup menjadi alasan bagi orang Portugis untuk mendirikan pos perdagangan. Gereja Katolik juga berminat pada daerah itu dan ingin mengirim para misionaris untuk menobatkan penduduk pribumi. Kedua faktor ini menggerakkan orang Portugis untuk mulai menjadikan pulau ini jajahan mereka pada tahun 1556.
VOC Belanda tiba pada tahun 1640, mendesak Portugis ke Timor Lorosa’e dan bentuk koloni Belanda-Timor.
Pertengkaran antara Belanda dan Portugal akhirnya menghasilkan sebuah perjanjian tahun 1859 dimana Portugal menyerahkan bagian barat pulau tersebut ke Belanda.


Peta-peta kuno P. Timor

Klik di sini untuk peta kuno P. Timor tahun 1521, 1550, 1600, 1650, 1700-an, 1733, 1762, 1900, 1902.

Timor tahun 1521


Sumber

– Sejarah kerajaan Oenam: https://www.kompasiana.com/dickysenda/secuil-sejarah-kerajaan-oenam-dan-mollo-di-timor_550059d08133110a1afa762c
– Sejarah lengkap kerajaan Oenam: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/timor-2/raja-of-oenam/sejarah-lengkap-kerajaan-oenam/


 

1 Comment

One thought on “OEnam, kerajaan / P. Timor – prov. Nusa Tenggara Timur

  1. OEnam ios other name of Sonbai;so w part of West-Timor.I hope to meet the 2 claimants of it soon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s