Singhasari, kerajaan / Jawa Timur

Kerajaan Singhasari:  1222 – 1292. Terletak di Jawa timur.
Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan berada di daerah Singosari, Malang.
Awalnya ada Kerajaan Tumapel, kemudian ubah nama menjadi Kerajaan Singhasari.

The kingdom of Singhasari:  1222 – 1292. Located on East Jawa.
This kingdom was founded by Ken Arok in 1222.
For english, click here

Lokasi Provinsi Jawa Timur


Garis kerajaan-kerajaan di Jawa: link


Foto sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link
* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link
* Foto situs kuno di Jawa: link


Video sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

– Video Penguasa Monarki kesultanan Jawa Mataram, 1556 – 2020: link
– Video sejarah kesultanan Mataram, 1576-2020: link
– Video sejarah kerajaan Medang Mataram Hindu: link
– Video sejarah kerajaan Majapahit, 1293 sampai 1527: link
– Video raja-raja Majapahit hingga ke Mataram, 1293 – 1587: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Timur, 1.5jt SM sampai 2020: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Barat, 3000 SM sampai 2020: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Tengah, 1.5jt SM sampai 2020: link


KERAJAAN SINGHASARI

Sejarah kerajaan Singhasari, 1222 – 1292

Video sejarah kerajaan Singhasari, 1222 – 1292

 

Kerajaan Singasari atau kerajaan Tumapel adalah kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Jawa Timur yang terletak di daerah Singasari, Malang. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok yang juga menjabat sebagai raja pertama dengan gelar Sri Rajasa Bathara Sang Amurwabhumi pada 1222 M. Masa kejayaan kerajaan Singasari berlangsung pada masa pemerintahan Raja Kertanegara, yang berkuasa antara 1272-1292 M.
Di bawah kekuasaannya, wilayah kekuasaannya mencapai Bali, Sunda, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sumatera. Sumber-sumber kerajaan Singasari dapat diketahui dari Kitab Pararaton dan Kitab Negarakertagama, serta prasasti-prasasti peninggalannya.

Sejarah singkat kerajaan Singasari

Berdirinya kerajaan Singasari tidak lepas dari kisah pendirinya, Ken Arok. Ken Arok awalnya hanya seorang pengawal Tunggul Ametung, seorang akuwu (camat) di Tumapel. Ken Arok kemudian membunuh Tunggul Ametung dan menikahi istrinya yang bernama Ken Dedes.
Setelah menjadi Akuwu Tumapel, Ken Arok bersekutu dengan para Brahmana untuk menaklukkan kerajaan Kediri. Serangannya pun berhasil hingga memaksa Raja Kertajaya menyerahkan kekuasaan kepada Ken Arok dan kerajaan dipindah ke Singasari. Ken Arok kemudian mendirikan kerajaan Tumapel yang pada akhirnya lebih dikenal sebagai kerajaan Singasari.

Kehidupan sosial kerajaan Singasari

Kehidupan sosial masyarakat Singasari selalu berubah tergantung kebijakan raja dan kondisi politik kerajaan. Saat Ken Arok memimpin, kehidupan sosial rakyatnya sangat terjamin. Setelah Ken Arok wafat, kondisi masyarakat sempat terguncang akibat konflik politik di antara keluarga kerajaan. Kemudian pada masa pemerintahan Anusapati, kehidupan sosial rakyatnya tidak mendapat perhatian. Kehidupan masyarakatnya kembali teratur pada masa pemerintahan Raja Kertanegara.

Masa kejayaan kerajaan Singasari

Kertanegara adalah pemimpin terakhir sekaligus raja yang berhasil membawa kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan. Di bawah pemerintahannya, kekuasaan Singasari meliputi seluruh Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Melayu, dan Semenanjung Malayu. Kertanegara terkenal dengan gagasannya untuk menyatukan kerajaan-kerajaan di nusantara di bawah payung kekuasaan Singasari.
Cita-citanya ini dikenal sebagai Wawasan Nusantara I, dan untuk mencapainya berikut beberapa upaya yang dilakukan oleh Kertanegara.
Perluasan daerah dan hubungan dengan luar negeri Pengiriman ekspedisi ke Sumatera yang terkenal dengan ekspedisi Pamalayu (1275 M) Memantapkan struktur pemerintahan Singasari Agama Hindu dan Buddha sama-sama berkembang pada masa pemerintahan Raja Kertanegara pula sektor perdagangan dan pelayaran Singasari berkembang pesat.
Komoditas yang diperdagangkan adalah beras, emas, kayu cendana, dan rempah-rempah. Pada periode ini, Singasari berhasil menguasai jalur perdagangan dari Selat Malaka hingga Kepulauan Maluku.

Runtuhnya kerajaan Singasari

Selain membawa Singasari menuju puncak kejayaan, pada periode pemerintahan Raja Kertajaya juga kerajaan ini runtuh. Salah satu faktor runtuhnya kerajaan Singasari adalah lemahnya pertahanan karena raja dan jajarannya sibuk melakukan ekspansi ke luar Jawa. Saat tentara Singasari dikirim keluar daerah dalam rangka perluasan wilayah, Kertanegara diserang oleh Jayakatwang, seorang adipati di Kediri. Raja Kertajaya wafat pada serangan ini dan kerajaan Singasari akhirnya runtuh.

– Sumber: https://www.kompas.com/stori/read/2021/05/21/123313679/kerajaan-singasari-letak-silsilah-kehidupan-sosial-dan-peninggalan?page=all

Perkembangan Kerajaan Singhasari pada masa pemerintahan Kertanegara


Daftar Raja

1) Versi Paraton

* 1222-1227: Ken Arok
* 1227-1248: Anusapati
* 1248: Tohjoyo
* 1248-1268: Ranggawuni
* 1268-1292: Kertanegara

2) Versi Nagarakretagama

* Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222 – 1227)
* Anusapati (1227 – 1248)
* Wisnuwardhana (1248 – 1254)
* Kertanagara (1254 – 1292)

– Sumber: link


Peninggalan kerajaan Singhasari – Candi

Candi Kidal
Candi Kidal adalah salah satu candi warisan dari kerajaan Singasari

———————-
Candi Sumberawan
Candi Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari, Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu. Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya. Keadaan inilah yang memberi nama Candi Rawan.

———————-
Candi Jawi

Candi ini terletak di pertengahan jalan raya antara Kecamatan Pandaan – Kecamatan Prigen dan Pringebukan. Candi Jawi banyak dikira sebagai tempat pemujaan atau tempat peribadatan Buddha, namun sebenarnya merupakan tempat pedharmaan atau penyimpanan abu dari raja terakhir Singhasari, Kertanegara. Sebagian dari abu tersebut juga disimpan pada Candi Singhasari. Kedua candi ini ada hubungannya dengan Candi Jago yang merupakan tempat peribadatan Raja Kertanegara.

———————-

Candi Singhasari
Candi Singhasari dibangun sebagai tempat pemuliaan Kertanegara, raja terakhir Singhasari


Peninggalan kerajaan Singhasari – Prasasti

Prasasti Manjusri
Prasasti Manjusri merupakan manuskrip yang dipahatkan pada bagian belakang Arca Manjusri, bertarikh 1343, pada awalnya ditempatkan di Candi Jago (sekarang tersimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris D. 214). Candi Jago atau Candi Tumpang atau Candi Jinalaya (pura) merupakan tempat asalnya patung Manjusri ini. Candi tersebut mula-mula didirikan atas perintah raja Kertanagara untuk menghormati ayahandanya, raja Wisnuwardhana yang mangkat pada tahun 1268.

———————–
Prasasti Singosari
Prasasti Singosari. Prasasti Singhasari, yang bertarikh tahun 1351 M, ditemukan di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan sekarang disimpan di Museum Gajah. Ditulis dengan Aksara Jawa. Prasasti ini ditulis untuk mengenang pembangunan sebuah caitya atau candi pemakaman yang dilaksanakan oleh Mahapatih Gajah Mada.


Sumber / Source

– Sejarah kerajaan Singhasari: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Singhasari
Sejarah kerajaan Singhasari: http://sejarahbudayanusantara.weebly.com/kerajaan-singasari.html
– Sejarah kerajaan Singhasari: http://www.gurusejarah.com/2015/01/kerajaan-singhasari.html
Daftar Raja kerajaan Singhasari: link
– Nama raja kerajaan Singhasari: http://www.artikelsiana.com/2014/11/nama-raja-raja-kerajaan-singasari.html#

Peninggalan kerajaan Singhasari: http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/12/peninggalan-kerajaan-singasari-5-candi.html
– Prasasti dan candi peninggalan kerajaan Singhasari: https://ulvaladiartygoblog.wordpress.com/2015/11/05/prasasti-prasasti-kerajaan-singasari/


Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: