Minangkabau, Suku / Sumatera – Sum. Barat

Minangkabau meliputi daratan Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan Negeri Sembilan di Malaysia.

Peta yang menunjukan wilayah penganut kebudayaan Minangkabau di pulau Sumatera.


* Foto foto Suku Minangkabau: link

* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Tentang Suku Minangkabau

Masyarakat Minang merupakan bagian dari masyarakat Deutro Melayu (Melayu Muda) yang melakukan migrasi dari daratan China Selatan ke pulau Sumatera sekitar 2.500–2.000 tahun yang lalu. Diperkirakan kelompok masyarakat ini masuk dari arah timur pulau Sumatera, menyusuri aliran sungai Kampar sampai ke dataran tinggi yang disebut darek dan menjadi kampung halaman orang Minangkabau. Beberapa kawasan darek ini kemudian membentuk semacam konfederasi yang dikenal dengan nama luhak, yang selanjutnya disebut juga dengan nama Luhak Nan Tigo, yang terdiri dari Luhak Limo Puluah, Luhak Agam, dan Luhak Tanah Data. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kawasan luhak tersebut menjadi daerah teritorial pemerintahan yang disebut afdeling, dikepalai oleh seorang residen yang oleh masyarakat Minangkabau disebut dengan nama Tuan Luhak.

Sementara seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan penduduk, masyarakat Minangkabau menyebar ke kawasan darek yang lain serta membentuk beberapa kawasan tertentu menjadi kawasan rantau. Konsep rantau bagi masyarakat Minang merupakan suatu kawasan yang menjadi pintu masuk ke alam Minangkabau. Rantau juga berfungsi sebagai tempat mencari kehidupan, kawasan perdagangan. Rantau di Minangkabau dikenal dengan Rantau Nan Duo terbagi atas Rantau di Hilia (kawasan pesisir timur) dan Rantau di Mudiak (kawasan pesisir barat).

Pada awalnya penyebutan orang Minang belum dibedakan dengan orang Melayu, namun sejak abad ke-19, penyebutan Minang dan Melayu mulai dibedakan melihat budaya matrilineal yang tetap bertahan berbanding patrilineal yang dianut oleh masyarakat Melayu umumnya. Kemudian pengelompokan ini terus berlangsung demi kepentingan sensus penduduk maupun politik.


Sumber

Tentang Suku Minangkabau: https://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Minangkabau
– Tentang Suku Minangkabau: http://suku-dunia.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-suku-minangkabau.html
Kategori suku-suku di Minangkabau: https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Suku-suku_di_Minangkabau
Tentang Suku Minangkabau: http://deutromalayan.blogspot.co.id/2012/10/suku-minangkabau.html
Budaya matrilineal dan merantau dalam suku Minangkabau: http://www.beastudiindonesia.net/budaya-matrilineal-dan-merantau-dalam-suku-minangkabau/
Sejarah suku Minangkabau: http://www.pelangiholiday.com/2013/12/asal-usul-sumatera-barat-sejarah.html


 ——————————————————————————————————————————–

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: