Palanro, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – wilayah kota Pare Pare

Kerajaan Palanro terletak di Sulawesi, wilayah kota Pare Pare, prov. Sulawesi Selatan.

The kingdom of Palanro is located on Sulawesi, region of the city of Pare Pare, prov. South Sulawesi.
For english, click here

Lokasi Pare Pare


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Tentang kerajaan Palanro

Pada abad-19 Mallusetasi masuk Onder Afdeling Parepare, yang terdiri dari beberapa kerajaan-kerajaan Lili (kelompok/baca Terbentuknya Kecamatan Mallusetasi) diantaranya: Kerajaan Nepo, Palanro, Bojo, Bacukiki (sekarang masuk wilayah Parepare).

Pada abad itu terjadi perkawinan seorang pria berdama La Samaili dari penduduk kerajaan Palanro dengan seorang perempuan bernama I Makkatutu penduduk kerajaan Nepo. Kedua orang ini berlatar belakang rumpun keluarga baik-baik.
Dari hasil perkawinan ini lahirlah dua orang keturunan, 1(satu) orang perempuan bernama I Balobo dan 1(satu)orang laki-laki bernama La Tanring. Semenjak lahir kedua anak tersebut selalu diasuh oleh pasangan hidup ini dengan penuh rasa cinta dan sayang dan tetap rukun dan dalam dalam rumah tangga, sejahtera pada tahap kehidupan masyarakat pada ukuran pola hidup dan penghidupan masa dulu. Kedua orang ini masih memliliki sawah dan kebun luas warisan dari orang tuanya.
Pada masa itu, dikedua kerajaan ini (Palanro dan Nepo), sekolah belum didirikan. Gedung Sekolah Rakyat pertama didirikan hanya kelas I sampai kelas III pada tahun 1924 di Palanro, sedangkan tokoh tersebut diatas hidup dalam kurun waktu 1870 – 1905. Tokoh ini terdidik oleh lingkungan keluarga dan alam. Ditempah oleh alam dengan segala kodratnya.

Waktu itu rakyat kerajaan Nepo dan kerajaan Palanro hidup berdampingan secara damai. Segala permasalahan diselesaikan dengan hasil permufakatan. Tambah lagi setelah lahirnya I BALOBO dan LA TANRING yang ayahnya dari kerajaan Palanro dan ibunya dari kerajaan Nepo. Segala pekerjaan yang dirasa berat oleh satu pihak seperti mendirikan rumah, menanami sawah dan lain-lain dikerjakan secara gotong royong. Makin lama tambah rukunlah hubungan dari rakyat kerajaan Nepo dan Palanro. Segala pekerjaan mereka hadapi dengan gotong royong, semangat inilah yang masih melekat dan mendarah daging sampai sekarang.

Sejarah lengkap Palanro: http://wahidkurniaone.blogspot.co.id/2012/09/sejarah-daerah-palanro.html

Kerajaan di Sulawesi, 1909


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber

– Sejarah kerajaan Palanro: http://wahidkurniaone.blogspot.co.id/2012/09/sejarah-daerah-palanro.html
– Kerajaan Nepo: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sulawesi/nepo-kerajaan/


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: