Keraton bekas kerajaan Caruban Nagari / Prov. Jawa Barat – kab. Cirebon

Keraton Dalem Agung Pakungwati yang terletak di Kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon , Jawa Barat.

Lokasi kab. Cirebon


Kerajaan Caruban Nagari: link


Sejarah Keraton Dalem Agung Pakungwati

Keraton Dalem Agung Pakungwati di Kota Cirebon, Jawa Barat ini menjadi awal berdirinya Keraton atau Kasultanan Cirebon dan Banten.

Keraton Dalem Agung Pakungwati yang terletak di Kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat ini menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah yang masih ada.
Pada tahun 1452 M. setelah istri Pangeran Cakrabuana yang bernama Dewi Indangayu melahirkan seorang Putri pertama yang bernama Ratu Mas Pakungwati, Pangeran Cakrabuana membangun sebuah Keraton yang diberi nama Keraton Pakungwati, maka sejak tahun 1454 M.

Pangeran Cakrabuana adalah salah satu keturunan Raja Pajajaran Prabu Siliwangi. Sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati. Dimana karena rasa cinta dan kasih sayangnya yang mendalam terhadap putri sulungnya mendorong Pangeran Cakrabuana memberikan nama keraton yang pertama di Cirebon ini dengan nama Pakungwati.

Di Komplek Keraton Dalem Agung Pakung Wati terdapat tiga bangunan, yakni Petilasan Pangeran Cakrabuana, Petilasan Sunan Gunung Jati dan rumah Pengeran Cakrabuana. Petilasan ini pada masanya digunakan untuk perundingan tingkat tinggi para wali serta untuk mengatur strategi perang. Selain itu terdapat Sumur Upas yang diartikan sebagai racun. Konon di sumur inilah dahulu prajurit keraton merendam pusakan kerajaan dengan racun untuk digunakan melawan penjajah. Sumur Upas ini juga lebih dikenal dengan nama Sumur Soka karena berada persis di bawah pohon soka besar.


Foto foto Keraton Dalem Agung Pakungwati


—————————-

Petirtaan didalam kompleks keraton


—————————

Bangunan siti hinggil keraton Pakungwati dibangun oleh Cakrabuana, 1430

—————————-

Petilasan Pangeran Cakrabuana

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: