Parit Batu, kerajaan / Prov. Sumatera Barat – kab. Pasaman Barat

Kerajaan Parit Batu terletak di Gunung Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, provinsi Sumatera Barat, yang berpusat di Nagari Lingkuar Aur Simpang Empat.
Kerajaan ini kerajaan Suku Minangkabau.

The kingdom of Parit Batu was located on Sumatera, Kabupaten Pasaman Barat, provinsi Sumatera Barat.
This kingdom was a kingdom of the Minangkabau People.
For english, click here

Kabupaten Pasaman Barat, prov. Sumatera Barat


* Foto foto situs kuno, suku-suku di Sumatera, Sumatera dulu: link


Tentang raja sekarang (2019)

Ahli waris Kerajaan Daulat Parit Batu yang ke VII, yaitu Tuanku Hendri Eka Putra, S.E Daulat Yang Dipertuan Parit Batu Pucuk Adat Pasaman.

Yang di pertuan Daulat Parit Batu Pasaman, TK. Hendri Eka Putra.


Tentang kerajaan Parit Batu

Kerajaan Daulat Parit Batu terletak diantara dua sungai yaitu sungai Patoman dan sungai Tipo. Berdirinya Kerajaan Daulat Parit Batu ini tidak diketahui secara pasti. Namun jika melihat data sejarah dan silsilah kerajaan Parit Batu, yang raja-rajanya semuanya bergelar Tuanku, maka kerajaan Parit Batu ini berdiri pada periodesasi Islam di Sumatera Barat. Indikasinya karena gelar Tuanku di Minangkabau  merupakan gelar tertinggi dari seorang yang mendapatkan pendidikan agama di surau.

Menurut ahli waris Kerajaan Daulat Parit Batu yang ke VII, yaitu Tuanku Hendri Eka Putra, S.E  Daulat Yang Dipertuan Parit Batu Pucuk Adat Pasaman, Kerajaan Daulat Parit Batu ini merupakan bagian dari Kerajaan Pagaruyung di Batusangkar. Kerajaan Daulat Parit Batu ini merupakan perpanjangan tangan dari Kerajaan Pagaruyung didaerah Pasaman yang rajanya dilantik oleh Raja Pagaruyung dan ditunjuk sebagai raja rantau yang menjadi wakil Kerajaan Pagaruyung di daerah Pasaman. Hal ini karena daerah Pasaman merupakan daerah yang sangat strategis, yang terletak di dipesisir pantai yang  mempunyai pelabuhan-pelabuhan seperti Sasak dan Air Bangis. Pelabuhan ini sering dikunjungi oleh pedagang dan pendatang yang berasal dari luar, sehingga wilayah ini merupakan wilayah yang ramai pada masa itu. Kedua pelabuhan ini merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Daulat Parit Batu, sehingga daerah ini sangat berpotensi untuk pemasukan dana kerajaan yang berasal dari cukai (pajak) dari kapal atau pedagang yang masuk kedaerah ini. Dengan demikian perkembangan dan kelangsungan Kerajaan Pagaruyung terutama tentang pemasukan dana dan perluasan kekuasaan.

Peta yang menunjukan wilayah penganut kebudayaan Minangkabau di pulau Sumatera.


Situs Bekas Kerajaan Daulat Parit Batu

Situs Bekas Kerajaan Daulat Parit Batu hanya menyisakan tanggul berupa susunan batu kali dengan denah empat persegi panjang berukuran Panjang 132 m dan lebar 88 m. Menurut ahli waris Kerajaan Daulat Parit Batu yang ke VII, yaitu Tuanku Hendri Eka Putra, S.E Daulat Yang Dipertuan Parit Batu Pucuk Adat Pasaman, dahulunya bangunan istana terletak di dalam areal tanggul ini.
Benteng Parit Batu dikenal juga dengan nama Kampung Lama Parit Batu. Situs ini terletak 500 m dari jalan raya yang menghubungkan Simpang Empat dengan jalan menuju Air Bangis.

Situs Kerajaan Daulat Parit Batu, Pasaman Barat


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan Parit Batu menurut ahli waris Kerajaan Daulat Parit Batu yang ke VII, yaitu Tuanku Hendri Eka Putra: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/situs-bekas-kerajaan-daulat-parit-batu/
– Sejarah kerajaan Parit Batu: http://www.duakotopas.com/2013/12/pasaman-dari-daulat-yang-dipertuan.html
– Sejarah kerajaan Parit Batu: https://pesona-minangkabau.blogspot.nl/2017/02/kerajan-kerajaan-yang-pernah-ada-di.html


Foto foto

Situs Kerajaan Daulat Parit Batu, Pasaman Barat

—————————-
Situs Kerajaan Daulat Parit Batu, Pasaman Barat