Lubuk Tarok, nagari / Prov. Sumatera Barat

Nagari Lubuk Tarok terletak di Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Nagari ini memiliki kerajaan yang bernama Kerajaan Jambu Lipo. Hingga kini masih terdapat raja yang memimpin di daerah ini.

Kerajaan Jambu Lipo: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sumatera/jambu-lipo-kerajaan-pagaruyung/

Lokasi Kabupaten Sijunjung


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


Video sejarah kerajaan / kesultanan di Sumatera

* Video sejarah kerajaan di Sumatera, 75.000 SM – sekarang: link
* Video sejarah kerajaan di Sumatera Utara, 0 M – sekarang: link
*
Video sejarah kerajaan di Sumatera Barat, 0 M – sekarang, link


Sejarah Nagari Lubuk Tarok

Nagari Lubuk Tarok adalah gabungan dari Koto Tuo Muaro Kurimo yang dipimpin oleh Datuk Paduko Rajo dengan Kerajaan Jambu Lipo yang dipimpin oleh Rajo Tigo Selo, sehingga Nagari Lubuk Tarok disebut dengan Koto Tuo Muaro Kurimo basentak Mudiek, Halaban Muaro Sibaku basentak Hilie dengan susunan pemerintahan Ninik Mamak Datuk Nan Salapan, Rajo Tigo Selo Sambilan Jo Urang Tuo.

Jadi Nagari Lubuk Tarok telah berdiri lebih kurang 525 Tahun yang lalu dengan kelarasan “Pisang Sikolek – kolek Hutan , Pisang Timbatu Nan Bagota, Koto Pilaing inyo bukan , Bodi Caniago inyo ontah tapi samo dipakai kaduonyo” , artinya Nagari Lubuk Tarok tidak menganut satu Kelarasan tapi memakai dari kedua kelarasan yang ada di Minangkabau

Dengan pertemuan dua pemimpin tersebut maka ditatalah / disusunlah bentuk Nagari Lubuk Tarok mana yang untuk Pemukiman dan yang mana untuk daerah Pertanian dan Perkebunan dan segala fasilitas Nagari secara bertahap dilengkapi seperti Rumah Adat dari masing – masing Datuk , Surau dan Jalan dalam kampung serta Mesjid sehingga penduduk bisa hidup dan berkembang dengan aman , sentosa pembagian lahan tersebut sudah diperuntukkan bagi semua Ninik Mamak serta cucu kemenakannya sehinnga diantaranya bisa hidup rukun dan damai.
– Sumber: https://lubuktarok.desa.id/?page_id=10

Objek budaya yang dapat dikunjungi di Nagari Lubuk Tarok adalah Istana Kerajaan Jambu Lipo yaitu Istana Kalambu Suto, Makam Raja Jambulipo 1 dan 2, dan Rumah Gadang 13 ruang Suku Dalimo.

Istana Kalambu Suto


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: