Japura, kerajaan / Prov. Jawa Barat – kab. Cirebon

Kerajaan Japura. Kawasan Teluk Agung Muara Jati di Desa Nanggerang, Kabupaten Subang diyakini sebagai bekas Kerajaan Japura yang berdiri di abad ke-14.

The Kingdom of Japura was located on Jawa; it covered the District of Astana Japura, Sindanglaut and Ciledug (entered into the area of Cirebon Regency now).
For english, click here

Lokasi kab. Cirebon


* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link

* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link

* Foto situs kuno di Jawa: link


Sejarah kerajaan Japura

Kawasan Teluk Agung Muara Jati di Desa Nanggerang, Kabupaten Subang diyakini sebagai bekas Kerajaan Japura yang berdiri di abad ke-14.
Kerajaan ini meliputi wilayah Kecamatan Astana Japura, Sindanglaut dan Ciledug (masuk ke dalam wilayah Kabupaten Cirebon sekarang).

Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Prabu Amuk Marugul (putra Haliwungan / Prabu Susuktunggal, Raja Sunda ke-34). Dikisahkan, Amuk Marugul pernah bertarung dengan Jayadewata (Prabu Siliwangi) dalam sayembara untuk memperebutkan Ratu Subanglarang (Puteri Ki Gedeng Tapa dari Kerajaan Sing Apura). Dan ternyata kesaktian Amuk Marugul tidak mampu menandingi ajian Maung Pajajaran milik Prabu Jayadewata, sehingga akhirnya Subanglarang menikah dengan Prabu Jayadewata pada tahun 1422.

Akhir dari kerajaan Japura ketika terjadi pertempuran sengit dengan kerajaan Singapura untuk memperebutkan pelabuhan Japura yang waktu itu seramai pelabuhan Sunda Kelapa. Dalam pertempuran itu, kerajaan Japura kalah dan harus merelakan kerajaannya diambil alih oleh Kerajaan Singapura. Demikian berakhirlah riwayat dari Kerajaan Japura.


Situs kerajaan Japura

Namun bedasarkan tempat yang tak begitu jauh dari situs Astana Japura, maka sebagian warga menyimpulkan bahwa Candi adalah peninggalan Kerajaan Japura. Seperti tercatat dalam sejarah bahwa sebelum berdirinya kesultanan Pakungwati Cirebon, di wilayah Cirebon berdiri beberapa kerajaan seperti, Indraprahasta, Wanagiri, Mertasinga/singapura, Carbon Girang dan Japura.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah kerajaan Japura: http://westjavakingdom.blogspot.co.id/2011/07/kerajaan-japura.html
– Situs kerajaan Japura: http://saunggaluh.blogspot.co.id/2012/01/situs-kerajaan-japura.html
Sejarah kerajaan Japura: http://blog-urangsunda.blogspot.com/2013/06/mengungkap-jejak-kerajaan-japura-di.html


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: