Japura, kerajaan / Prov. Jawa Barat – kab. Cirebon

Kerajaan Japura meliputi wilayah Kecamatan Astana Japura, Sindanglaut dan Ciledug (masuk ke dalam wilayah Kabupaten Cirebon sekarang). Wilayah Japura tidak terlalu luas seperti Galuh atau Sunda, mengingat Japura adalah kerajaan di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran.

The Kingdom of Japura was located on Jawa; it covered the District of Astana Japura, Sindanglaut and Ciledug (entered into the area of Cirebon Regency now).
For english, click here

Lokasi kab. Cirebon


* Foto situs kuno di Jawa: link
* Foto Jawa dulu: link


Sejarah kerajaan Japura

Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Prabu Amuk Marugul (putra Haliwungan / Prabu Susuk Tunggal, Raja Sunda ke-34). Kesaktianya mengantar dirinya hingga menjadi fiinalis dalam sebuah sayembara memperebutkan Nyi Mas Subang Larang. Namun kesaktian yang dimilikinya tak mampu mengalahkan Prabu Jayadewata Pamanah Rasa (Prabu Siliwangi) sehingga Prabu Jayadewata lah yang berhasil menikahi Nyi Mas Subang Larang.

Akhir dari kerajaan Japura ketika terjadi pertempuran sengit dengan kerajaan Singapura untuk memperebutkan pelabuhan Japura yang waktu itu seramai pelabuhan Sunda Kelapa. Dalam pertempuran itu, kerajaan Japura kalah dan harus merelakan kerajaannya diambil alih oleh Kerajaan Singapura. Demikian berakhirlah riwayat dari Kerajaan Japura.
Demikianlah sejarah dan perkembangan dari terbentuknya sejarah dan cerita artikel diatas. Tulisan ini di ambil dari keturunan, pembesar sumber-sumber tokoh masyarakat yang telah diwawancarai, kitab-kitab sejarah, buku, dan artikel yang terkait.


Situs kerajaan Japura

Namun bedasarkan tempat yang tak begitu jauh dari situs Astana Japura, maka sebagian warga menyimpulkan bahwa Candi adalah peninggalan Kerajaan Japura. Seperti tercatat dalam sejarah bahwa sebelum berdirinya kesultanan Pakungwati Cirebon, di wilayah Cirebon berdiri beberapa kerajaan seperti, Indraprahasta, Wanagiri, Mertasinga/singapura, Carbon Girang dan Japura.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah kerajaan Japura: http://westjavakingdom.blogspot.co.id/2011/07/kerajaan-japura.html
– Situs kerajaan Japura: http://saunggaluh.blogspot.co.id/2012/01/situs-kerajaan-japura.html