Malayapura, kerajaan / Prov. Sumatera Barat – kab. Dharmasraya

Kerajaan Malayapura merupakan kelanjutan dari kerajaan Dharmasraya di Sumatera. Kerajaan ini didirikan oleh Adityawarman pada 1347 di bekas wilayah kerajaan Dharmasraya.  Dalam perjalanan sejarah kerajaan ini, Adityawarman kemudian memindahkan ibukotanya ke daerah pedalaman Minangkabau yang kemudian dikenal juga dengan kerajaan Pagaruyung.

Lokasi kab. Dharmasraya


Sejarah kerajaan Malayapura

Kerajaan Malayapura merupakan kelanjutan dari kerajaan Dharmasraya di Sumatera. Kerajaan ini didirikan oleh Adityawarman di bekas wilayah kerajaan Dharmasraya. Dari bukti sejarah yang ditemukan, ia menjadi penguasa Malayapura Swarnnabhumi atau Kanakamedini pada 1347 dengan gelar Maharajadiraja Srimat Sri Udayadityawarma Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa.  Setelah memindahkan pusat pemerintahan ke daerah pedalaman Minang, Adityawarman menyusun sistem pemerintahannya mirip dengan sistem pemerintahan yang ada di Majapahit[23] pada masa itu dan menyesuaikannya dengan karakter dan struktur kekuasaan kerajaan Dharmasraya dan Sriwijaya  Di kemudian hari ibukota kerajaan yang berada di Dharmasraya dipindahkan ke daerah pedalaman Minangkabau.

Wilayah Dharmasraya

Para ahli sejarah memperkirakan Adityawarman dilahirkan dan dibesarkan di kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raden Wijaya (1294-1309). Disebutkan bahwa Adityawarman adalah saudara sepupu dari Jayanagara, yang merupakan raja kedua Majapahit, anak dari Raden Wijaya.

Keduanya merupakan keturunan raja Melayu dari kerajaan Dharmasraya. Jayanagara dilahirkan oleh Dara Petak, sedangkan Adityawarman dilahirkan oleh Dara Jingga. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa Adityawarman dan Jayanagara adalah saudara seayah, karena Raden Wijaya memperistri Dara Jingga dan Dara Petak.
– Sumber dan lengkap: https://kumparan.com/potongan-nostalgia/hubungan-kerajaan-malayapura-dan-kerajaan-majapahit


Hubungan kerajaan Malayapura dan kerajaan Majapahit

Untuk hubungan kerajaan Malayapura dan kerajaan Majapahit, klik di sini


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sumber

– Adityawarman: https://id.wikipedia.org/wiki/Adityawarman
– Sejarah kerajaan Malayapura di Wiki: https://id.wikipedia.org/wiki/Malayapura
Sejarah kerajaan Malayapura: http://wartasejarah.blogspot.com/2013/10/kerajaan-malayapura.html
Hubungan kerajaan Malayapura dan kerajaan Majapahit: https://kumparan.com/potongan-nostalgia/hubungan-kerajaan-malayapura-dan-kerajaan-majapahit