* Bali – Intervensi belanda / Puputan Klungkung 1908

Intervensi Belanda di Bali tahun 1908 menandakan fase akhir kekuasaan kolonial Belanda di pulau Bali. Inilah intervensi militer ketujuh sekaligus terakhir di Bali, setelah intervensi tahun 1906.

9 kerajaan di Bali, around 1900. Badung in the south.


* Foto foto intervensi belanda 1908: link


Intervensi belanda, Puputan 1908

Intevensi ini terjadi akibat pemberontakan penduduk Bali terhadap upaya Belanda menerapkan monopoli opium yang menguntungkan Belanda. Raja Karangasem menentang monopoli dan mencetuskan kerusuhan di Kerajaan Klungkung, ibu kota Karangasem. Kerusuhan juga terjadi di Gelgel, ketika penduduk Bali membunuh seorang pedagang opium dari Jawa.

Dewa Agung, raja Klungkung, 1908

Belanda mengirimkan pasukannya untuk memadamkan pemberontakan. Di Gelgel, aksi mereka menewaskan 100 orang Bali dan memaksa Raja mengungsi ke Klungkung. Belanda kemudian membombardir kota Klungkung.

Pada konfrontasi akhir tanggal 18 April 1908, Dewa Agung Jambe, Raja Klungung, dibantu 200 pengikutnya, berbaris keluar dari istananya dengan pakaian putih dan dipersenjatai keris untuk memecah belah musuh sesuai ramalan. Keris tersebut gagal memenuhi ramalan dan Raja sendiri malah ditembak oleh tentara Belanda. Segera, ke-6 istri raja melakukan bunuh diri atau puputan, yaitu bunuh diri dengan keris sendiri, diikuti penduduk Bali lainnya.

Belanda membakar habis Istana Kerajaan. Setelah Klungkung berada di bawah kendali Belanda, Raja Bangli tunduk dan pada Oktober 1908 bernegosiasi untuk dijadikan protektorat Belanda seperti Gianyar dan Karangasem. Peristiwa tersebut mengakhiri pemberontakan penduduk Bali terhadap Belanda.


Sumber

– Puputan Klungkung, 1908: https://en.wikipedia.org/wiki/Puputan#1908_Klungkung_puputan
– Puputan Klungkung, 1908: http://www.balisaja.com/2013/04/puputan-klungkung-dharmaning-ksatria.html
Mengenang 106 tahun perang Puputan Klungkung: http://www.klungkungkab.go.id/index.php/baca-artikel/4/Mengenang-106-Tahun-Perang-Puputan-Klungkung-Bali
– Kronologi perang Puputan Klungkung, 1908: http://www.kabardewata.com/berita/berita-utama/sosial/begini-kronologi-perang-puputan-klungkung-28-april-1908.html?pg=5#.V5CtdhISzIU
———————————————————————————————————————

 

Advertisements

Blog at WordPress.com.