Medang Kamulan, kerajaan / Prov. Jawa Timur – Muara Sungai Brantas

Kerajaan Medang Kamulan adalah kerajaan yang menjadi kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah. Kerajaan Medang Kamulan berdiri tahun 929 dan didirikan oleh Mpu Sendok.
Lokasi Kerajaan Medang Kamulan ini berlokasi di muara Sungai Brantas. Dan kerajaan Medang Kamulan bercorak Hindu-Buddha.

Muara Sungai Brantas


* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link

* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link

* Foto situs kuno di Jawa: link


Sejarah kerajaan Medang Kamulan, abad ke-10

Dilansir dalam ‘Mengenal Kerajaan-kerajaan Nusantara’ oleh Deni Prasetyo, sebagai raja pertama dari Kerajaan Medan Kamulan, Mpu Sindok memerintah dengan adil dan bijaksana. Untuk mensejahterakan rakyatnya, Mpu Sindok membangun bendungan dan tanggul untuk perairan.

Mpu Sindok yang memerintah hingga tahun 947 akhirnya digantikan oleh putrinya bernama Sri Isyana Tunggawijaya yang kemudian menikah dengan Raja Lokapala. Dari perkawinannya lahir seorang anak laki-laki bernama Makutawangsawardhana yang kemudian naik tahta menggantikan ibunya.

Ia memiliki putri bernama Mahendradatta yang terkenal cantik. Ia pun kemudian menikah dengan Raja Udayana dari keluarga Warmadewa yang kala itu memerintah di Bali. Keduanya dianugerahi seorang putra bernama Airlangga.

Airlangga pun berusaha memulihkan kejayaan Dinasti Isana tahun 1031 dengan memproklamasikan diri sebagai raja. Istana Medang Kamulan pun telah hancur, Airlangga kemudian memindahkan pusat kerajaannya di Kahuripan.

Airlangga berhasil membangun pelabuhan Hujung Galuh untuk mengembangkan perdagangannya. Pembuatan tanggul-tanggul di sepanjang Sungai Brantas juga memudahkan kapal besar masuk ke kotaraja Kahuripan.


Raja raja kerajaan Medang Kamulan

1) Mpu Sindok merupakan Raja pertama di Kerajaan Medang Kamulan. Mpu Sindok memerintah selama 20 tahun. Ia dibantu oleh permaisurinya bernama Sri wardhani Pu Kbin. Saat memerintah, Mpu Sindok bergelar Sri Maharaja Raka i Hino Sri Isyana Wikrama Dharmatunggadewa.

2) Dharma Teguh. Setelah Mpu Sindok, Medang Kamulan diteruskan oleh Dharma Teguh yang juga merupakan cucu dari Mpu Sindok. Selama memerintah, ia berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

3) Airlangga adalah putera Raja Bali bernama Udaya yang menikah dengan Mahendradatta saudari raja Dharmawangsa. Air Langga dinikahkan oleh Dharmawangsa. Pada waktu pesta pernikahan, secara tiba-tiba datang serangan dari kerajaan Wura Wuri (kerajaan bawahan Sriwijaya) yang menewaskan Dhramawangsa dan keluarga.Ketika terjadi peristiwa tersebut, Air Langga lolos dari pembu.nuhan. Atas bantuan Narattoma berhasil melarikan diri ke hutan. Selama di pengasingan, Air Langga mendapat gemblengan dari para Brahmana dan dinobatan menjadi raja. Akhir Langga berusaha memulihkan kewibawaan Kerajaan Medang. Secara berturut-turut Air Langga berhasil menaklukan raja-raja bawahan (vassal) Sriwijaya seperti Bisaprabhawa ditaklukan tahun 1029 M, raja Wijayawarman dari Wengker tahun 1034, Raja Adhamapanuda tahun 1031 M termasuk Wura Wuri tahun 1035. Setelah berhasil memulihkan kewibawaan kerajaan, Air Langga memindahkan ibukota kerajaan Medang ke Kahuripan.


Peninggalan kerajaan Medang Kamulan

Prasasti Mpu Sindok
dari desa Tangeran menyatakan Mpu Sindok memerintah bersama permaisurinya Sri Wardhani Pu Kbin.

———————

Prasasti Candi Lor
Prasasti Anjuk Ladang adalah piagam batu berangka tahun 937 M atau 935 M yang dikeluarkan oleh Raja Sri Isyana (Pu Sindok) dari Kerajaan Medang setelah pindah ke bagian timur Pulau Jawa. Prasasti ini juga disebut Prasasti Candi Lor karena ditemukan pada reruntuhan Candi Lor, di Desa Candirejo, Loceret, Nganjuk.

———————

Prasasti Tengaran
Prasasti Tengaran terbuat dari batu andesit dan sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Prasasti yang dijadikan tetenger desa ini, merupakan peninggalan Kerajaan Mdang periode Jawa Timur era Raja Mpu Sindok.


Sumber

– Sejarah kerajaan Medang Kamulan: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5056301/mengenal-kerajaan-medang-kamulan-yang-pernah-ada-di-jawa-timur
– Sejarah kerajaan Medang Kamulan: https://yousosial.blogspot.com/2017/03/kerajaan-medang-kamulan.html
– Sejarah kerajaan Medang Kamulan: http://sejarahindonesiadahulu.blogspot.com/2016/12/sejarah-berdirinya-kerajaan-medang.html


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: