Siladendeng, kerajaan / P. Lombok – prov. Nusa Tenggara Barat

Kedatuan (Kerajaan) Sasak Siladendeng terletak di pulau Lombok. Kerajaan ini berdiri abad ke-10 (?).

The principality (Kedatuan) of Siladendeng was located on Lombok.
For english, click here

pulau Lombok

———————————-
Lokasi pulau Lombok


* Video interview Perwakilan Kerajaan Siledendeng, 2013: link

* Foto foto intervensi belanda di Lombok, 1894: link
* Foto foto suku Sasak: link
* Foto foto situs kuno di pulau Lombok: link


Tentang Datu Kedatuan Siladendeng (2019)

Raden 2019: Raden Th. Lalu Putra dari Siladendeng.

Raden Th. Lalu Putra dari Siladendeng


Sejarah Kedatuan Siladendeng

Wawancara Lalu Muhammad Putri, S.Pd., M.Pd. Oleh Juru cakap Lucky & Liyya (2018)
http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/ntb/files/exo2018.pdf

Kerajaan Siladendeng salah satu kerajaan sasak di Lombok Tengah, tak ada lagi sebuah istana megah yang terbangun dan tak ada lagi pemerintahan yang dijalankan. Tapi kerajaan ini tetap terbangun, tetap  berdiri  kokoh  dan menjaga silsihan kerajaan yang ada dengan tujuan utama melestarikan kebudayaan kearifan lokal sasak. Adalah Datu Muter Jagad, Datu’ Sila Dendeng atau yang lebih dikenal dengan nama H. Lalu  Muhammad Putria, S.Pd., M.Pd. sosok Datu’ keturunan garis lurus dari Raja Sila Dendeng yang aktif dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal sasak, dengan senang berbagi hati bersama juru cakap dari  BPKP Provinsi NTB bercerita suka.

Sejarah awal mula kerajaan Siladendeng di Bumi Sasak.
Kerajaan Siladendeng salah satu kerajaan tertua di pulau Lombok, yang dipimpin oleh Raja pertamanya yaitu De   Nek Mas Betare Pangeran Luwih, dengan tiga putra yang kemudian menyebar ketiga daerah yang berbeda.
De Nek Mas Betare Indra Sakti menjadi Raja di Klungkung, De Nek Mas Betare Kerta Jale menjadi Raja di Goa dan  De Nek Mas Betare Tanton Naleh menetap di kerajaan Sila  Dendeng. Jadi sebenarnya kami semua dari tiga kerajaan ini masih satu becanah atau satu trah, yang memimpin di daerah berbeda.

Proses pengakuan kerajaan Siladendeng
Tahun 2004 Lembaga Penelitian dan Pengkajian Keraton Nusantara memverifikasi eks kerajaan yang ada di Nusantara, salah satunya Kerajaan Siladendeng di Lombok yang pertama kali lolos verifikasi. Semua berkas-berkas kerajaan dan bukti-bukti bekas kerajaan masih ada, tersimpan dan dapat diuji. Berdasarkan Permendagri Nomor  039 tahun 2007 tentang Fasilitasi Lembaga Adat dan Keraton Nusantara, dibentuk suatu Forum Silaturahmi Keraton  Nusantara dan saya sebagai ketua untuk wilayah Nusa Tenggara Barat.
Kerajaan yang tergabung dalam forum ini antara lain Kesultanan Dompu, Kesultanan Bima, dan kesultanan Sumbawa. Apa yang mendorong Kerjaan Siladendeng untuk tetap eksis di masyarakat? Kami  memiliki  keinginan untuk menunjukkan harkat, martabat, marwah, silsilah, wasilah dari eks kerajaan yang pernah ada. Dan juga dalam  rangka pertahankan nilai-nilai budaya Sasak.

Raja Siladendeng, 2019


Sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok permulaan

Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu.

Di Lombok, dalam perkembangannya meninggalkan jejak berupa empat kerajaan utama saling bersaudara, yaitu Kerajaan Bayan di barat, Kerajaan Selaparang di Timur, Kerajaan Langko di tengah, dan Kerajaan Pejanggik di selatan. Selain keempat kerajaan tersebut, terdapat kerajaan-kerajaan kecil, seperti Parwa dan Sokong serta beberapa desa kecil, seperti Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan, Samarkaton dan Kentawang. Seluruh kerajaan dan desa ini selanjutnya menjadi wilayah yang merdeka, setelah kerajaan  Majapahit runtuh. Di antara kerajaan dan desa itu yang paling terkemuka dan paling terkenal adalah Kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan Lombok.


Kajian tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok

Untuk kajian ini, klik di sini


Peta kuno Lombok

Untuk peta kuno lokasi pulau Lombok, abad ke-15, 1660, 1683, 1683, 1725, 1800-an, klik di sini

Lokasi Lombok, tahun 1660


Sumber kedatuan / kerajaan kuno di Lombok

– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://suparmanol.blogspot.co.id/2010/12/sejarah-kedatuan-sasak.html
– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html
– Sejarah kerajaan di Lombok: http://melayuonline.com/ind/history/dig/307/kerajaan-lombok
– Sejarah pulau Lombok di Wiki:  https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Lombok#Sejarah


Raja Siladendeng


 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s