Pejanggik, kerajaan / P. Lombok – prov. Nusa Tenggara Barat

Kerajaan Pejanggik terletak di pulau Lombok, di kecamatan Praya Tengah, kabupaten Lombok Tengah. Kerajaan ini berdiri abad ke-14 sampai abad ke-17.

The principality of Pejanggik was located on the island of Lombok.
For english, click here

Lokasi Pejanggik, kecamatan Praya Tengah, pulau Lombok

——————————-

Lokasi pulau Lombok


* Foto kerajaan Pejanggik: di bawah

* Foto foto intervensi belanda di Lombok, 1894: link
* Foto foto suku Sasak: link
* Foto foto situs kuno di pulau Lombok: link


Tentang raja

Pewaris / Chief Dinasty kedatuan Pejanggik (2021): Pangeran Maspanji Lalu Satria Wangsa.


Sejarah kerajaan Pejanggik

Sejarah lengkap kedatuan Pejanggik: http://sasakadie.blogspot.co.id/2016/03/kerajaan-pejanggik.html

Pada tahun 1417 Deneq Mas Pengendengan Segara Katon melepaskan jabatannya, dan digantikan oleh Puteranya Deneq Mas Komala Jagat (1417-1462). yang nantinya Deneq Mas Komala Jagat mendirikan Kerajaan Selaparang.
Dalam usia 63 tahun (tahun 1417) Deneq Mas Pengendengan Segara Katon pergi menyepi ke Rembitan bersama seorang puteranya yang masih kecil bernama Deneq Mas Komala Sempopo berusia 7 tahun. Selama 35 tahun melakukan Tapa Brata di Rembitan dan usia 98 tahun (1453) Deneq Mas Pengendengan Segara Katon tutup usia, Sesuai dengan keyakinan agama yang dianut pada waktu itu maka Deneq Mas Pengendengan Segara Katon dipelebon dengan upacara ngaben. Pada tahun 1458 dan 5 tahun sesudah wafatnya Deneq Mas Pengendengan Segara Katon, Deneq Mas Komala Sempopo mendirikan Kerajaan Pejanggik, yang mempunyai urutan pemerintahan sebagai berikut:
1-Deneq Mas Komala Dewa Sempopo (1458-1518)
2-Deneq Mas Komala Sari  (1518-1586)
3-Deneq Mas Unda Putih (1586-1649)
4-Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari. (1649-1667)
5-Maspanji Meraja Sakti (1667-1696)

Kakak Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari yang bernama Pemban Mas Aji Komala dilantik sebagai raja muda dan mewakili Gowa di Sumbawa pada tangga13 November 1648 .Dan Maspanji Meraja Sakti Putranya Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala dilantik menjadi Raja Pejanggik,pada tahun 1667 dan seorang putranya lagi diangkat menjadi Mahamenteri bernama Maspanji Komala Patria

Keruntuhan

Pada tahun 1692 terjadi pemberontakan sama Arya Banjar Getas. Arya Banjat Getas meminta bantuan kerajaan Karangasem Bali, sehingga Pejanggik dapat dikalahkan. Raja Pejanggik ditawan dan diasingkan, kemudian meninggal dunia di Ujung Karangasem. Sedangkan para bangsawan banyak yang melarikan diri ke Sumbawa. Penyerangan Karangasem bukan hanya ke Pejanggik tetapi terus dilanjutkan ke kerajaan Parwa, Sokong, Langko, dan Bayan. Semua kerajaan menyerah tanpa perlawanan yang berarti. Setelah Anak Agung Karangasem bersekutu dengan Arya Banjar Getas, satu persatu kedemungan se-Lombok digempur. Akhirnya pada tahun 1740 seluruh pulau Lombok dapat ditaklukkan.
– Sumber dan lengkap: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html

Istana datu Pejanggik di Lombok. Bale Beleq Pejanggik yang diragukan keasliannya karena telah mengalami pemugaran, sekarang dijadikan sebagai musholla oleh masyarakat setempat. Sumber: satria wangsa, FB.


Raja-raja kerajaan Pejanggik

1) 1458-1518: Deneq Mas Komala Dewa Sempopo
2) 1518-1586: Deneq Mas Komala Sari
3) 1586-1649: Deneq Mas Unda Putih
4) 1649-1667: Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari.
5) 1667-1696: Maspanji Meraja Sakti
6) Kakak Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari yang bernama Pemban Mas Aji Komala dilantik sebagai raja muda dan mewakili Gowa di Sumbawa pada tangga1 30 November 1648. Sejak itulah tercatat bahwa kerajaan Pejanggik mulai mengalami perkembangan.

– Sumber: https://agusyulionopati.blogspot.co.id/2017/02/makalah-kerajaan-kerajaan-di.html

Makam Serewa, makam raja2 Pejanggik.


Daftar dan sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok

1) Daftar kerajaan-kerajaan di Lombok

Kerajaan Arya Banjar Getas
Kerajaan Batu Dendeng
Kerajaan Bayan
Kerajaan Karangasem Lombok
Kerajaan Kedaro
Kerajaan Kediri
Kerajaan Kerekok
Kerajaan Kuripan
Kerajaan Laeq
Kerajaan Langko
Kerajaan Lombok
Kerajaan Mataram
Kerajaan Muter
Kerajaan Padukuhan Panutan
Kerajaan Pagesangan
Kerajaan Pagutan
Kerajaan Pamatan
Kerajaan Pejanggik
Kerajaan Perigi
Kerajaan Pujut
Kerajaan Sakra
Kerajaan Sasak
Kerajaan Selaparang
Kerajaan Sengkongo
Kerajaan Siladendeng
Kerajaan Sokong
Kerajaan Suwung
Kerajaan Tela

2) Sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok

– Kajian lengkap tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok, klik di sini

———————————–

Cerita di bawah dari beberapa sumber sejarah.

Menurut Babad Lombok, kerajaan tertua di pulau Lombok bernama kerajaan Laeq. Tapi, sumber lain, yaitu Babad Suwung menyatakan bahwa kerajaan tertua di Lombok adalah kerajaan Suwung yang dibangun dan diperintah oleh Raja Betara Indera. Setelah kerajaan Suwung ini surut, baru muncul kerajaan Lombok.

Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu.

Pada awalnya, kerajaan yang berdiri adalah kerajaan Laeq. Diperkirakan, posisinya berada di kecamatan Sambalia, Lombok Timur. Dalam perkembangannya, kemudian terjadi migrasi, masyarakat Laeq berpindah dan membangun sebuah kerajaan baru, yaitu kerajaan Pamatan, di Aikmel, desa Sembalun sekarang.
Suatu ketika, Gunung Rinjani meletus (abad ke-13), menghancurkan desa dan kerajaan yang berada di sekitarnya. Para penduduk menyebar menyelamatkan diri ke wilayah aman. Perpindahan tersebut menandai berakhirnya kerajaan Pamatan.

Setelah Pamatan berakhir, muncullah kerajaan Suwung yang didirikan oleh Batara Indera. Lokasi kerajaan ini terletak di daerah Perigi saat ini. Setelah kerajaan Suwung berakhir, barulah kemudian muncul kerajaan Lombok. Seiring perjalanan sejarah, kerajaan Lombok kemudian mengalami kehancuran akibat serangan tentara Majapahit pada tahun 1357 M. Raden Maspahit, penguasa kerajaan Lombok melarikan diri ke dalam hutan. Ketika tentara Majapahit kembali ke Jawa, Raden Maspahit keluar dari hutan dan mendirikan kerajaan baru dengan nama Batu Parang. Dalam perkembangannya, kerajaan ini kemudian lebih dikenal dengan nama kerajaan Selaparang.

Menurut Djelenga, ekspedisi Majapahit ini meninggalkan jejak kerajaan Gel Gel di Bali. Sedangkan di Lombok, berdiri empat kerajaan utama yang saling bersaudara, yaitu: kerajaan Bayan di barat, kerajaan Selaparang di Timur, kerajaan Langko di tengah, dan kerajaan Pejanggik di selatan. Selain keempat kerajaan tersebut, terdapat beberapa kerajaan kecil, seperti Parwa dan Sokong Samarkaton serta beberapa desa kecil, seperti Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan, dan Kentawang. Seluruh kerajaan dan desa ini takluk di bawah Majapahit. Ketika Majapahit runtuh, kerajaan dan desa-desa ini kemudian menjadi wilayah yang merdeka.

Kerajaan Selaparang terbagi dalam dua periode:
– pertama, periode Hindu yang berlangsung dari abad ke-13 M, dan berakhir akibat ekspedisi kerajaan Majapahit pada tahun 1357 M;
– dan kedua, periode Islam, berlangsung dari abad ke-16 M, dan berakhir pada abad ke-18 (1740 M), setelah ditaklukkan oleh pasukan gabungan kerajaan Karang Asem, Bali dan Banjar Getas.

Pada awal abad ke-18 M, Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. Muncul kerajaan Karangasem Lombok (1740-1838) dan kerajaan Mataram (1838-1894). Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat. Lombok berhasil bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan kerajaan Selapang (Lombok Timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur, terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa.

Intervensi Belanda di Lombok (kerajaan Mataram, 1838-1894) terjadi pada tahun 1894, dan merupakan bagian dari serangkaian intervensi Belanda di Bali dan sekitarnya, yang pada akhirnya menjadikan di Bali dan Lombok terkolonisasi secara penuh sebagai bagian dari Hindia Belanda pada awal abad ke-20.


Kajian lengkap tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok

Kajian lengkap tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok: klik di sini

Lombok sebelum perang 1891

merah = bali
biru = sasak

1111 LOMBOK sebelum perang 1891 goed


Peta kuno Lombok

Untuk peta kuno lokasi pulau Lombok, abad ke-15, 1660, 1683, 1683, 1725, 1800-an, klik di sini

Lokasi Lombok, tahun 1660


Sumber kerajaan Pejanggik

– Sejarah kedatuan Pejanggik: https://sasaqgagah14.wordpress.com/2016/03/13/meluruskan-sejarah-pemban-pejanggik-evolusi-kekuasaan-di-lombok/
– Sejarah kedatuan Pejanggik:  http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html
Sejarah Pejanggik: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kerajaan-pejanggik.html
– Sejarah Datu Pejanggik: http://sejarahgumisasak.weebly.com/datu-pejanggik.html
– Makam Seriwe, datu Pejanggik:
http://allaboutsasak.blogspot.co.id/2012/12/makam-seriwe.html
– Desa Pejanggik: http://allaboutsasak.blogspot.co.id/2013/04/desa-pejanggik-desa-budaya.html
– Tentang Pejanggik dan Selaparang: link

Sumber kedatuan / kerajaan kuno di Lombok

– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://suparmanol.blogspot.co.id/2010/12/sejarah-kedatuan-sasak.html
– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html
– Sejarah kerajaan di Lombok: https://oediku.wordpress.com/2010/12/29/sejarah-dan-asal-usul-lombok/
– Sejarah kerajaan di Lombok: http://www.lomboksociety.web.id/2018/02/sejarah-lombok.html

—————
Facebook: Satria Wangsa


Foto

Kiri: YM Pangeran Lalu Satria Wangsa, Kedatun Pejanggik Lombok. 2015

——————————–
Pejanggik, Lombok – Datu Pejanggik di sambut dengan upacara kebesaran. 2015.  Sumber foto: satria wangsa, FB

Pejanggik, Lombok - Datu Pejanggik di sambut dengan upacara kebesaran. 2015

———————————
Palace of the datu of Pejanggik on Lombok. – Sumber: satria wangsa, FB. —  Bale Beleq Pejanggik yang diragukan keasliannya karena telah mengalami pemugaran, sekarang dijadikan sebagai musholla oleh masyarakat setempat.

Palace of the datu of Pejanggik on Lombok. - satria wangsa, fb

——————————–
Makam Serewa, makam raja2 Pejanggik.

 

—————————
Makam Seriwe memang tidak sepopuler Makam Selaparang atau yang lain. namun di sinilah tempat bersemayam Seorang yang gagah perkasa dulu yang memimpin sebuah kerajaan Pejanggiq. Sumber: http://allaboutsasak.blogspot.co.id/2012/12/makam-seriwe.html


2 Comments

2 thoughts on “Pejanggik, kerajaan / P. Lombok – prov. Nusa Tenggara Barat

  1. habibi

    apakah benar lalu satria wangsa punya gelar bangsawan lalu???? kalau benar beliau dapat dari mana, asal usul keturunannya apakah ada garis keturuanannya dengan datu pejanggik/Denek Durme???

    • Sultans in Indonesia

      KYT,

      Terima kasih atas mail anda.
      Kami terima dulu mail dari Satria Wangsa, bilang dia Pewaris / Chief Dinasty kedatuan Pejanggik.
      Bukti tidak ada.

      Dengan hormat,
      Penerbit website,
      Paul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: