Sabak, kerajaan / Sumatera – Prov. Jambi, wil. Muara Sabak

Kerajaan Sabak atau sering disebut Zabag atau Muara Sabak terletak di Sumatera, prov. Jambi, kota Muara Sabak. Sabak adalah sebuah kerajaan kuno yang menurut beberapa sumber berada di perairan antara Tiongkok dan India. Beberapa studi menghubungkan kerajaan ini dengan Sriwijaya, dan memperkirakan lokasinya berada di suatu tempat di Sumatra, Jawa, atau Semenanjung Malaya.
Kerajaan ini berdiri abad ke-7.

The kingdom of Sabak (or Zabag or Muara Sabak) is located on Sumatera, prov. Jambi, city of Muara Sabak. Sabak was an ancient kingdom that according to some sources was located between China and India. Some studies link this kingdom to Srivijaya, and suggest its location to be somewhere in Sumatra, Java, or the Malay Peninsula.
This kingdom existed in the 7th century.
For english, click here

Lokasi Muara Sabak


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


Video sejarah kerajaan / kesultanan di Sumatera

* Video sejarah kerajaan di Sumatera, 75.000 SM – sekarang: link
* Video sejarah kerajaan di Sumatera Utara, 0 M – sekarang: link
*
Video sejarah kerajaan di Sumatera Barat, 0 M – sekarang, link


Sejarah kerajaan Sabak, abad ke-7

Sabak (Bahasa Inggris: Zabag; Bahasa China: 阇婆 atau 闍婆 “She-bó”, “Shepo”; bahasa Sanskerta: Javaka; bahasa Arab: الزابج “Zabaj”) adalah sebuah kerajaan kuno yang menurut beberapa sumber berada di perairan antara Tiongkok dan India.
Beberapa studi menghubungkan kerajaan ini dengan Sriwijaya, dan memperkirakan lokasinya berada di suatu tempat di Sumatra, Jawa, atau Semenanjung Malaya. Beberapa sejarahwan Indonesia mengatakan Zabag sama dengan Sabak (Muara Sabak), sebuah kerajaan yang terletak di muara sungai Batang Hari, Jambi. Ada juga yang memperkirakan Sabak terletak di Jawa, bukan Sriwijaya karena Sabak dicatat menganeksasi Sriwijaya, dan ukuran Sabak hanya setengah dari ukuran pulau yang disebut Ramni (Sumatra).

Nama dan lokasi pasti dari kerajaan Sabak masih menjadi bahan perdebatan diantara para peneliti. Beberapa ada yang mengajukan Kalimantan dan Filipina sebagai pusat kerajaan Sabak.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan Sabak: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Sabak
– Muara Sabak dalam catatan sejarah: http://musri-nauli.blogspot.nl/2015/09/muara-sabak-dalam-catatan-sejarah.html
– Muara Sabak dalam catatan sejarah: http://rosenmanmanihuruk.blogspot.nl/2015/09/muara-sabak-dalam-catatan-sejarah.html


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: