Sindangkasih, kerajaan / Prov. Jawa Barat – kab. Majalengka

Kerajaan Sindangkasih (sudah ada abad ke-16) merupakan Kerajaan Hindu terakhir di wilayah Majalengka. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1480, di Desa Sindangkasih (3 Km dari kota Majalengka ke Selatan) dengan daerahnya meliputi Sindangkasih, Kulur, Kawunghilir, Cieurih, Cicenang, Cigasong, Babakanjawa, Munjul dan Cijati.

Lokasi kab. Majalengka, Jawa Barat


* Foto situs kuno di Jawa: link
* Foto Jawa dulu: link


Tentang kerajaan Sindangkasih

Raja dari Kerajaan Sindangkasih yang terkenal adalah bernama Nyi Ambet Kasih (istri Prabu Sliliwangi) yang masih teguh memeluk Agama Hindu. Kerajaan ini juga merupakan kerajaan bawahan dari kerajaan Pajajaran.

Pada saat Pajajaran runtuh, Kerajaan Sindangkasih beralih statusnya menjadi kerajaan dibawah kekuasaan kerajaan Sumedanglarang. Namun, pada perkembangan selanjutnya, tepatnya pada tahun 1583, wilayah Kerajaan Sindangkasih diserahkan Sumedanglarang pada Kesultanan Cirebon dikarenakan untuk mencegah pertikaian yang lebih besar antara Sumedanglarang dengan Kesultanan Cirebon.

Asal usul

Kerajaan Sindangkasih keberadaanya hanya dikaitkan dengan proses penyebaran Islam dari Cirebon. Ternyata penelusuran sejarah keberadaan Sindangkasih seharusnya dari Kerajaan Sumedang Larang dan Kerajaan Galuh. Sindangkasih disebutkan dalam Naskah Sunda Kuno (NSK) oleh Undang A Darsa sebagai salah satu dari 73 Ke-Mandala-an Sunda di Tatar Pasundan. Mandala adalah tempat suci keagamaan bagi Urang Sunda. Selain itu, tempat suci juga ada yang disebut dengan Kabuyutan. Di Tatar Pasundan, terdapat 800 Kabuyutan.

Sindangkasih adalah ke-Raja Mandala-an seperti tertulis dalam sejarah Kerajaan Tarumanagara. Bagi masyarakat awam seringkali menyamakan istilah ka-Mandala-an atau Kabuyutan dengan kerajaan. Serta pemimpin Mandala sering disebut Rajaresi, selain Rajamandala.
– Untuk lengkap, klik di sini


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah kerajaan Sindangkasih: http://westjavakingdom.blogspot.com/2011/07/kerajaan-sindangkasih.html
– Sejarah kerajaan Sindangkasih: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Sindangkasih