Koto Alang, kerajaan / Sumatera – Prov. Riau, kab. Kuantan Singingi

Kerajaan Koto Alang berdiri sekitar abad ke-2. Adalah sebuah kerajaan yang berdiri di atas keruntuhan Kerajaan Kandis di Sumatera, kab. Kuantan Singingi, prov. Riau.
Berdasarkan Tambo Kenegerian Koto Lubuk Jambi Gajah Tunggal, kerajaan Koto Alang adalah pengembangan dari Kerajaan Kandis, “Pada masa jayanya Kerajaan Kandis banyak terjadi perebutan kekuasaan dari orang-orang yang merasa mampu, mereka ingin merebut kekuasaan dan akhirnya memisahkan diri dari Kerajaan Kandis,” kata Datuk Tomo. Maka berdirilah Kerajan Koto Alang pada tahun ke 2 M, Rajanya bergelar Aur Kuning, ia mempunyai Patih (Wakil Raja) dan Temenggung (Penasehat Raja).

The kingdom of Koto Alang: existed in the 2nd century. It was build on the ruins of the kingdom of Kandis. Sumatera, District of Kuantan Singingi, Prov. of Riau.
For english, click here

Kabupaten Kuantan Singingi, prov. Riau, Sumatera


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sejarah / History kerajaan Koto Alang

Kerajaan Kandis diperkirakan berdiri pada 1 Sebelum Masehi, mendahului berdirinya Kerajaan Moloyou atau Dharmasraya di Sumatera Tengah. Dua tokoh yang sering disebut sebagai Raja Kerajaan Kandis adalah Patih dan Tumenggung.

Maharaja Diraja pendiri kerajaan Kandis membangun sebuah istana yang megah di Bukit Bakau yang dinamakan dengan Istana Dhamna. Putra Maharaja Diraja bernama Darmaswara dengan gelar Mangkuto Maharaja Diraja (Putra Mahkota Maharaja Diraja) dan gelar lainnya adalah Datuk Rajo Tunggal.
Kemudian berdiri pula kerajaan Koto Alang di Botung (Desa Sangau sekarang) dengan Raja Aur Kuning sebagai Rajanya.

Sisa kerajaan Koto Alang

Dengan berdirinya kerajaan-kerajaan baru, maka mulailah terjadi perebutan wilayah kekuasaan yang akhirnya timbul peperangan antar kerajaan. Kerajaan Koto Alang memerangi kerajaan Kancil Putih, setelah itu kerajaan Kandis memerangi kerajaan Koto Alang dan dikalahkan oleh Kandis. Kerajaan Koto Alang tidak mau diperintah oleh Kandis, sehingga Raja Aur Kuning pindah ke daerah Jambi, sedangkan Patih dan Temenggung pindah ke Merapi.
Tidak lama kemudian, pembesar-pembesar kerajaan Kandis mati terbunuh diserang oleh Raja Sintong dari Cina belakang, dengan ekspedisinya dikenal dengan ekspedisi Sintong. Tempat berlabuhnya kapal Raja Sintong, dinamakan dengan Sintonga. Setelah mengalahkan Kandis, Raja Sintong beserta prajuritnya melanjutkan perjalanan ke Jambi.

– Sumber sejarah lengkap: Wiki
Sumber sejarah lengkap: link


Situs Kerajaan

Situs Kerajaan Koto Alang ini telah sangat lama terlupakan. Hanya beberapa Tokoh adat yang tetap menjaganya. Walau dijaga, tetap saja tak lepas dari tangan jahil yang suka memperjual belikan Benda Cagar Budaya (BCB) yang terdapat di lokasi Situs Kerajaan Koto Alang ini.

Sumber: http://riau-global.blogspot.co.id/2012/06/kerajaan-koto-alang.html

Sisa kerajaan Koto Alang

Afbeeldingsresultaat voor peninggalan kerajaan koto alang


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber / Source

– Sejarah kerajaan Koto Alang : Wiki
– Sejarah kerajaan Koto Alang:
  http://www.riaudailyphoto.com/2010/04/kerajaan-koto-alang.html
– Sejarah kerajaan Koto alang: https://jendelawaktu.wordpress.com/2010/08/10/kerajaan-koto-alang/
– Sejarah awal kerajaan Minangkabau (Kandis, Koto Alang, Kancil Putih, Pasumayan Koto Batu): http://baripesona.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-kerajaan-minangkabau-episode.html
Situs kerajaan: http://riau-global.blogspot.co.id/2012/06/kerajaan-koto-alang.html


 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s