* FOTO kerajaan Klungkung, Bali

Ir. Tjok. Gde Agung Semaraputra akhirnya dinobatkan menjadi raja Puri Klungkung. Yang mana penobatannya dilaksanakan pada umanis Tumpek Landep (Minggu 10-10-2010). Dalam upacara yang digelar sangat meriah di Puri Klungkung ini, Ida bergelar Ida Dalem Semaraputra.

——————————–

Dewa Agung of Klungkung (kiri) with his recent deceased queen with (kanan) Cokorda Badung-Denpasar, Ida Cokorda Ngurah Jambe Pemecutan / Raja Denpasar IX.

——————————–

YM. Raja Klungkung dan Masyarakatnya menyabut kedatangan rombongan raja dan sultan Nusantara. 2015

——————————–

Prosesi upacara pengabenan untuk permaisuri raja Klungkung, ke-13 yang disebut Pertiwa, dilaksanakan, Minggu (29/6/2014). Upacara berlangsung seharian penuh, mulai pagi dinihari hingga malam.

——————————–

Bangunan Kerta Gosa adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung, yang dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe. Pada jaman dahulu Kerta Gosa adalah tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan dan kemakmuran wilayah kerajaan Bali, atau disebut dengan tempat pengadilan di Bali pada jaman dulu.

——————————–

Dua penasehat ulung Dewa Agung di Klungkung Susuhunan Bali dan Lombok pada bagian kedua abad ke-19 yaitu Dewa Agung Rai dan Pedanda Ida Ketut Pidada.

——————————–

Raja Gianyar, raja Bangli dan raja Klungkung di Puri Agoeng Bangli. 1925

——————————–

Intervensi Belanda di Bali pada tahun 1906 adalah intervensi militer Belanda di Bali, yang menghancurkan kerajaan Bali bagian selatan, Badung dan Tabanan, dan melemahkan kerajaan Klungkung. Ini adalah intervensi militer keenam Belanda di Bali.
Belanda memindahkan pasukan ke Klungkung dan dianggap sebagai serangan terhadap raja Dewa Agung, penguasa nominal dari semua Bali, tetapi akhirnya menahan diri dari itu sebagai Dewa Agung menahan diri dari aksi militer melawan Belanda dan setuju untuk menandatangani perjanjian untuk menghancurkan benteng-bentengnya, memberikan nya senjata api dan meninggalkan pajak impor dan ekspor.

——————————–

Poeri Soesoehoenan Klungkung, Bali. 1908

——————————–

Monument puputan Klungkung


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: