Ifar Besar, kerajaan / Prov. Papua – wilayah Sentani, Jayapura

Ifar Besar adalah kerajaan di wilayah Sentani, yang di kepalai oleh Ondofolo (kepala suku). Suku yang berdiam Ifar Besar adalah suku Sentani.

Wilayah Sentani


* Foto raja-raja di Papua yang masih ada: link
* Foto kerajaan Papua dulu: link
* Foto situs kuno di Papua: link
* Foto suku suku Papua: link


Tentang Ondofolo (kepala pemerintahan / kerajaan) Heaiseai Khabheitelouw, 2021

1 juni 2019
Alfius Imerson Nicolaas Feliyau Yoku akhirnya resmi dinobatkan sebagai ondofolo baru dewan Adat Ifar Besar atau Ondofolo Heaiseai Khabheitelouw, Sabtu (1/6).
Penobatan Nicolaas Joku sapaan akrab pria tambun itu sebagai ondofolo dewan adat Ifar Besar menggantikan sang ayah Albert Joku yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Secara otomatis Tongkat estafet kepemimimpinan ondofolo itu mutlak diturunkan ke Nicolaas yang merupakan putra pertama Alm. Albert Joku. Prosesi dinobatkannya Nicolaas sebagai ondofolo Dewan Adat Ifar Besar itu dilaksanakan secara adat dan budaya setempat. Hadir dalam kesempatan itu ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Demas Tokoro dan sejumlah ondofolo di Sentani.
– Sumber: https://www.ceposonline.com/2019/06/01/alfius-i-n-feliyau-yoku-resmi-dinobatkan-sebagai-ondofolo-ifar-besar/

Foto bersama usai penobatan Alfius Imerson Nicolaas Feliyau Yoku sebagai Ondofolo Heaiseai Khabheitelouw di Obhe Heaiseai Khabheitelouw

———————–

Video penobatan Ondofolo Ifar Besar, 1 juni 2019


Tentang jabatan Ondofolo Ifar Besar

Jabatan Ondofolo itu merupakan jabatan rakyat melekat. Itu bukan untuk kepentingan yang lain tetapi tugasnya untuk mengatur tata tertibnya rakyat, memproteksi masyarakat dalam persekutuan sub-sub suku yang ada. Selain itu ia juga harus melindungi rakyat, melindungi hutan rakyat, melindungi semua binatang yang ada di hutan itu.

“Jadi kampung memiliki wilayah teritorial adat yang dilindungi dan diatur oleh Ondo” kata Demas Tokoro di Obhe Ifar Besar..
Dalam menjalankan tugasnya Ondofolo tidak bekerja sendirian. Tetapi akan dibantu oleh para pembantunya yang disebut khose.

Menurutnya Nicolaas Joku sebagai ondofolo baru di dewan adat Ifar Besar perlu banyak belajar mengenai tatanan adat juga nilai nilai adat. Untuk itu ia meminta kepada para Abuafa yang ada di rumpun Ondofolo untuk bertanggung jawab mengajarkan, membimbing secara terus-menerus sampai yang bersangkutan benar-benar memahami tatanan dan nilai-nilai adat.

“Ondofolo juga harus memberikan kebebasan berekspresi masing-masing harus bekerja sesuai dengan peran dan fungsinya dan tidak boleh keluar dari peranan fungsinya itu,” katanya.

Untuk diketahui, Alm. Albert Joku menduduki jabatan ondofolo Ifar Besar sejak 1990 silam hingga 2019. Ia mengakiri jabatan Ondofolo Ifar Besar setelah meninggal dunia dan untuk menggantikannya diangkatlah anak sulungnya sebagai Ondofolo dewan adat Ifar Besar.

– Sumber: https://www.ceposonline.com/2019/06/01/alfius-i-n-feliyau-yoku-resmi-dinobatkan-sebagai-ondofolo-ifar-besar/


Tentang suku Sentani

Suku Sentani merupakan suku yang berdiam di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura Papua, Provinsi Papua. Terutama di sekitar danau Sentani dan sebagian kotamadya Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 30.000 jiwa.
Saat ini, permukiman suku bangsa ini terpusat di tiga wilayah geografis.
– Pertama, kelompok barat yang terkonsentrasi di Pulau Yonokom. Di pulau ini terdapat beberapa kampung seperti Doyo, Sosiri, Yakonde, dan Dodai. Di daratan sebelah barat pulau ini berdiam suku bangsa Moy di kampung-kampung, seperti Sabron Yaru, Dosai, Waibron dan Maribu. Mereka memakai dialek sendiri.
– Kedua, kelompok timur yang terkonsentrasi di Pulau Asei. Kelompok ini tersebar dalam empat kampung, yaitu Ayapo, Asei Kecil, Waena, dan Yoka.
– Ketiga, kelompok tengah yang terkonsentrasi di Pulau Ifar. Kampung-kampung mereka adalah Kabetrow, Ifar Besar, Ifar Kecil, Siboiboi.
Semua kelompok dikepalai oleh Ondofolo / Ondoafi, kepala pemerintahan suku.

Kampung-kampung dan suku-suku yang disampaikan di atas, berdomisili di Danau Sentani yang berbahasa Sentani.

Daerah suku bangsa Sentani terdapat dua macam sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan formal berupa pemerintahan desa dan sistem pemerintahan non formal, yang disebut pemerintahan adat (tradisional). Pemerintahan desa merupakan pemerintahan paling rendah dalam Negara Kesatuan Republik   Indonesia (NKRI), berada di bawah pemerintahan kecamatan. Pemerintahan adat (tradisional) merupakan pemerintahan asli suku bangsa setempat  (Sentani) yang sudah ada sejak jaman purbakala secara turun temurun.

Suatu kelompok masyarakat di daerah Sentani, yang bersifat genealogis,   teritorial, maupun genealogis-teritorial  (campuran) mempunyai pemerintahan sendiri (pemerintahan adat/tradisional), yang selanjutnya disebut Kampung.
Luas wilayah pemerintahan adat, tidak selamanya sama dengan luas wilayah desa. Kepala pemerintahan adat disebut Yo Ondofolo atau Ondoafi, yang  terkenal  dengan sebutan Ondoafi atau Ondofolo.

Dalam pemerintahan tradisional masyarakat adat Sentani, walaupun  pemerintahan adat itu berdiri sendiri, tetapi mereka mengakui salah satu Ondoafi yang dipandang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi yang disebut Hu Ondofolo atau Hu Ondoafi yaitu Ondofolo/Ondoafi Besar. Sistem pemerintahan model ini disebut sebagai sistem pemerintahan Konfederasi. Pemerintahan Konfederasi terjadi karena suku bangsa Sentani menganut sistem kewarisan mayorat anak pria sulung. Anak pria sulung  dari  istri  pertama yang memperoleh warisan kedudukan Ondoafi. Anak-anak lainnya  mengajak pengikutnya pindah ke tempat lainuntuk mendirikan kampung baru tersebut.

Kepala atau pimpinan pemerintahan disebut Ondoafi/Ondofolo. Ondofolo dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh para Koselo, para ahli, dewan adat  (yonow) dan pembantu pribadi (pesuruh) yang dikenal dengan sebutan Ufoy atau Abu Akho. Ondoafi sebagai kepala pemerintahan adat mempunyai kekuasaan, hak, tugas dan tanggung jawab yang besar.

Semua kelompok dikepalai oleh Ondolofo, kepala suku.
– Struktur pemerintahan system Ondofolo: https://pealtwo.wordpress.com/2020/04/08/bab-iii-struktur-pemerintahan-sistem-ondofolo/


Sumber

– Tentang Ondofolo / Ondoafi: http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/53935
– Tentang Ondofolo / Ondoafi: https://pealtwo.wordpress.com/ondoafi-atau-ondofolo-adalah-kepala-adat-dan-bukan-sebagai-kepala-suku/
– Struktur pemerintahan system Ondofolo: https://pealtwo.wordpress.com/2020/04/08/bab-iii-struktur-pemerintahan-sistem-ondofolo
– Tentang Ondofolo / Ondoafi: https://pealtwo.wordpress.com/ondoafi-atau-ondofolo-adalah-kepala-adat-dan-bukan-sebagai-kepala-suku/
– Prosesi pengukuhan kepala Adat Ondofolo Rothe Renaye: http://www.papuachannel.com/2018/06/12/prosesi-pengukuhan-kepala-adat-ondofolo-rothe-renaye/
– Mengenal penobatan Ondoafi dan tarian perang khas Papua: https://www.merdeka.com/gaya/mengenal-penobatan-ondoafi-tarian-perang-khas-papua-di-fds-2016.html


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: