Ifar Besar, kampung / Prov. Papua – wilayah Sentani, Jayapura

Ifar Besar adalah kampung di wilayah Sentani, yang di kepalai oleh Ondolofo (kepala suku). Suku yang berdiam Ifar Besar adalah suku Sentani.

Wilayah Sentani


* Foto raja-raja di Papua yang masih ada: link
* Foto kerajaan Papua dulu: link
* Foto situs kuno di Papua: link
* Foto suku suku Papua: link


Tentang suku Sentani

Suku Sentani merupakan suku yang berdiam di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Terutama di sekitar danau Sentani dan sebagian kotamadya Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 30.000 jiwa.
Saat ini, permukiman suku bangsa ini terpusat di tiga wilayah geografis.
– Pertama, kelompok barat yang terkonsentrasi di Pulau Yonokom. Di pulau ini terdapat beberapa kampung seperti Doyo, Sosiri, Yakonde, dan Dodai. Di daratan sebelah barat pulau ini berdiam suku bangsa Moy di kampung-kampung, seperti Sabron Yaru, Dosai, Waibron dan Maribu. Mereka memakai dialek sendiri.
– Kedua, kelompok timur yang terkonsentrasi di Pulau Asei. Kelompok ini tersebar dalam empat kampung, yaitu Ayapo, Asei Kecil, Waena, dan Yoka.
– Ketiga, kelompok tengah yang terkonsentrasi di Pulau Ifar. Kampung-kampung mereka adalah Kabetrow, Ifar Besar, Ifar Kecil, Siboiboi.

Semua kelompok dikepalai oleh Ondolofo, kepala suku.
– Struktur pemerintahan system Ondofolo: https://pealtwo.wordpress.com/2020/04/08/bab-iii-struktur-pemerintahan-sistem-ondofolo/


Penobatan Ondofolo Ifar Besar, 2019


 

Blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: