Penggawa Lima, kerajaan / Sumatera – prov. Lampung, kab. Pesisir Barat

Kerajaan Penggawa Lima terletak di Sumatera, prov. Lampung, kab. Pesisir Barat.

Lokasi kab. Pesisir Barat


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sejarah kerajaan Penggawa Lima

Kerajaan Penggawa Lima, didirikan oleh Lumiya Ralang (berasal dari kota besi yang masih keturunan dari Banten) dan lima orang penggawanya dari kepaksian paksi pak Skala Brak.
Mereka adalah perintis pertama yang memulai kehidupan di Krui, mereka menumpas suku Tumi (kubu) dan mendirikan kerajaan yang diberi nama Penggawa Lima.

Kerajaan Penggawa Lima adalah cikal bakal berdirinya daerah Krui, mereka adalah kaum perintis yang pertama kali membuka penghidupan di Krui, walaupun pada saat ini masyarakat Krui sendiri sangat majemuk dan beragam berasal dari berbagai daerah.
Menurut cerita dari nenek moyang yang dituturkan secara turun temurun, penulis mencoba menyusun cerita-cerita yang masih tersebar didalam masyarakat dan merangkainya menjadi tulisan.

Seperti kebanyakan penduduk di daerah Lampung lainnya, nenek moyang orang Krui sebagian besar juga datang dari Skala Brak, tetapi untuk keluarga kerajaan Penggawa Lima nenek moyang mereka berasal dari Banten.
Lampung pada masa lampau merupakan rumah kedua bagi kesultanan Banten, hal ini seperti disebutkan dalam Piagam Bojong, bahwa pada tahun 1500 – 1800 M, Lampung dikuasai oleh Kesultanan Banten.
– Sumber dan lengkap: http://wisatapesisirbarat.blogspot.com/2012/12/silsilah-dan-sejarah-krui-kabupaten.html


Sumber

– Sejarah kerajaan Penggawa Lima: http://wisatapesisirbarat.blogspot.com/2012/12/silsilah-dan-sejarah-krui-kabupaten.html
– Sejarah kerajaan Penggawa Lima: https://wisatakrui.blogspot.com/2016/04/krui-pesisir-barat.html
– Sejarah kerajaan Penggawa Lima: https://waykrui.wordpress.com/about/