Tarowang, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Jeneponto

Kerajaan Tarowang terletak di Sulawesi, prov. Sulawesi Selatan, Kab. Jeneponto.

The kingdom of Tarowang was located on Sulawesi, prov. Sulawesi Selatan, Kab. Jeneponto.
For english, click here

Lokasi kab. Jeneponto


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link

* Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto suku Bugis: link
* Foto suku Toraja: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Sejarah kerajaan Tarowang

Pada zaman dahulu Jeneponto merupakan suatu kerajaan lokal yang besar, yang merupakan kerajaan yang berdiri sendiri dan memiliki 3 kerajaan besar antara lain Arungkeke, Binamu, Tarowang dan Bangkala.

Hanya saja yang paling unik dari 4 kerajaan ini ialah kerajaan Tarowang sebab walaupun pada awalnya ikut pada Gowa kemudian Bone pada akhirnya dia menjadi otonomi dan menjadi kerajaan kecil yang berdiri sendiri.

Pribadi Masyarakat Tarowang percaya bahwa ketika Sriwijaya/Majapahit? yang pasti orang Tarowang mengenalnya sebagai Karaeng Jawa (masih terjadi perdebatan) menguasai atau menaklukkan kerajaan Bantaeng atau Bonthain, terlebih dahulu kapal mereka berlabuh di pelabuhan Tarowang yang dulunya bernama Allu, tempat berlabuh tentara Jawa tersebut bernama Babana Tarowang, mereka di terima oleh raja Tarowang (Karaeng Allu) dan diberi beberapa hektar tanah untuk menetap, tempatnya sekarang menjadi daerah nelayan.

Ternyata dari situlah kerajaan Majapahit/Sriwijaya? mengatur strategi menyerang bantaeng, dan akhirnya Bantaeng kalah dan di jadikan daerah taklukkan Sriwijaya/Majapahit? yang mesti membayar upeti. Setelah mengalahkan Bantaeng, Karaeng Jawaya hendak juga menaklukkan Tarowang tetapi terjadi negosiasi dimana dalam proses penaklukkan tidak dengan perang tapI adu Tubarani (Pasempa).

Maka disepakatilah hal tersebut, jika Sriwijaya/Majapahit? kalah maka dia harus sesegera meninggalkan Tarowang tapi jika Tarowang kalah, Tarowang akan membayar upeti seperti halnya Bantaeng.

Dalam adu Tubarani ternyata Tubarani Tarowang menang maka Sriwijaya/Majapahit? akhirnya pergi meninggalkan Tarowang, hal inilah yang diperingati tiap bulan Sapar setiap tahunnya di Tarowang sebagai hari jadi dan kemenangan, dalam acara tersebut diadakan acara Pasempa (adu manusia) selama 7 malam dan juga arak-arakkan benda pusaka,serta ditampilkan bebrapa budaya tradisional.
– Sumber: https://www.rujukannews.com/04/08/2019/read/berita/daerah/jeneponto/mengenal-sejarah-kabupaten-jeneponto-turatea-sulawesi-selatan.html


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan:Tarowang,_Jeneponto
https://www.rujukannews.com/04/08/2019/read/berita/daerah/jeneponto/mengenal-sejarah-kabupaten-jeneponto-turatea-sulawesi-selatan.html


Peta Sulawesi selatan tahun 1909


 

Blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: