* FOTO kerajaan Mataram kuno

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram.

Candi Prambanan Tickets Exclusive Deal

—————————–

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Borobudur travel | Java, Indonesia - Lonely Planet

—————————–

Situs Ratu Baka (Bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan.
Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu).

Menanti Bentuk Asli Keraton Ratu Boko | Republika Online

—————————–

Candi Sojiwan merupakan cermin dan salah satu bukti kerukunan umat beragama di masa silam. Menurut Prasasti Rukam (907 M), Raja Balitung dari kerajaan Mataram Kuno mempersembahkan bangunan suci yang bercirikan agama Budha untuk neneknya yang sangat dihormati. Raja Balitung beragama Hindu, sedangkan neneknya beragama Budha.

Sojiwan - Wikipedia

—————————–

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Plaosan, si kembar yang menawan - Wego Indonesia Travel Blog

—————————–

Candi Barong adalah candi bercorak Hindu yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman. Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang periode Mataram. Dalam Prasasti Pereng yang berangka tahun 863 M tertulis Rakai Walaing Pu Kumbhayoni memberikan sawah dan dua bukit di Tamwahurang pada tahun 784 Saka atau 860 Masehi. Sawah dan bukit tersebut diberikan untuk pemeliharaan bangunan suci Syiwa yang dinamakan Bhadraloka. Menurut pendapat ahli, bangunan tersebut merujuk kepada Candi Barong.

Candi Barong Yogyakarta Yogya | GudegNet

—————————–

Prasasti Tuk Mas merupakan salah satu prasasti peninggalan masa kerajaan Mataram Kuno di wilayah Jawa Tengah. Prasasti ini ditemukan di daerah kaki Gunung Merbabu tepatnya di Dusun Grabag, Desa Dak Awu, Kabupaten Magelang, terpahat pada sebuah batu yang berada di dekat sumber mata air “Tuk Mas” yang berarti “mata air emas”. Ditulis dalam bahasa Sanskrit dan menggunakan aksara Pallava-Grantha.

INDAH DESAKU: Prasasti Tuk Mas

—————————–

Grobogan lesung tua ditemukan di sawah.
Lokasi: Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Menurut warga, ratusan hektare sawah di lokasi tersebut merupakan bekas peninggalan bangunan Kerajaan Medang Kamulan. Lokasi itu diyakini banyak menyimpan harta benda kerajaan yang terkubur sejak ratusan tahun lalu.

—————————–

Candi Gedong Songo adalah salah satu kekayaan wisata Kota Semarang yang terletak di lereng Gunung Ungaran sebelah selatan kota Semarang, Candi ini termasuk salah satu candi Hindu yang terdapat di Jawa Tengah dan dibangun pada sekitar Abad ke-7 Masehi. Hingga kini bangunan kuno ini masih berdiri tegak diatas gunung Ungaran yang mempunyai ketinggian 2050 DPL. Letaknya yang berada di lereng gunung Ungaran dan berada ditengah-tengah hutan pinus membuat tempat ini sangat indah dipandang mata. Suasana sejuk yang berada disekitar lokasi membuat suasana semakin lekat dengan kemurnian alam pegunungan di daerah tersebut.

Gedong Songo - Wikipedia

—————————–

Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama wenuwana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.

Candi Mendut Sebuah Candi Bercorak Buddha di Jawa Tengah - Jawa Tengah

—————————–

Candi Lumbung adalah salah satu kompleks percandian Buddha yang berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Meskipun demikian, Candi ini telah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Klaten. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Kemegahan Candi Lumbung Prambanan Sleman Jogja Yogyakarta yang ...


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: