* FOTO situs kuno P. Timor

Benteng None

Benteng None peninggalan Kerajaan Amanuban di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) ini lebih tenar di kalangan turis asing, bahkan jadi favorit.
Jangan bayangkan bentuknya seperti benteng-benteng lainnya di Indonesia, seperti Benteng/Fort Rotterdam di Makassar Sulawesi Selatan, atau Benteng Van Der Wijk di Kebumen Jawa Tengah. Benteng None ini jauh lebih kecil, cuma sekitar 80 X 44 m. Area benteng yang lebih mirip kampung adat di tengah kebun ini dipagari tumpukan batu-batu alam. None ini diambil dari nama kampungnya, Kampung None, di Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten TTS.


Benteng Ranu Hitu atau yang biasa dikenal orang-orang lokal sebagai Benteng Lapis 7

Benteng Makes berada di bukit Makes, Desa Dirun, Kecamatan Lakmanen, kabupaten Belu.
Tidak banyak bahkan tidak ada data-data tertulis mengenai Situs Benteng Ranu HItu/Makes, data sejarah mengenai benteng ini lebih banyak didapatkan melalui cerita dari tetua.
Benteng ini bernama Benteng Ranu Hitu atau yang biasa dikenal orang-orang lokal sebagai Benteng Lapis 7, karena berada di atas bukit Makes maka benteng ini juga sering disebut dengan Benteng Makes. Benteng ini adalah benteng utama Kerajaan Dirun pada waktu itu, benteng perang tradisional di pedalaman yang pada saat itu di Timor masih sering terjadi perang antar suku.


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: