Huristak, kerajaan / Sumatera – Sum. Utara, Tapanuli Selatan

Kerajaan Batak Tua, Huristak, terletak di kab. Tapanuli Selatan, prov. Sumatera Utara. Ini kerajaan di Tanah Batak.
Kerajaan ini dimulai jauh dari abad-1 masehi.

Kab. Tapanuli Selatan

Kab. Tapanuli Selatan

Prov. Sumatera Utara

Prov. Sumatera Utara


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sejarah kerajaan Huristak

Akar sejarah kerajaan Huristak dimulai jauh dari abad pertama masehi, di mana telah berdiri kerajaan Batak yang diambil dari kata Pa’ta berkedudukan di Batahan, sekitar kota Natal sekarang. Di masa itu agama yang dianut orang Batak adalah Parmalim, dimana pemimpin agama malim bertindak sebagai penasehat pemerintahan yang berlaku. Dimana raja Batak ketika itu bernama Raja Jolma dengan penasehat Raja Malim.

Kerajaan batak tua yang terletak di Tapanuli Selatan telah menjalin hubungan dagang dengan kerajaan-kerajaan lain seperti kerajaan Ming di China dan kerajaan Cola di India.

Pada tahun 1024, terjadi pertempuran antara kerajaan batak tua dengan Kerajaan Cola, hal ini disebabkan karena ketersinggungan Raja Rajendra Cola Dewa 1 atas hubungan dagang Kerajaan Batak tua dan kerajaan Ming. Pertempuran ini berlangsung selama 5 tahun, dan pada tahun 1029 kerajaan Cola berhasil menguasai daerah tersebut, kerajaan batak tua runtuh, raja negeri batak ditangkap tapi tidak dibunuh dan setahun kemudian pada tahun 1030 pecahan kerajaan batak tua berdiri kembali di Barus , Raja Malim (pimpinan agama Malim di gunung tua), menobatkan menantunya sebagai Raja Mula di kerajaan Batak Barus.


Sumber

– Sejarah kerajaan Huristak: http://showbiz.liputan6.com/read/2423470/kerajaan-huristak-salah-satu-kerajaan-tertua-di-kebudayaan-batak
– Sejarah kerajaan Huristak: http://budaya-info.blogspot.co.id/2013/01/sejarah-batak-dan-kerajaan-yang-pernah.html

Facebook

Kerajaan Huristak di Facebook


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: