Helong, kerajaan / P. Timor – Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Helong berpusat di pulau Timor, wilayah Kupang, prov. Nusa Tenggara timor.
Kerajaan Helong berdiri pada abad ke-16.

Klik foto untuk besar !

Kupang

Kupang

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa Tenggara Timur


* Foto kerajaan-kerajaan Timor: link
*
Foto situs kuno / megalitik di Timor: link


Tentang raja Helong (2017)

Raja Muda Salmon Bislissis adalah kepala utama dalam dinasti Raja-Raja Helong. Kerajaan itu juga disebut Kupang, sebelum Kerajaan bersatu Kupang muncul menjadi ada pada 1917. Kupang dulu dibuat dari bagian barat dari Timor Barat. Kemudian orang Helong hanya memerintah di titik Barat Timor dan di pulau Semau. Setelah kematian Raja Christiaan D. Bissi Lissin pada tahun 1994 tidak ada Raja baru dan persaingan sedikit, siapa yang Royal paling penting dalam dinasti.
Pangeran Salon sekarang yang penting dalam dinasti.

Sumber: http://riaulingga.blogspot.co.id/2005/08/helong-west-timor-ntt.html


Sejarah kerajaan Helong

For english, click here

Pusat pemerintahan kerajaan Suku Helong berada di Oepura. Padahal, di Oepura sendiri kala itu penduduk terbanyak adalah Suku Sabu. “Dulu pusat Kerajaan Helong itu ada di sini. Suku terbanyak waktu itu adalah Sabu. Waktu itu Raja Helong, yakni Kolan mempercayakan salah satu dari mereka bernama Barnemeng untuk mengontrol tuak (pohon lontar, red) yang ada di sini,” katanya seorang tokoh.
Kerajaan Helong yang berpusat di Oepura dulunya mempunyai dua wilayah kekuasaan yaitu yang dipimpin Welhelmus Foenay mencakup Bolok, Kuanheum dan beberapa daerah lainya. Kerajaan Sonbay Kecil yang dipimpin Eben Foenay mencakup Baumata, Oehani, Besmarak, Oben dan Kolhua.

Di pulau Timor sudah berdiri Kerajaan Helong pada abad ke-16. Kerajaan ini didirikan oleh Lisin Bai Sili pada tahun 1516. Menurut catan kerajaan Helong yang didirikan oleh Suku Helong ini berasal dari pulau Seram. Bangsa suku Helong bermigrasi ke pulau Timor, kemudian menetap di desa Bunibaun dan mendirikan kerajaan di Kupang. Lalu suku-suku lain seperti suku Rote, suku Pita’i, suku Taebenu, suku Sonbai dan suku Am’abi mendatangi Kerajaan Helong dan terbesar di wilayah kekuasaan Raja Helong atau yang lebih dikenal dengan raja Kupang ini.
Kupang menjadi federasi pada tahun 1917, terdiri dari kerajaan kecil: Sonbai Kecil, Amabi, AmabiOifetto, Foenay, TaEbenu dan Helong. Raja Don Daud Hanoch Tanof, fetor dari TaEbenu, sebagai penguasa senior yang menjadi raja dari kerajaan bersatu pada tahun 1917.

Peta kerajaan-kerajaan di Timor tahun 1900


Istana kerajaan Helong

Istana Helong


Sejarah Timor

Menurut mitos rakyat setempat, pulau Timor dulunya adalah seekor buaya raksasa. Mitos ini sangat kuat hidup di bagian timur. Orang Timor Leste sendiri menamakan daerahnya secara tak resmi dengan “The Sleeping Crocodille” sang buaya tidur.

Pulau Timor dihuni sebagai bagian dari migrasi manusia yang telah membentuk Australasia secara lebih umum. Pada tahun 2011, bukti ditemukan pada manusia di Timor Timur pada 42.000 tahun yang lalu, di lokasi gua Jerimalai.
Sekitar 3000 SM, migrasi kedua membawa orang Melanesia. Orang-orang Veddo-Australoid sebelumnya mengundurkan diri saat ini ke pedalaman pegunungan. Akhirnya, proto-Melayu tiba dari Cina selatan dan Indocina utara.

Pulau Timor dijajah oleh Portugis pada abad ke-16; mengklaim pada tahun 1520. Para pelaut Portugis mungkin pertama kali tiba di Timor Timur sekitar tahun 1514. Penjelajah Eropa menemui beberapa kerajaan kecil di awal abad ke-16. Yang paling penting adalah Wehale di Timor Tengah.  Pada waktu itu, lereng-lereng bukit diliputi hutan kayu cendana. Perdagangan kayu cendana sangat menguntungkan, dan pohon-pohon ini saja sudah cukup menjadi alasan bagi orang Portugis untuk mendirikan pos perdagangan. Gereja Katolik juga berminat pada daerah itu dan ingin mengirim para misionaris untuk menobatkan penduduk pribumi. Kedua faktor ini menggerakkan orang Portugis untuk mulai menjadikan pulau ini jajahan mereka pada tahun 1556.
VOC Belanda tiba pada tahun 1640, mendesak Portugis ke Timor Lorosa’e dan bentuk koloni Belanda-Timor.
Pertengkaran antara Belanda dan Portugal akhirnya menghasilkan sebuah perjanjian tahun 1859 dimana Portugal menyerahkan bagian barat pulau tersebut ke Belanda.


Peta-peta kuno Timor

Untuk peta kuno Timor tahun 1521, 1550, 1600, 1650, 1733, 1700-an, 1762, 1900: klik di sini

Timor tahun 1521


Sumber

– Sejarah kerajaan Helong: http://kupang.tribunnews.com/2014/03/14/oepura-dulu-jadi-pusat-kerajaan
– Tentang kerajaan Helong: http://sejarahastrologimetafisika.blogspot.co.id/2016/01/raja-amponon-dari-kupang.html
– Sejarah kerajaan Helong: http://kupang.tribunnews.com/2014/03/14/oepura-dulu-jadi-pusat-kerajaan
Tentang raja Helong: http://riaulingga.blogspot.co.id/2005/08/helong-west-timor-ntt.html


Foto foto

Prince Bisslissin, chief dynasty of Kupang Helong. 2005

Prince Bisslissin, chief dynasty of Kupang Helong. 2005

Candidat Raja Helong .,YERMIVED BUNGTILU BISILISIN putra dari Mr johanes Bisilisin.

Candidat Raja Helong ,Yermived Bungtilu Bisilisin, putra dari Mr johanes Bisilisin. Foto 2014


 

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: