Miomaffo, kerajaan / P. Timor – prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Miomaffo terletak di pulau Timor, Kab. Timor Tengah Utara, prov. Nusa Tenggara Timur. Kerajaan Miomaffo bersama kerajaan Mollo dan kerajaan Fatuleu merupakan kerajaan baru di Timor (yaitu Swapraja) en Onderhoorigheden pulau Timor yang di bentuk oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1915.

 Lokasi pulau Timor

——————————–
Lokasi kerajaan Miomaffo dan kerajaan-kerajaan lain di Timor barat, 1911

Kerajaan-kerajaan di Timor barat, 1911


Foto kerajaan-kerajaan di Timor

* Foto raja-raja yang sekarang di Timor: link
* Foto raja-raja yang dulu di Timor: link
* Foto istana kerajaan di Timor: link


KERAJAAN MIOMAFFO

Tentang raja kerajaan Miomaffo

Usif Alfons Kono dari Miomafo. (Sumber: don kusa banunaek, FB)


Sejarah kerajaan Miomaffo

Kerjaan Miomaffo adalah salah satu kerajaan yang ada di Timor Tengah Utara. Raja Oenunu Kono II merupakan raja kedua yang memerintah di kerajaan Miomaffo dari tahun 1907-1920. Ia merupakan putra mahkota dari raja Oenunu Kono I. Dalam melaksanakan pemerintahan Oenunu KonoII dibantu oleh para fetor dan temukung.
Dalam masa pemerintahanya terjadi banyak kemajuan baik itu dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Keadaan ekonomi kerajaan Miomaffo pada masa pemerintahan Raja Oenunu Kono II sangat stabil dimana masyarakat pada waktu itu bekerja sebagai petani lahan basah dan lahan kering.
Masyarakat Miomaffo juga bergerak dibidang peternakan dan kerajinan tangan. Hasil-hasil sawah dan ladang sebagian dipakai untukmemenuhi kebutuhan hidup dan sebagian dipakai untuk dijual atau dibarterkan dengan barang-barang lain. Keadaan politik.

Struktur pemerintahan di kerajaan Miomaffo yaitu Raja/Kornel, fetor-fetor, temukung besar, temukung kecil, nakaf, dan masyarakat atau tob. Raja Oenunu Kono II juga membangun hubungan politik atau politik persaudaraan dengan kerajaan-kerajaan luar. Dari segi sosial budaya, masyarakat Miomaffo diajak untuk saling gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan pekerjaan. Sistem kekerabatan di kerajaan Miomaffo ini didasarkan atas pola perkawinan yang meganut sistem patrilineal yaitu bedasarkan garis keturunan ayah.

Berdasarkan pada BS/Gubernemen nomor 9 – 10 tahun 1915 Onderafdeeling Noord Miden Timor meliputi gabungan tiga wilayah kerajaan/swapraja yaitu swaparaja Miomaffo, Insana dan Biboki. Pusat penyelenggaraan pemerintahan Onderafdeeling Noord Miden Timor berkedudukan di Noeltoko yakni antara tahun 1915 – 1921, kemudian pada tahun 1921 Controleur Pedemors (Pemimpin Oderafdeling) memindahkan pusat penyelenggaraan pemerintahan dari Noeltoko ke Kefamenanu.

Afoean Thaal dari Aplal, bagian kerajaan Miomaffo bersama isteri. Sumber: KITLV, Netherlands

1212

Sesuai ketentuan Pemerintahan Hindia Belanda tentang aturan pemerintahan kerajaan yang diberlakukan bagi semua swapraja yang ada di Timor, setiap onderafdeling dipimpin oleh controleur berkebangsaan Belanda dibantu seorang petugas pangreh praja orang Indonesia. Struktur kekuasaan yang dibentuk pemerintahan Hindia Belanda tersebut dipadukan dengan sisa-sisa struktur pemerintahan asli sehingga mulai dari struktur kekuasaan yang paling tinggi sampai terendah berturut-turut : Controleur kemudian kepala Swapraja, membawahi fetor, kemudian temungkung, membawahi wakil temungkung dan wakil temungkung membawahi rakyat.

Berdasarkan struktur pemerintahan kekuasaan pemerintahan Hindia Belanda tersebut maka Onderafdeeling Noord Miden Timor membawa 3 kepala swapraja, 18 kefetoran dan 176 temungkung.

  • Swapraja Miomaffo (Kepala Swapraja: G. A. Kono) memiliki 8 kefetoran masing-masing kefetoran Tunbaba, Manamas, Bikomi, noemuti, Nilulat, Noeltoko, Naktimun dan Aplal.
  • Swapraja Insana (Kepala Swapraja: L. A. N. Taolin) memiliki 5 kefetoran masing-masing kefetoran Oelolok, Ainan, Maubesi, Subun dan Fafinesu.
  • Swapraja Biboki (Kepala Swapraja: L. T. Manlea) memiliki 5 kefetoran masing-masing kefetoran Ustetu, Oetasi, Bukifan, Taitoh dan Harneno.

Mohamad Hatta berkunjung ke Kupang untuk meminta dukungan bagi kemerdekaan Indonesia dari raja-raja Timor dan kepulauannya, tampak dalam foto: Raja Mollo – Raja Amanuban – Raja Miomaffo – Raja Biboki – Raja Amanatun – Raja Sabu dan – Raja Rote.



Miomaffo pada masa pemerintahan Raja Oenunu Kono II tahun 1907-1920

http://skripsi.undana.ac.id/

Kerjaan Miomaffo adalah salah satu kerajaan yang ada di Timor Tengah Utara. Raja Oenunu Kono II merupakan raja kedua yang memerintah di kerajaan Miomaffo dari tahun 1907-1920. Ia merupakan putra mahkota dari raja Oenunu Kono I. Dalam melaksanakan pemerintahan Oenunu Kono II dibantu oleh para fetor dan temukung. Dalam masa pemerintahanya terjadi banyak kemajuan baik itu dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Keadaan ekonomi kerajaan Miomaffo pada masa pemerintahan Raja Oenunu Kono II sangat stabil dimana masyarakat pada waktu itu bekerja sebagai petani lahan basah dan lahan kering. Masyarakat Miomaffo juga bergerak dibidang peternakan dan kerajinan tangan. Hasil-hasil sawah dan ladang sebagian dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sebagian dipakai untuk dijual atau dibarterkan dengan barang-barang lain. Keadaan politik.

Struktur pemerintahan di kerajaan Miomaffo yaitu Raja/Kornel, fetor-fetor, temukung besar, temukung kecil, nakaf, dan masyarakat atau tob. Raja Oenunu Kono II juga membangun hubungan politik atau politik persaudaraan dengan kerajaan-kerajaan luar.

Dari segi sosial budaya, masyarakat Miomaffo diajak untuk saling gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan pekerjaan. Sistem kekerabatan di Kerajaan Miomaffo ini didasarkan atas pola perkawinan yang meganut sistem patrilineal yaitu bedasarkan garis keturunan ayah.

Kerajaan Miomaffo. Temukung dari Ballo-Miomaffo, 1924


Kefettoran kerajaan Miomaffo

Susunan Swapraja Miomaffo menurut Memorie Controleur H. G. Schulte Nordholt ditahun 1947 Miomaffo terdiri dari Keffetoran:
* Noiltoko: suku-suku didalam Sonaf Us Kono ialah Suan-Taluab-Babu-Bifel dan cabangnya adalah Banu-Ola-Kope-Tafin.
* Ablal: suku-suku Tua-Heni-Banu-Ponis dibawah Us’Bais, menyusul Nafun-Tamelab-Beki-Nali dan cabangnya Tefa-Naben.
* Naktimun: suku-suku Tati-Taek-Luin-Tuindjaas.
* Bikomi: suku-suku Atok-Bana-Lake-Sanak.
* Tunbaba; suku-suku Moni-Nail yaitu suku dari Us’ Sakunab dan Us’Ukat, disamping suku yang lain: Tandja-Neo-Nobe-Netan.
* Nilulat; orang orangnya berasal dari Oekusi.
* Manamas; baru dibentuk tahun 1911, orang-orangnya memberontak dan berperang melawan Portugis dan mengungsi bersama Raja Ambenu, Don No, yang tinggal di Kefamnanu sampai wafat ditahun 1967.
* Noimuti.


SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI TIMOR

Untuk sejarah kerajaan-kerajaan di Timor, klik di sini

Kerajaan di Nusa Tenggara Timur (NTT), 1900 M


Sumber kerajaan Miomaffo

– Sejarah Kab. Timor Tengah Utara: http://www.ttukab.go.id/
Sejarah kerajaan Miomaffo: https://www.wikiwand.com/
Sejarah kerajaan Miomaffo, 1907-1920: http://skripsi.undana.ac.id/

Sejarah kerajaan-kerajaan di pulau Timor

– Sejarah Timor: https://pulautimor.wordpress.com/sejarah-ntt/
– Sejarah Timor: https://id.wikipedia.org/wiki/
– Sejarah Timor: https://p2k.unkris.ac.id/
– Sejarah Timor Tengah: https://www.kompasiana.com/


Kerajaan-kerajaan di Timor barat, 1900 M

Kerajaan-kerajaan di Timor barat, 1900 M


Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: