Pammana, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Wajo

Kerajaan Pammana terletak di kab. Wajo, prov. Sulawesi Selatan.

Lokasi kabupaten Wajo


Datu (raja) kerajaan Pammana

Datu Pammana ke-44: Andi Syahrazad Pallawarukka.

Afbeeldingsresultaat voor kerajaan pammana

Asal usul Datu Pammana

Sebelum menjadi kerajaan pammana di kenal dengan nama kerajaan Cina, pergantian kerajaan Cina menjadi kerajaan Pammana terjadi pada abad ke 15M dan kerajaan Cina di pimpin oleh seorang raja yang sangat bijaksaan bernama Aji Sangaji Pammana; Aji Sangaji Pammana tidak mempunyai keturunan sedangkan beliau sangat di junjung tinggi oleh rakyatnya karna rakyatnya menginginkan raja di kenang sepanjang masa; maka menghadaplah rakyatnya kepada sang datu untuk meminta sesuatu dari datunya yang bisa di kenang sampai ke anak cucunya atau peninggalan yang monumental. Sang datu meminta kepada rakyatnya “kalau kau ingin mengenang saya sepanjang masa gantilah nama kerajaan Cina dan ambil nama saya untuk di abadikan menjadi nama kerajaan” maka pada saat itu pula Cina di ganti menjadi kerajaan Pammana di ambil dari nama belakang sang raja yaitu Aji Sangaji Pammana.
Kemudian rakyat meminta supaya sang raja memilih penggati sendiri karna tidak adanya putra mahkota, maka raja meminta sepeninggalnya nanti ada dua keponakannya yang layak menggantikan kedudukannya sebagai raja antara lain (La Tenri Dolong arung Liu kemudian La Tenri Ranreng arung Baringeng) maka rakyat menhadap kepada arung Matua Latadang pare yang di kenal dengan gelar puang Ri Maggalatung untuk menyampaikan pesan dari rajanya sebelum meninggal; bahwa nama Cina di ganti dengan nama rajanya sedangkan pengganti rajanya di tunjuk salah satu dari dua keponakannya nah itu lah La Tenri Dolong dengan La Tenri Ranreng. La Tenri Rangreng tidak sanggup mengembang amanat dari sang raja maka jatuhlah pilihan kepada La Tenri Dolong arung Liu menjadi raja pertama bergelar datu pammana.


Tentang kerajaan Pammana

Yang disebut Cina Ri Lau adalah Bone sedangkan Cina Riaja itu yang disebut Tanah Ugi.
Jadi disitulah kelahiran tanah bugis yang kemudian hari menyebar ke beberapa daerah yang di diami suku ugi atau bugis.
Menurut Lontara Sukkuna Bugis bahwa
nama Ugi diambil dari nama raja pertama Bina yaitu La Santupugi, akhir kata La Satunpugi adala ugi.
Menurut sebuh lontara Andi Makkaraka Arung Bentempola bahwa nama kedatuan Cina Ri Aja diubah menjadi Pammana yang kemudian disingkat lagi dengan Pammana.

Sumber

– Tentang kerajaan Pammana: https://wajotv.com/asal-mula-kerajaan-cina-pammana/?fbclid=IwAR2G7A7tmQ866WGDaqq-t7vBWli0Ea8AVXqaxgKIk7W_N2z_IkGcCNSdAZE
– Tentang kerajaan Pammana: http://lagosi.blogspot.com/2011/12/asal-mula-kerajaan-pammana.html
– Tentang kerajaan Pammana: https://id.wikipedia.org/wiki/Pammana,_Wajo
– Tentang kerajaan Pammana: books.google.nl/