* FOTO istana di pulau Sumbawa

ISTANA KESULTANAN BIMA

1) Istana Asi Mbojo

Istana Kesultanan Bima atau Asi Mbojo yang dibangun dari tahun 1927 hingga selesai 1930 ini, di rancang oleh arsitek kelahiran Ambon yang bernama Rehatta yang di buang oleh Belanda ke Bima, dan di bantu oleh Bumi Jaro bersama masyarakat, Istana Asi mempunyai makna yaitu tempat mengeluarkan (Asi bahasa Bima berarti mengeluarkan) segala titah dan kebijakan Kesultanan.

Kenapa Istana Bima Disebut ASI ? – Romantika Bima

———————————

2) Istana Asi Bou

Dinamakan ASI BOU karena didirikan belakangan setelah pendirian Istana Bima pada tahun 1927, tepatnya pada masa Pemerintahan Sultan Ibrahim (1881 – 1936). ASI BOU Dibangun untuk putera Mahkota Muhammad Salahuddin. Namun setelah dinobatkan menjadi sultan, Muhammad Salahuddin memilih tinggal di Istana lama.

———————————

3) Istana Asi Pota

Istana ini ditempati oleh para Naib Sultan Bima atau perwakilan Raja Bima yang ada di Manggarai dan sekitarnya. Biasanya yang diangkat sebagai Naib adalah putera Sultan dan keluarga atau kerabat Raja. Diperkirakan pembangunan Asi Pota adalah pada saat ekspansi wilayah kerajaan Bima sejak abad 15.

asi pota1

———————————

4) Istana Asi Kalende

Meskipun kondisinya memprihatinkan, namun Asi Kalende juga merupakan bukti jejak kerajaan dan kesultanan Bima. Asi Kalende diperkirakan Istana tua yang dibangun dan ditempati oleh Ruma Bicara (Perdana Menteri).

Asi Kalende: Istana Kerajaan Bima Pertama | Balai Pelestarian ...


KERAJAAN ENDE

Istana kerajaan Ende

Raja Ende mempunyai istana kerajaan di dalam kota Ende. Di dalam istana tersebut menjadi menjadi tempat tinggal raja bersama keluarganya kala itu. Setelah raja Ende mangkat, istana tersebut didiami oleh keturunan dari raja. Namun seiring waktu berjalan, istana raja kurang mendapatkan perhatian atau perawatan.


KESULTANAN  SUMBAWA

1) Istana Bala Kuning

Istana ini adalah kediaman pribadi Sultan Muhammad Kaharuddin.

Sumbawa, kesultanan Sumbawa / Istana "Bala Kuning" kesultanan ...

———————————

2) Istana Dalam Loka

Istana Sumbawa atau Dalam Loka merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berlokasi di kota Sumbawa Besar. Dalam Loka dibangun pada tahun 1885 oleh Sultan Muhammad Jalalludin III (1883-1931) untuk menggantikan bangunan-bangunan istana yang telah dibangun di tanah tersebut sebelumnya karena telah lapuk dimakan usia bahkan hangus terbakar.

Saksi Tua dari Tengah Pulau Sumbawa | Matakota News

———————————

3) Istana Wisma Praja

Bangunan bersejarah selain Istana Dalam Loka adalah Wisma Praja yang terletak di Brangbara, Sumbawa Besar. Dibangun pada tahun 1932, merupakan tempat kediaman terakhir Sultan Kaharuddin II, dan kemudian menjadi istana Belanda.

Bala Putih Pernah Terdaftar Sebagai Cagar Budaya – Pulau Sumbawa News


KESULTANAN  DOMPU

Asi atau istana Dompu diprediksi dibangun oleh sultan Abdullah II, dan terakhir dibongkar oleh Jepang tahun 1942


—————-
Istana Dompu sekarang

 


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: