Sapanang, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Jeneponto

Kerajaan Sapanang adalah salah satu kerajaan Suku Makassar yang pernah berkuasa di wilayah Kabupaten Jeneponto.

Lokasi Kabupaten Jeneponto


Garis kerajaan-kerajaan di Sulawesi: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sulawesi

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link
* Foto istana kerajaan2 di Sulawesi: link


KERAJAAN SAPANANG

–  Sumber: https://id.wikipedia.org/

Kerajaan Sapanang adalah salah satu kerajaan Suku Makassar yang pernah berkuasa di wilayah Kabupaten Jeneponto. Dalam mitologi masyarakat di Kabupaten Jeneponto, raja pertama kerajaan Sapanang adalah Tumanurung; Tumanurung pertama kali memerintah di Gowa pada tahun 1320 hingga 1345. Informasi tentang kerajaan Sapanang berhubungan erat dengan kerajaan Bangkala. Wilayah kekuasaan kerajaan Sapanang meliputi Sidenre, Binamu, Jeneponto, dan Jeneponto. Kerajaan Sapanang akhirnya menjadi menjadi bagian dari kerajaan Binamu sebelum berada dalam kendali kerajaan Gowa dan kerajaan Tallo.

Kerajaan di Sulawesi selatan, 1800 M

Sulawesi Selatan

Sejarah

Sejarah kerajaan Sapanang tercatat dalam naskah Lontara’ Patturioloang. Naskah ini memberitahukan bahwa kerajaan Sapanang adalah salah satu dari enam kerajaan lokal di wilayah Kabupaten Jeneponto. Sementara itu, narasi tentang kerajaan Sapanang dan kerajaan lokal lain di Kabupaten Jeneponto menjadi tradisi lisan. Penceritaannya disajikan dalam mitologi Tumanurung. Informasi mengenai kerajaan Bangkala sedikit memberikan keterangan mengenai pertautan di kerajaan lain, termasuk Sapanang.

Wilayah kekuasaan

Kerajaan Sapanang merupakan salah satu kerajaan Suku Makassar di wilayah Kabupaten Jeneponto. Kerajaan Sapanang memiliki beberapa wilayah yang menjadi daerah bawahan, yaitu Sidenre, dan Jeneponto. Ketiga daerah ini terletak di hilir Sungai Jeneponto. Setelah kerajaan Sapanang bergabung sebagai bagian dari Perserikatan Binamu, daerah-daerah ini bersama dengan kerajaan Sapanang menjadi daerah bawahan kerajaan Binamu. Pada akhirnya, wilayah kekuasaan kerajaan Sapanang berada dalam kendali kerajaan Gowa dan kerajaan Tallo.

Penguasa

Kerajaan-kerajaan lokal di Jeneponto memiliki mitologi mengenai penguasa pertama mereka. Mereka meyakini bahwa Tumanurung merupakan penguasa pertama. Keyakinan ini juga berlaku di kerajaan Sapanang. Kerajaan Sapanang memiliki sistem pemerintahan dan tradisinya sendiri.

Penguasa pertama Tumanurung

Dalam legenda orang Gowa, diceritakan bahwa raja yang pertama memerintah pertama kali di Kerajaan Gowa adalah Tumanurung Bainea. Ia adalah seorang putri yang turun dari kayangan. Ia sengaja diutus ke Gowa untuk menjadi pemimpin, di mana saat itu Gowa dilanda perang saudara. Tumanurung pertama kali memerintah di Gowa pada tahun 1320 hingga 1345.

Tumanurung Bainea adalah bukan nama asli, nama sebenarnya memang tidak diketahui, sehingga masyarakat saat itu memberinya nama Tumanurung, artinya orang yang turun dari kayangan


KERAJAAN-KERAJAAN DI JENEPONTO

Untuk kerajaan-kerajaan di Jeneponto, klik di sini

Kerajaan-kerajaan di Sulawesi Selatan, abad ke-14 M


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: