Nunusaku, kerajaan / P. Seram – prov. Maluku

Kerajaan Nunusaku adalah salah satu kerajaan besar tertua yang berada di Pulau Seram bahkan keberadaanya diyakini jauh sebelum masehi (SM). Nunusaku merupakan kerajaan yang diyakini sebagai asal usul semua masyarakat adat yang ada di Maluku.

Di Pulau Seram, dulu ada tiga Negeri besar dengan Bangsa Alifuru:
Kerajaan Nunusaku (pertama),
Kerajaan Sahulau,
Kerajaan Sir, yang dirahasiakan (terakhir).

Lokasi pulau Seram

———————

 Pulau Seram


KERAJAAN NUNUSAKU

Tentang kerajaan Sahulau, kerajaan Nunusaku dan kerajaan Sir

Di Maluku, di Pulau Seram, dulu ada tiga Negeri besar dengan Bangsa Alifuru:
Kerajaan Nunusaku (pertama),
Kerajaan Sahulau,
Kerajaan Sir, yang dirahasiakan (terakhir).

Kerajaan Nunusaku

Kerajaan Nunusaku adalah salah satu kerajaan besar tertua yang berada di Pulau Seram bahkan keberadaanya diyakini jauh sebelum masehi (SM). Nunusaku merupakan kerajaan yang diyakini sebagai asal usul semua masyarakat adat yang ada di Maluku.

Kerajaan Nunusaku berdiri setelah banjir bah dasyat menghatam bumi. Sewaktu air bah perlahan-lahan mulai surut pertama-tama yang terlihat seperti gundukan tanah di tengah-tengah samudra gundukan tanah itu seperti membentuk  “NUN SUKUN” (NUN = huruf ke 25 dalam alphabet arab). Ternyata gundukan tanah itu adalah puncak dari sebuah gunung. Mereka pun singgah dipuncak gunung itu dan ketika air benar-benar surut yang masih kokoh berdiri adalah pohon beringin bercabang dua. Mereka pun mendirikan sebuah pemerintahaan ADAT BERSENDIKAN AGAMA. AGAMA BERSENDIKAN FIRMAN-FIRMAN ALLAH SWT. Dari kejadian yang di alami maka kerajaan itu diberi nama NUNUSAKU. Kerana mereka orang pertama yang sampai atau menginjakan kaki di situ maka dengan sendirinya mereka disebut ALIF’URU.

Suku Alifuru

Alfuru—————————

Kerajaan Sahulau

Kerajaan Sahulau. Masa pemerintahaan Kerajaan Nunusaku sangat lama dan wilayah kekuasaan Kerajaan Nunusaku pun cukup besar dan luas. Sampai pada Upu Latu ………… turunan ke beberapa puluh setelah Upu Latu yang pertama maka beiau Upu Latu ………… mengumpulkan seluruh perangkat pemerintahaan dengan maksud untuk membentuk kerajaan yang baru dan akan dipimpin oleh Putera Sulungnya yang mana Putera Sulungnya juga sebagai Putera Mahkota. Maka Putera Mahkota dibantu oleh tua-tua adat dan pemuka agama pergi mencari tempat yang dianggap pas untuk dijadikan pusat pemerintahan yang baru. Setelah lama berputar-putar dari satu pulau ke pulau lain (masih dalam Maluku) maka mereka pun bersepakat pusat pemerintahaan yang baru masih berpusat di NUSA INA. Maka putera Mahkota pun mendirikan kerajaan yang baru dengan nama Kerajaan Sahulau.

Suku Alifuru

Alfuru—————————

Kerajaan Sir

Kerajaan Sir. Putera mahkota dari Kerajaan Nunusaku mendirikan Kerajaan Sir (terakhir) dan beliau juga sebagai pemimpin kerajaan terakhir dengan gelar Upu Latu Nusahuhuin atau juga dikenal dengan gelar Upu Nusa Uru dan lagi-lagi Kerajaan Nunusaku dan Kerajaan Sahulau masih tetap ada hanya saja pusat kegiatan pemerintahaan berpindah ke Kerajaan Sir (terakhir). Pada pemerintahaan Kerajaan Sir inilah pemerintahaan modern ( modern pada waktu itu) pertama kali dibuat. Yaitu Upu Latu dibantu oleh empat Ella ( perdana ) dan empat Patti dan SANIRI sebagai LEGISLATIF  dari pemerintaan Kerajaan Sir. Kalau di kerajaan pertama dan kedua belum ada jabatan Ella maka di kerajaan terakhir Ella sudah dibentuk posisi Ella pada pemerintahaan Kerajaan Sir yaitu tepat di bawah Upu Latu dan posisi dibawah Ella adalah Patti . Dan Upu Latu Nusahhuhin sebagai Latu pertama Kerajaan Sir ini membentuk beberapa kerajaan kecil (provinsi, Kota/Kabupaten).

Luas Kerajaan Nunusaku sama dengan luas Kerajaan Sahulau dan begitupun dengan Kerajaan Sir (terakhir) luas kekuasaan sama seperti Nunusaku dan Sahulau. Maluku dibawah pemerintahaan Kerajaan SIR (terakhir) sangat singkat hanya dua UPU LATU saja yang sempat memimpin Kerajaan SIR (terakhir) karena penjajah sudah menginjakan kaki di bumi NUNUSAKU.


Peta Maluku kuno

Untuk peta kuno Maluku, 1493, 1616, 1630, 1700, 1706, 1714, 1750, 1750, 1753, 1756, 1764 klik di sini

Peta Maluku 1640 (Gilolo = Halmahera)


Sumber kerajaan Sahulau, Nunusaku, Sir

– Sejarah negeri  Sahulau, Nunusaku dan Sir: https://pukahalawan.wordpress.com/
– Sejarah negeri  Sahulau, Nunusaku dan Sir: http://pulawan.blogspot.com/

Sumber kerajaan Nunusaku

Tentang kerajaan Nunusaku: http://anakambonku.blogspot.com/
Tentang kerajaan Nunusaku: http://juliansoplanit.blogspot.com/

Sumber kerajaan Sahulau

Sejarah negeri Sahulau: http://www.beritamalukuonline.com
– Sejarah negeri Sahulau: https://www.facebook.com/notes/


Maluku, tahun 1700 M
Maluku, tahun 1700 M

7 Comments

7 thoughts on “Nunusaku, kerajaan / P. Seram – prov. Maluku

  1. saleh

    Orang pertama di nunusaku bernama upu latu siapa? Dan beliau datang di zaman apa? Tahun berapa?..kemudian banjir itu tahun berapa?…menarik untuk disimak ..makasih..moga bisa terjawab

  2. Sopyan

    Patti dengan latu perlu di perdebatkan lagi sebenarnya Patti di bawah latu apa latu di bawah Patti……?

    • Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia / Sultanates and Kingdoms in Indonesia

      Terima kasih atas mail anda. Tidak ada info jelas di internet tentang Patti dan Latu. Kalau anda punya, mohon kirim, biar info di website lebih jelas. Paul, penerbit website

  3. trims atas info nya..gan

  4. Not existent.In Maluku only the 4 sultans of North M are real kings,plus vasal raja of Loloda and in the south maybe the rajas of Kilang,Soja,Nusanive and Hitu Mesing and Hiu Lama can be described as a sort of kings plus raja of Kisar/Yotowawa.And maybe rajas of Amarsekaru ,mraja of Ondor and raja of Kataloka.Rest are more villagearea rajas.

    • rendypatty

      the real people of maluku is from Nunusaku.
      son of alifuru is from Nunusaku.

      @DP_Tick

Leave a comment

Blog at WordPress.com.