Suku Ekagi – Papua

Suku Ekagi, disebut dengan beberapa nama lain, misalnya suku bangsa Ekari, Kapauku atau Me. Kelompok ini berdiam di dataran tinggi bagian tengah Irian Jaya, daerah yang berada pada 135-137 derajat Bujur Timur dan 3-4 Lintang Selatan. Sekarang daerah itu merupakan wilayah Kecamatan Kamu, Pantai Timur, Pantai Barat, Tigi, yang termasuk wilayah administratif Kabupaten Paniai Propinsi Papua.

Lokasi kab. Paniai


Tentang Suku Ekagi

Sumber: Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa

NB: Untuk lengkap, klik suku dunia

Nama dan penduduk Suku Ekagi

Nama kapauku diberikan oleh orang-orang yang berdiam di pantai barat daya Irian Jaya kepada orang-orang yang berdiam di pedalaman yang berada di dataran tinggi bagian Tengah Irian Jaya.

Kapauku artinya “Pemakan orang”, karena itu tulisan ini tidak menggunakan nama tersebut. Orang Moni, tetangga mereka di sebelah timur laut, menamakan mereka orang “Ekari”.

Orang Ekagi sendiri menyebut diri mereka Me, yang artinya “manusia”. Jumlah orang Ekagi sekitar tahun 1950-an diperkirakan sebesar 60.000 jiwa. Mereka mempunyai bahasa sendiri yang disebut bahasa Ekagi atau sesuai dengan nama kelompok mereka seperti tersebut diatas.

Pada tahun 1987 jumlah penduduk Kabupaten Paniai adalah 216.523 jiwa yang diperkirakan 130.000 jiwa diantaranya adalah Orang Ekagi, yang merupakan salah satu suku bangsa yang jumlahnya cukup besar di Irian Jaya umumnya. Pada tahun 1990 penduduk kabupaten ini telah menjadi 223.337 jiwa.


Sumber

– Suku Ekagi: http://suku-dunia.blogspot.com/2017/06/sejarah-dan-kebudayaan-suku-ekagi.html


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: