Majapahit – Trowulan, ibukota kerajaan Majapahit

Situs Trowulan berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Situs Trowulan adalah situs kota yang dahulu merupakan pusat kerajaan Majapahit.
Trowulan sebagai ibukota Majapahit tercantum dalam kakawin Nagarakretagama oleh Prapanca dan tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java.
Untuk kerajaan Majapahit, klik di sini

Lokasi Trowulan


* Foto foto kerajaan Majapahit: link
Isi:
* Candi dan bangunan era Majapahit
* Museum Trowulan
* Raja raja Majapahit
* Patung era Majapahit
* Perhiasan era Majapahit


Sejarah situs Trowula

– Kerajaan Majapahit: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/java-today/majapahit-kerajaan/

Situs Trowulan ditetapkan oleh badan internasional milik PBB, UNESCO, dengan tujuan untuk melindungi situs itu dari penjarahan dan menjaga pelestariannya.

Kawasan berdirinya struktur-struktur besar (candi, makam, dan kolam) mencakup wilayah sekitar 5 km × 5 km, dipotong oleh jalan negara yang menghubungkan kota Jombang dan Surabaya. Namun demikian, temuan-temuan yang terpendam diketahui berada di luar kawasan tersebut dan mencakup kawasan lebih luas dengan ukuran 11 km × 9 km[1], hingga mencakup pula wilayah timur Kabupaten Jombang.

Di kawasan Trowulan terdapat 17 titik situs sejarah yang terpencar jauh antara lain Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Makam Putri Cempa, Kolam Segaran, Candi Menok Jingga, Watu Unpak, Makam Troloyo, Balong Bunder, Nglinguk, Candi Kedaton, Sentonorejo, Candi Sitinggil, Candi Jedong, Balai Penyelamatan dan Situs Pengrajin Emas Perunggu.
Dari banyaknya situs peninggalan berupa kronik, prasasti, simbol, catatan, candi, makam, kolam, gapura, reruntuhan bangunan dan situs dalam bentuk lainnya. Beberapa situs masih terjaga kelestariannya.
Dari banyaknya situs peninggalan berupa kronik, prasasti, simbol, catatan, candi, makam, kolam, gapura, reruntuhan bangunan dan situs dalam bentuk lainnya. Beberapa situs masih terjaga kelestariannya.

Candi Tikus

Berkas:Candi Tikus.jpg

Reruntuhan kota kuno di Trowulan

Reruntuhan kota kuno di Trowulan ditemukan pada abad ke-19. Dalam laporan Sir Thomas Stamford Raffles yang menjabat sebagai gubernur Jawa dari 1811 sampai 1816, disebutkan bahwa: “Terdapat reruntuhan candi…. tersebar bermil-mil jauhnya di kawasan ini.” Saat itu kawasan ini merupakan hutan jati yang lebat sehingga survei dan penelitian yang lebih rinci tidak mungkin dilaksanakan. Meskipun demikian, Raffles yang sangat berminat pada sejarah dan kebudayaan Jawa terpesona dengan apa yang dilihatnya dan menjuluki Trowulan sebagai ‘Kebanggaan Pulau Jawa’.

* Foto Trowulan, ibukota Majapahit: link

Sketsa gambar ilustrasi kota Trowulan yang menunjukkan
jalan dan saluran air yang menunjukkan bentuk grid layaknya kota zaman sekarang (Sumber: http://www.idsejarah.net/2016/02/kerajaan-majapahit-1293-1527.html)

————————————

Trowulan berdasarkan sketsa Ir. Henry Maclain Pont tahun 1926


Situs Arkeologi

Penggalian di sekitar Trowulan menunjukkan sebagian dari permukiman kuno yang masih terkubur lumpur sungai dan endapan vulkanik beberapa meter di bawah tanah akibat meluapnya Kali Brantas dan aktivitas Gunung Kelud. Beberapa situs arkeologi tersebar di wilayah Kecamatan Trowulan. Beberapa situs tersebut dalam keadaan rusak, sedangkan beberapa situs lainnya telah dipugar. Kebanyakan bangunan kuno ini terbuat dari bahan bata merah.

Situs penting antara lain:

Candi Tikus
Gapura Bajang Ratu
Gapura Wringin Lawang
Candi Brahu
Makam Putri Cempa
Kolam Segaran
Candi Menak Jingga
Situs Watu Umpak
Makam Troloyo
Situs Sentono Rejo

Gapura Wringin Lawang

Berkas:Wringin Lawang, Trowulan.jpg


Sumber

– Situs Trowulan: https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Trowulan
– Situs Trowulan: http://www.triptrus.com/news/peninggalan-pusat-kekuasaan-majapahit-di-trowulan
– Situs Trowulan: http://www.idsejarah.net/2016/02/kerajaan-majapahit-1293-1527.html
– Situs Trowulan: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3387468/menyusuri-sejarah-kerajaan-majapahit-di-trowulan-mojokerto
– Candi candi di situs Trowulan:
https://jejakbocahilang.wordpress.com/2016/03/19/candi-candi-majapahit-di-situs-trowulan/
– Daftar candi di Trowulan: http://ockym.blogspot.com/2015/03/daftar-candi-yang-ada-di-mojokerto.html