Wehali – Wewiku, kerajaan / P. Timor – Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Wewiku-Wehali terletak di pulau Timor, kecamatan Malaka Tengah, Kab. Malaka, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Klik foto untuk besar !

Kabupaten Malaka


* Foto kerajaan-kerajaan Timor: link
*
Foto situs kuno / megalitik di Timor: link


Sejarah kerajaan Wewiku-Wehali

For english: link

Wehali (Wehale, Waihali, Veale) adalah nama dari sebuah kerajaan tradisional di pantai selatan Timor Tengah. Sering disebutkan bersama-sama dengan saudara tetangganya kerajaan, sebagai WewikuWehali (WaiwikuWehale). Wehali memegang posisi senioritas ritual di antara banyak kerajaan Timor kecil.
Raja dipanggil “besar tuan(Nai Bot) yang memegang gelar Maromak Oan (anak Allah”). Tugasnya adalah ritual pasif, dalam arti simbolik perempuan”, dan dia terus eksekutif laki-laki” Bupati atau asisten sisinya, Liurai (melebihi tanah).

Antonio Pigafetta (Ekspedisi Magellan), yang mengunjungi Timor pada tahun 1522, menegaskan pentingnya kerajaan WewikuWehali. Pada abad ketujuh belas penguasa Wehali digambarkan sebagai seorang kaisar, yang semua raja di pulau mematuhi dengan upeti, sebagai kedaulatan mereka“. Dia menghibur kontak ramah dengan kerajaan Muslim Makassar, tapi kekuasaannya diperiksa oleh invasi menghancurkan oleh Portugis pada tahun 1642 dan 1665.  Wehali sekarang dibawa dalam lingkup Portugis kekuasaan tetapi tampaknya memiliki kontak terbatas dengan daerah kekuasaan kolonial.
Sebuah batas kolonial di Timor akhirnya disepakati pada tahun 1859, yang meninggalkan Wehali di sisi Belanda. Seorang pejabat Belanda telah diposting di Atapupu di pantai utara Belu pada tahun 1862, namun pantai selatan tidak disurvei oleh penguasa kolonial sebelum 1898. Bentrokan militer Ringkas berlangsung pada tahun 1900 dan 1906. Belanda terus merestrukturisasi divisi administratif Belu di 1915-1916, mencoba untuk menggunakan penguasa tradisional sebagai zelfbestuurder (rajas bawah pengawasan kolonial). Maromak Oan, Baria Nahak, meninggal pada tahun 1925, dan Belanda gagal mencoba untuk menggunakan keponakannya Seran Nahak sebagai Raja Belu di 1925-1930. Setelah pencapaian kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949, bentuk-bentuk tradisional dari pemerintahan yang bertahap, tapi kelompok elit tradisional masih mempertahankan sejumlah kepentingan lokal.
– Sumber: Wiki

Peta kerajaan-kerajaan di Timor tahun 1900

klik peta untuk besar


Sejarah Timor

Menurut mitos rakyat setempat, pulau Timor dulunya adalah seekor buaya raksasa. Mitos ini sangat kuat hidup di bagian timur. Orang Timor Leste sendiri menamakan daerahnya secara tak resmi dengan “The Sleeping Crocodille” sang buaya tidur.

Pulau Timor dihuni sebagai bagian dari migrasi manusia yang telah membentuk Australasia secara lebih umum. Pada tahun 2011, bukti ditemukan pada manusia di Timor Timur pada 42.000 tahun yang lalu, di lokasi gua Jerimalai.
Sekitar 3000 SM, migrasi kedua membawa orang Melanesia. Orang-orang Veddo-Australoid sebelumnya mengundurkan diri saat ini ke pedalaman pegunungan. Akhirnya, proto-Melayu tiba dari Cina selatan dan Indocina utara.

Pulau Timor dijajah oleh Portugis pada abad ke-16; mengklaim pada tahun 1520. Para pelaut Portugis mungkin pertama kali tiba di Timor Timur sekitar tahun 1514. Penjelajah Eropa menemui beberapa kerajaan kecil di awal abad ke-16. Yang paling penting adalah Wehale di Timor Tengah.  Pada waktu itu, lereng-lereng bukit diliputi hutan kayu cendana. Perdagangan kayu cendana sangat menguntungkan, dan pohon-pohon ini saja sudah cukup menjadi alasan bagi orang Portugis untuk mendirikan pos perdagangan. Gereja Katolik juga berminat pada daerah itu dan ingin mengirim para misionaris untuk menobatkan penduduk pribumi. Kedua faktor ini menggerakkan orang Portugis untuk mulai menjadikan pulau ini jajahan mereka pada tahun 1556.
VOC Belanda tiba pada tahun 1640, mendesak Portugis ke Timor Lorosa’e dan bentuk koloni Belanda-Timor.
Pertengkaran antara Belanda dan Portugal akhirnya menghasilkan sebuah perjanjian tahun 1859 dimana Portugal menyerahkan bagian barat pulau tersebut ke Belanda.


Peta-peta kuno Timor

Untuk peta kuno Timor (1521, 1550, 1600, 1650, 1733), klik di sini

Timor tahun 1521


Sumber /Source

Sejarah kerajaan Wehali di Wiki: link
Sejarah kerajaan Wehali:  http://everything.explained.today/Wehali/
– Tentang Wehale (2005): http://riaulingga.blogspot.co.id/2005/08/waihale-west-timor-ntt.html
Kerajaan Wewiku Wehali, kerajaan tertua di Timor: http://www.vnewsmedia.com/wesei-wehali-kerajaan-tertua-di-pulau-timor/


* Foto foto kerajaan Wewiku-Wehali

Wewiku and Waihale also had each their own raja.Wewiku was formed by the rajaships of Wewiku,Umalor,Rabassa,Wedrok and Haitimuk.Normally the ruler of Wewiku district is the raja of Wewiku.So this raja is the raja of total Wewik

Wewiku and Wehali also had each their own raja. Wewiku was formed by the rajaships of Wewiku, Umalor, Rabassa, Wedrok and Haitimuk. Normally the ruler of Wewiku district is the raja of Wewiku. So this raja is the raja of total Wewiku.

 Tokoh adat Liurai Malaka Wehali.

Tokoh adat Liurai Malaka Wehali.

Liurai Luis Seneka Tei Serang of Waihale. Died 11-5-2003. Penguasa Timor di bawah Maromak Oan

Liurai Luis Seneka Tei Serang of Waihale. Died 11-5-2003. Penguasa Timor di bawah Maromak Oan

 Liurai malaka wehali, dominikus kloit teiseran sedang memimpin para tua adat menuju situs sejarah; he is one of the 2 claimants

Liurai malaka wehali, dominikus kloit teiseran sedang memimpin para tua adat menuju situs sejarah; he is one of the 2 claimants

Raja Edmundus Klai Muti dari Wewiku-Belu (died 1999)

Raja Edmundus Klai Muti dari Wewiku-Belu (died 1999)

Keser Maromak Oan Hendricus Nahak Seran v Wewiku Wehale. Sumber Jan Geerdink, FB

The by the government of Belu recognised keser maromak oan of Wewiku Wehale with his queen in Haitimuk.

The by the government of Belu recognised keser maromak oan of Wewiku Wehale with his queen in Haitimuk.


Advertisements
1 Comment

One thought on “Wehali – Wewiku, kerajaan / P. Timor – Nusa Tenggara Timur

  1. Remi Manek Taromi

    Kae…kae,..kae…Bakatak Ina Hauk Ma’ak Feto ikun nein ema rain…salah satu lirik dongeng terlahirnya Maromak Oan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: